Warna Kabel Listrik Standar PUIL 2011 dan SNI

Warna kabel listrik Standar PUIL 2011 dan SNI – sebenarnya posting kali ini hanya update artikel karena memang informasi yang ada pada tulisan saya terdahulu harus di perbarui. Kalau tidak, pasti teman-teman berkomentar nanti bahwa tulisan yang ada di dalamnya sudah ketinggalan zaman.

Sekarang peraturan tentang kelistrikan sudah diadakan perubahan yang dituangkan dalam standarisasi baru yaitu PUIL 2011. Sementara pada artikel yang lama saya membahas tentang warna kabel listrik standar PUIL 2000 seperti tabel dibawah ini. Namun demikian tabel tersebut tetap akan saya tampilkan hanya untuk perbandingan saja.

Berkaitan dengan hal tersebut ada pertanyaan tentang standarisasi warna kabel yang dibenarkan. Mudah mudahan informasi berikut ini menambah pengetahuan kita tentang standarisasi warna kabel yang berlaku saat ini. Jika ada perubahan lagi mudah mudahan cepat di update.

warna kabel listrik standar PUIL 2011

Oleh sebab itu jangan heran jika melihat kabel yang terpasang pada instalasi rumah tidak sesuai dengan Warna Kabel Listrik yang sudah distandardkan. Suatu Masalah bagi yang pengetahuannya kurang tentang kelistrikan jika ingin mengadakan penambahan instalasi atau ingin melakukan perbaikan.

Sebagai referensi bagi taman-teman yang kebetulan mampir disini, saya tampilkan tabel Warna Kabel Listrik Standar PUIL. Sehingga dapat teman-teman bandingkan dengan warna kabel yang terpasang pada instalasi di rumah anda.

Berikut adalah tabel warna kabel listrik Standar PUIL2000 selanjutnya akan saya tampilkan update sesuai warna kabel listrik standar PUIL 2011:

Warna Kabel Listrik Standar PUIL 2000

warna kabel listrik standard PUIl 2011 dan SNI

Dari tabel standard PUIL 2000 maka yang saya lingkari dengan warna hijau haruslah sesuai dengan apa yang seharusnya terpasang pada instalasi. Namun lagi lagi ini adalah standard lama (Benar pada waktu itu),

Baca juga :  Sakelar Otomatis Untuk Instalasi Listrik

 Warna Kabel Listrik Standar PUIL 2011

Kutipan PUIL 2011

Saat ini IEC 60445 dan IEC 60446 sudah direvisi dan digabung menjadi satu: IEC 60445, Basic and safety principles for man-machine interface, marking and identification – Identification of equipment terminals, conductor terminations and conductors

Sesuai SNI 6629.1:2011, “Kabel berinsulasi PVC dengan voltase pengenal sampai dengan 450/750 V – Bagian 1: Persyaratan Umum”, maka warna konduktor lin adalah Hitam, Coklat, Abu-Abu.

Konduktor proteksi harus berwarna loreng hijau-kuning, konduktor netral harus berwarna biru (lihat 5210 Bagian 5-52 PUIL).

Dari kutipan PUIL 2011 diatas, berikut ini akan saya gabungkan dengan PUIL 2000 agar tampak perubahan dengan tabel berikut :

warna kabel instalasi listrik PUIL 2011

Dengan demikian maka untuk pemasangan instalasi saat ini sampai belum adanya perubahan PUIL maka harus berpedoman pada PUIL 2011

Terus terang untuk saya sendiri jika menginstalasi rumah, yang saya tanyakan kepada pemilik rumah adalah “ apakah warna kabel listriknya sesuai standar atau tidak?”. Namun hanya berkaitan dengan warna kabelnya saja.

Jika pemilik rumah keberatan dengan ongkos bahan yang mahal karena pemakaian kabel yang banyak sesuai dengan kebutuhan warna. Maka terkadang saya hanya menggunakan satu warna kabel saja. (ini salah dilarang meniru he he )

Pertanyaannya adalah bagaimana jika kita ingin menambah atau memperbaiki sendiri instalasi listrik yang ada di rumah kita. Sedangkan Warna Kabel Listrik nya tidak sesuai standard PUIL?,

Apalagi setelah dilihat Warna Kabel Listriknya antara FASA dan Netral Sama, maka yang harus dipersiapkan adalah sebuah TESPEN. Tespen merupakan suatu alat untuk mendeteksi keberadaan Listrik pada sebuah kabel apakah berpolaritas FASA atau Netral.

Dalam keadaan listrik aktif yaitu MCB di KWH belum di OFFkan maka jika di test dengan TESPEN yang menyala itulah berpolaritas FASA sedangkan yang tidak menyala adalah Polaritas Netral.

Baca juga :  Rangkaian timer theben bisa diatur Manual-Otomatis dengan mudah

Dengan mengetahui warna kabel mana yang berpolaritas FASA atau Netral silakan diingat karena listriknya harus dimatikan terlebih dahulu. Yang selanjutnya apakah untuk mengadakan penambahan instalasi atau perbaikan instalasi terserah.

Sekian dulu pembahasan kali ini semoga bermanfaat buat teman-teman yang butuh informasi tentang Warna Kabel Listrik Standar PUIL 2011 dan SNI

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali