Cara Bongkar AC Berbagai Merek (Gree, Sharp, LG) tanpa kehilangan freon

Cara bongkar AC – Assalamualaikum teman-teman kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara bongkar ac yang benar tanpa kehilangan freon dari berbagai merk AC. Artikel sebelumnya saya telah menjelaskan bagaimana cara pasang ac sendiri setelah pembongkaran.

Kalau di lihat sepertinya pembahasannya terbalik ya, harusnya cara bongkar ac dulu baru cara pasang ac iya gak? Tapi terserahlah yang penting sesuai kebutuhan masing masing aja.

Mungkin ada di antara teman-teman yang ingin ganti AC atau merubah posisi AC namun takut karena gak paham atau karena malas. Melalui artikel ini mudah mudahan sedikit memberi pencerahan bagaimana seharusnya membongkar AC.

Cara bongkar ac ini berlaku untuk berbagai merek ac jadi sama saja cara melakukannya. Sebenarnya cara bongkar ac gampang banget hanya saja prosesnya yang agak lama dari awal sampai pelepasan outdoor dan Indoor.

Agar terarah bagaimana cara bongkar ac, berikut ini akan saya jelaskan dari awal sampai selesai berdasarkan pengalaman saya. Jika ada dari teman-teman yang beda dengan pengalaman saya monggo jika ada saran yang membangun.

cara bongkar AC

Prosedur Cara Bongkar AC

#1. Pump down

Pump down adalah istilah untuk mengembalikan gas freon yang ada pada sistem pemipaan ac baik pada evaporator (indoor) maupun pipa penghubung antara Indoor dan Outdor. Hal ini dilakukan agar ketika melepas pipa pada outdoor gas tidak keluar, dengan artian gas akan dipindahkan seluruhnya ke outdoor.

Cara melakukan Pump down

Untuk melakukan Pump down yang pertama yang harus dilakukan adalah menyalakan AC sampai kompressor pada outdoor bekerja, yang di tandai dengan berputarnya Fan pada outdoor.

Selanjutnya adalah menutup katub discharge pipa tekanan tinggi dengan kunci L sampai benar benar tidak ada lagi gas yang mengalir melalui katub ini. Hal ini dilakukan agar tidak ada dorongan gas oleh kompressor menuju evaporator pada indoor.

Baca juga :  AC Untuk Daya Listrik 900 Watt

Selesai menutup katub discharge (pipa tekanan tinggi/pipa kecil) tunggu beberapa saat (sampai terjadi bunga es dan menghilang saat itu juga) dan ini tidak lama sekitar +/- 30 detik. Kemudian tutup juga katub  hisap suction (pipa tekanan rendah/pipabesar ) campai benar benar tertutup menggunakan kunci L.

Setelah kedua katup tekanan tinggi dan tekanan rendah di tutup maka selesailah proses pump down, kemudian segera matikan ac.

 #2. Melepas MCB

Setelah menyelesaikan pump down, untuk keselamatan maka lepas kabel daya dari MCB atau bongkar MCB agar terhindar dari sengatan listrik.

#3. Melepas Kabel power dan pipa ac pada outdoor

Langkah selanjutnya adalah melepas kabel daya yang terhubung ke terminal outdoor, selanjutnya melepas pipa tekanan tinggi dan tekanan renda yang terhubung pada outdoor. lihat video verikut ini

#4. Melepas Outdoor dan Breket

Berdasarkan pengalaman, saya selalu mendahulukan membongkar bagian outdoor, sementara bagian indoor selalu belakangan. Jika hal ini berbeda dengan teman-teman maka kerjakan saja sesuai kebiasaan (untuk teman yang sering bongkar pasang ac).

Untuk membongkar Outdoor, saran saya ketika outdoor berada di atas maka kerjakan  bersama teman agar kerjaan jadi ringan apalagi kalau outdoor dengan daya 2 PK cukup berat jika dikerjakan sendiri.

Untuk melapas outdoor dan breket gak usah pake gambar ya teman teman, tidak pakai contoh pun sudah pada bisa kalau soal membongkar.

#5. Melepas Indoor dan Breket

Untuk melepas indoor terlebih dahulu melepas sambungan pipa indoor yang terhubung ke pipa bagian outdoor. Hal ini dilakukan agar tidak berat ketika melepas indoor karena pipa yang panjang yang harus di keluarkan dari lubang.

Baca juga :  Cara pasang AC (Air Conditioner) sendiri, Berani melakukannya ?

Yang terakhir adalah melepas breket indoor, untuk bagian melepas indoor dan breket juga tidak perlu pakai gambar ya teman teman.

Demikian penjelasan Cara Bongkar AC Berbagai Merek (Gree, Sharp, LG) tanpa kehilangan freon yang sangat dingkat ini mudah mudahan bermanfaat.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali