Cara pasang AC (Air Conditioner) sendiri, Berani melakukannya ?

Cara pasang AC sendiri – Hai teman teman, kalau seandainya dalam keadaan mendesak mau pindahan atau apalah yang semisalnya.  Ketika mau pasang ac (air conditioner) setelah pembongkaran trus jauh dari kota, tidak ada teknisi AC apakah teman teman berani pasang ac sendiri ?

Sepertinya jarang yang berani melakukannya sendiri, bukan karena nyali tidak ada namun ilmunya yang kurang, benar gak teman teman ?. Oleh sebab itu melalui tulisan ini saya mau berbagi pengalaman cara pasang ac atau memasang ulang AC setelah pembongkaran.

Ingat ya teman teman bahwa cara pasang ac yang saya share ini bukan pasang ac baru, melainkan setelah pembongkaran. Apa bedanya, bedanya adalah kalau pemasangan setelah pembongkaran semua bahan dalam kondisi tersedia alias kita tidak perlu menyiapkan pipa ac, mcb atau yang lainnya karena sudah tersedia dan pernah digunakan.

Sebenarnya tidak ada perbedaan cara memasang ac baru atau setelah pembongkaran. Hanya saja kalau pemasangan baru saya sarankan pemasangan dari toko tempat beli AC, dengan maksud jika terjadi masalah pada Ac masih bisa ditangani oleh Toko jika ada yang tidak berfungsi. Dan segala keperluan kelengkapan AC dapat disiapkan oleh toko penjual AC.

Peralatan yang di perlukan :

  1. Obeng Plus -Minus
  2. Tang potong – kombinasi
  3. 1 set kunci pas
  4. Kunci inggris
  5. Kunci L sesuai ukuran untuk membuka katub tekanan tinggi dan tekanan rendah pada outdoor
  6. Palu bila diperlukan
  7. Water pas untuk mengukur
  8. Penggaris atau meteran
  9. Bor listrik
  10. Mata bor beton (Ukuran besar dan kecil untuk Fisher breket Outdoor dan Indoor)

 

cara pasang AC - alat

Bahan bahan yang diperlukan :

Meskipun bahan bahan sudah tersedia tidak salah kalau saya ingatkan kembali mungkin setelah pembongkaran ada yang rusak malah hilang, bahan bahan tersebut antara lain :

  1. AC (Indoor –Outdoor)
  2. Pipa tembaga untuk menghubungkan Indoor dan Outdoor
  3. Breket Outdoor
  4. Fisher besi (Dinabol) untuk menempelkan breket Outdoor
  5. Breket indoor
  6. Fisher plastik + sekrup untuk menempel breket Indoor
  7. MCB+Box
  8. Kabel untuk menghubungkan Indoor dan Outdoor
  9. Duct Tape (lakban Non Lem)
  10. Pipa PVC untuk pembuangan air ac.

cara pasang AC - bahan

Panduan Cara Pasang AC Sendiri

Setelah peralatan dan bahan bahan telah tersedia maka hal yang akan kita lakukan adalah :

Baca juga :  Penyebab AC tidak Dingin dan Faktor Penyebab serta Cara Mengatasinya

#1. Menentukan tempat pemasangan ac

Untuk pemasangan ac pilihlah tempat yang sesuai pada dinding sehingga antara indoor dan outdoor tidak terlalu jauh jika dipasang. Untuk jarak pemasangan indoor dan outdoor jangan sampai melebihi panjang pipa ac yang sudah ada, ingat karena kita hanya memasang ulang AC yang telah dibongkar.

#2. Pemasangan indoor

Setelah menentukan tempat yang sesuai selanjutnya adalah cara pasang AC khusunya indoor, dengan terlebih dahulu memasang breket tempat indoor di letakkan. Untuk pemasangan pada dinding beton maka gunakan bor untuk melubangi dinding guna menempatkan fisher sebagai peletakkan sekrup tempat menempelkan breket.

cara pasang AC - Breket Indoor

Setelah bereket terpasang maka selanjutnya adalah membuat lubang disamping kanan breket sebagai tempat untuk mengeluarkan pipa ac, pipa pembuangan air dan kabel daya dari indoor ke outdoor. Untuk membuat lubang terlebih dahulu mengukur posisi yang benar sehingga ketika indoor terpasang pipa dan kabel daya dari indoor ke luar pas tidak melenceng. Untuk membuat lubang gunakan palu untuk menjebol tembok.

Jika breket dan lubang telah dibuat maka pasang indoor pada breket dan lubang yang telah tersedia. Karena outdoor tidak bisa bekerja tanpa adanya aliran listrik maka pemasangan kabel menuju outdoor melalui indoor harus dilakukan. Jangan lupa pasang juga MCB sebagai sumber listrik indoor dan outdoor, untuk menjaga keindahan maka pasanglah kabel dengan rapi.

cara pasang AC - Indoor

#3. Pemasangan Outdoor

Untuk cara pasang AC khusus outdoor prosedurnya sama saja dengan pemasangan indoor, hanya saja untuk posisi indoor setidaknya menyesuaikan panjang pipa ac dari indoor yang telah terpasang. Untuk mulai memasang outdoor tentukan terlebih dahulu posisi dari breket tempat meletakkan outdoor.

Jarak antara kedua breket haruslah sama dengan jarak antar baut pada kaki outdoor sehingga ketika outdoor dipasang pada breket pass tidak kejauhan atau kedekatan.

Kalau pengalaman saya, saya pasang dahulu 1 breket sebelah kanan atau kiri, setelah itu saya pasang yang lainnya sekaligus mengukur jarak antar kedua breket serta diharapkan tidak miring pada kedua breket tersebut menggunakan waterpas.

Untuk pemasangan breket gunakanlah bor listrik dengan mata bor beton. Pengeboran dilakukan untuk meletakkan baut dinabol sehingga mudah menempelkan kedua breket tersebut, selanjutnya gunakan kunci pas untuk mengencangkan dinabol tersebut.

Baca juga :  Spesifikasi dan Harga AC Yang Sesuai Untuk Daya 900 VA

Setelah pemasangan breket selesai, selanjutnya adalah meletakkan outdoor pada breket. Untuk melakukannya bisa dilakukan oleh satu orang kalau hanya 1 pk atau di bawahnya, jika di atas 1 pk harap dilakukan berdua.

cara pasang AC - Outdoor

#4. Menghubungkan pipa ac dan kabel pada indoor dan outdoor

Selanjutnya adalah menghubungkan pipa ac dari indoor ke outdoor menggunakan kunci pas dan kunci inggris. Untuk pemasangannya saya rasa lebih mudah karena hanya tinggal pasang dan kencangkan dengan kunci pas.

cara pasang ac pengencangan nepel

Berbeda kalau pipanya ganti baru karena proses dimulai dari memotong pipa, memflaring dan lain lain sehingga butuh peralatan AC yang lengkap.

Setelah pipa terpasang maka lakukan pemasangan kabel dari indoor ke outdoor agar outdoor dapat bekerja ketika indoor di onkan.

cara pasang ac - pengkabelan indoor dan Outdoor

#5. Pengujian pemipaan dan Menyalurkan gas keseluruh pipa ac

Sebelum merapikan pipa ac, pipa pembuangan air dan kabel listrik, lakukan pengecekan kebocoran terlebih dahulu pada pipa sambungan yang telah dikencangkan tadi. Ini dilakukan seandainya setelah dirapikan ternyata ada kebocoran maka tidak mubazir Duct Tape yang telah dililitkan.

Untuk melakukan pengecekan silakan buka penutup salah katub tekanan tinggi maupun tekanan rendah dengan kunci L agar gas refrigeran dapat mengalir. Lakukan pengecekan pada sambungan pipa dengan didengar atau dengan air sabun atau menggunakan leak detector kalau ada.

Jika dirasa tidak ada kebocoran pada sistem pemipaan maka kedua katub tekanan tinggi dan rendah di buka keduanya.

cara pasang ac - membuka katub

#6. Finishing

Ini merupakan hal terakhir yang dapat teman teman lakukan yaitu merapikan seluruh pemipaan dengan melilitkan duct tape dan jangan lupa memasang pipa paralon ½ inch untuk menyalurkan air pembuangan. Kunci penutup katub tekanan tinggi dan rendah pada outdoor, pasang penutupnya agar keliahatan rapi.

Setelah poin 1 sampai 6 selesai dilakukan maka yang terakhir nyalakanlah ac tersebut dan resakan dinginnya. Demikian panduan cara pasang ac sendiri mudah mudahan bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali