Cara Setting AC LG Biar Dingin Merata

Diposting pada

Cara Setting AC LG Biar Dingin Merata

Cara setting AC LG Biar Dingin – AC atau Air Conditioner merupakan barang elektronik yang saat ini sudah banyak sekali digunakan sebagai pendingin ruangan. Dulu AC hanya digunakan oleh gedung perkantoran dan sebagian kecil yang menggunakan AC untuk keperluan rumah tangga, karena mahal dan penggunaannya banyak menghabiskan daya listrik yang begitu besar.

Cara Setting AC LG Biar Dingin

Saat ini produsen AC sudah banyak yang memproduksi AC dengan fitur beragam dan menawarkan AC hemat energy, sehingga banyak yang berkeinginan untuk memiliki AC tersebut.  Salah satu brand AC yang sudah terkenal adalah AC LG, kita bisa memiliki AC hemat energi yang di tawarkan oleh LG tersebut, meskipun banyak juga AC dari brand yang lain.

Lalu bagaimana jika setelah membeli sebuah AC LG malah tidak tau cara setting AC biar dingin. Melaui artikel ini saya akan berbagi bagaimana cara setting AC LG biar dingin sesaui harapan.  Ada beberapa poin atau langkah yang harus dilakukan sekaligus memahami bagaimana penggunaan remotenya.

Untuk diketahui bahwa cara ini bukan hanya untuk AC LG saja umumnya juga untuk semua brand AC. Namun agar fokus, remote yang akan saya gunakan adalah remote AC LG.

Cara Setting Remote AC LG Biar Dingin

Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana cara setting AC LG biar dingin sesuai harapan.

Cara Setting Remot AC LG Biar Dingin

#1. Pengaturan Temperatur (Mode Cool)

Mengatur temperatur atau suhu pada sebuah remot adalah hal yang harus dilakukan baik pada saat AC belum di ON-kan maupun setelah di On-kan.  Standar suhu ruang biasanya diantara 25 derajat celcius (°C) sampai dengan 22 derajat celcius (°C).

Baca juga :  Penyebab AC tidak Dingin dan Faktor Penyebab serta Cara Mengatasinya

Jika memerlukan suhu yang lebih dingin disebabkan oleh aktifitas atau kondisi cuACa yang panas silakan diturunkan suhu secara berurutan dengan menekan tombol Naik-Turun sampai ke suhu terendah yang diharapkan . Suhu terendah AC 18 atau 16 derajat celcius (°C).

Hal yang paling penting ketika mengharapkan temperatur suhu AC yang dingin, pastikan bahwa remote diatur pada “Mode Cool” dengan simbol bintang (❆) yang terlihat di display remote. Arti Mode Cool di AC LG adalah printah untuk menginstruksikan mesin kompressor pada unit outdoor agar bekerja.

Agar suhu dingin dapat menyebar dengan cepat kita bisa mengatur kecepatan kipas yang ada pada unit Indoor. Untuk mengatur kecepatan kipas pada indoor kita bisa menekan tombol “Fan Speed”, silakan di atur sesuai keinginan.

#2. Gunakan Tombol JET MODE

Cara setting AC LG Biar Dingin selanjutnya adalah memilih Jet Mode saat meng-ON-kan AC LG. Pada AC LG terdapat Tombol “Jet Mode”, tombol Jet Mode ini berfungsi untuk mempercepat putaran kipas (FAN) pada unit Indoor.

Jet Mode ini sebenarnya bekerja pada “Mode Cool”. Perbedaan fungsi antara “Jet mode” dengan “Mode Cool” adalah terletak pada kecepatan kipas pada Indoor.

Pada Jet Mode putaran kipas lebih kencang dibanding Mode Cool meskipun pada Mode Cool, Fan Speednya kita setting maksimum. Jika mengharapkan dingin yang cepat dan hembusan kipas yang kencang kita bisa memilih untuk menekan tombol Jet Mode pada Remote.

Perlu diingat, jika suhu ruangan telah dingin sesuai yang kita harapkan segera ubah posisi Jet Mode ke Mode Cool, untuk mengurangi pemakaian daya listrik akibat putaran kipas yang berkerja secara maskimum.

Tombol Jet Mode ini pada brand AC lain misalnya pada AC Gree di kenal dengan Mode Turbo atau mode Fast Cool pada AC yang lainnya.

Baca juga :  Cara Bongkar AC Berbagai Merek (Gree, Sharp, LG) tanpa kehilangan freon

#3. Gunakan Tombol SWING

Setiap AC biasanya pada Remote pasti dilengkapi dengan tombol “SWING”. Fungsi tombol Swing adalah untuk memerintahkan Penutup kipas pada unit indoor bergerak untuk mengarahkan udara keluar agar keluarnya udara dingin dapat diarahkan ke atas maupun ke bawah secara otomatis.

Dengan tombol swing ini pula kita bisa menentukan jalannya udara pada arah tertentu tanpa pergerakan secara otomtis. Sebaiknya silakan gunakan tombol Swing ini agar bergerak secara otomatis, dan hindari kontak langsung dari hembusan angin ke tubuh kita.

#4. Menutup Ruangan

Hal terakhir yang penting dilakukan agar memperolah hasil yang masimal adalah tutup semua celah udara seperti pintu dan jendela. Hal ini dilakukan agar udara dingin yang di kembuskan kedalam ruangan oleh unit indoor tidak bercampur dengan udara dari luar ruangan. Dan akhirnya proses  pendingan ruangan jadi sia sia.

Demikianlah 4 langkah bagaimana Cara setting AC LG Biar Dingin maksimal dan ini mudah untuk dilakukan, saran saya agar ketika ruangan sudah dingin segera ubah Jet Mode (Mode Cepat) ke Mode Cool. Semoga bermanfaat.

Silakan Di baca Juga : Penyebab AC Tidak Dingin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *