Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar

Diposting pada

Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar

Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar – mesin cuci merupakan peralatan listrik rumah tangga yang sudah tidak asing lagi bagi ibu ibu bahkan bapak bapak. Karena di setiap rumah pasti sudah memiliki alat yang satu ini. Pekerjaan yang berat dan memakan waktu lama bisa di selesaikan dengan bantuan alat ini.

penyebab mesin cuci tidak berputar

Berdasarkan fungsinya terdapat dua model mesin cuci, yaitu mesin cuci 1 tabung atau 1 slinder dan 2 tabung atau 2 slinder. Perbedaan mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung adalah pada proses pencucian,  mesin cuci 1 tabung proses pencucian dan pengeringan dilakukan pada 1 tabung. Sementara pada mesin cuci 2 tabung proses pencucian dan pengeringan dilakukan pada masing-masing tabung yaitu tabung Washing dan tabung Spinner.

Namun apajadinya jika kedua pekerjaan yang ditangani oleh mesin cuci salah satunya atau kedua pekerjaan tidak bisa dilakukan oleh mesin cuci?. Misalnya bagian mesin pencuci (Washing) tidak bisa berputar atau bagian pengering mesin cuci tidak berputar (Spinner). Tentu membuat pekerjaan mencuci menjadi semi otomastis, sebagian kita lakukan sendiri dan sebagian dilakukan oleh mesin cuci.

Oleh sebab itu wajib bagi kita untuk menjaga kesehatan mesin cuci 🙂 yang kita miliki agar senantiasa bekerja sesuai fungsinya, setidaknya memiliki masa pakai yang lebih lama. Melalui artikel ini saya akan menjabarkan beberapa penyebab mesin cuci tidak berputar secara umun dan  penyebab pengering mesin cuci tidak berputar.

Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar

Berikut ini ada beberapa Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar baik pada Mesin Pencuci (Wash Motor) maupun pada Mesin Pengering (Spin Motor) model 2 tabung/slinder. Penyebab tersebut perlu kita ketahui agar kita sebagai pengguna dapat menggunakan mesin cuci secara bijak.

Penyebab Mesin Pencuci Tidak Berputar (Wash Motor)

#1. Bering Sudah Macet

Kemungkinan pertama penyebab mesin cuci tidak berputar adalah masalah bering yang macet karena karat. Bering merupakan bantalan as rotor agar rotor motor penggerak bisa berputar.

Sebelum mengecek ke masalah yang lain, terlebih dahulu kita harus mengecek apakah as rotor bisa berputar. Untuk melakukannya Kita bisa memutar dengan tangan pada as rotor, dengan terlebih dahulu membuka penutup mesin cuci tersebut.

Bearing penyebab mesin cuci tidak berputar Korosi

Jika pada saat memutar terasa serat/lengket, bisa saja bering serat karena sudah berkarat. Solusi yang bisa dilakukan jika yakin masalahnya adalah bering maka dapat membongkar motor pengerak tersebut dan pada bering di bersihkan dan kasih pelumas.

Pekerjaan ini mungkin akan membutuhkan tenaga ekstra harus membongar mesin cuci. Jika tidak bisa melakukannya sendiri kita bisa memanggil teknisi mesin cuci untuk melakukannya.

Namun jika as rotor bisa di gerakkan dengan mudah maka dapat dipastikan bering masih dalam keadaan baik atau masih bagus. Dengan demikian bisa lanjut ke bagian yang lain.

#2. Periksa Kondisi Kabel

Kemungkinan penyebab mesin cuci tidak berputar selanjutnya adalah masalah kabel yang putus. Kabel merupakan media untuk mengalirkan arus ke motor penggerak. Jika kabel ada yang putus maka kemungkinan besar motor penggerak tidak bisa berputar.

Kabel yang putus ini biasanya bukan tanpa penyebab, biasanya kabel yang putus disebabkan oleh gigitan tikus. Jika terdapat ada kabel yang putus silakan di sambung dan di kasih isolasi khusus kabel. Namun jika diamati ternyata tidak ada kabel yang putus, bisa mengecek ke bagian lainnya.

Baca juga :  Cara Kerja Mesin Cuci Bisa Berputar Kanan Dan Kiri

#3. Timer Switch Rusak

Kemungkinan yang selanjutnya penyebab mesin cuci tidak berputar adalah timer switch yang rusak. Timer switch adalah sakelar pewaktu yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik ke motor penggerak dengan menggunakan pewaktu.

Timer Switch Mesin Cuci

Secara teknis timer switch akan rusak seiring waktu penggunaan dan kadang disebabkan oleh pembebanan saat mencuci. Ketika beban pencucian sering melebihi kemampuan maksimum bisa berdampak pada arus yang mengalir.

Semakin berat beban maka arus yang mengalir melalui timer switch akan besar pula sehingga menimbulkan panas. Panas yang mengalir melalui terminal akan membuat kedudukan yang terbuat dari plastik akan meleleh, sehingga bisa saja fungsi saklar tidak bekerja.

Timer switch ini masing masing dimiliki oleh mesin pencuci dan pengering, silakan diperiksa jika ada masalah pada 2 komponen tersebut.

#4. Kapasitor Sudah Rusak

Kemungkinan yang ke 4 penyebab mesin cuci tidak berputar adalah disebabkan oleh kerusakan kapasitor. Kapasitor adalah komponen yang sangat penting pada sebuah motor penggerak sistem 1 phase 220 volt.

Fungsi kapasitor pada mesin cuci secara teori kelistrikan adalah untuk menggeser sudut phase antara kumparan utama dan kumparan bantu pada motor penggerak, baik pada motor pencuci maupun motor pengering.

kapasitor mesin cuci 2 tabung

Jika kapasitor rusak atau nilainya sudah berkurang maka motor akan berputar dengan pelan/lambat atau malah tidak berputar sama sekali.

Umumnya kerusakan kapasitor disebabkan oleh masa pakai mesin cuci, seiring pemakaian, nilai kapasitor akan berkurang dengan sendirinya. Pada mesin cuci baik pencuci maupun pengering memiliki kapasitas kapasitor yang berbeda meskipun 2 nilai tersebut dipaket menjadi sebuah kapasitor.

Nilai kedua kapasitas kapasitor tersebut bisa dibedakan, nilai yang besar untuk pencuci (Washing) sedangkan nilai yang kecil untuk pengering (spin). Misalnya sebuah kapasitor dengan nilai kapasitansi 12 uf dan 5 uf, 11 uf dan 3 uf dan sebagainya. Dengan pengertian 12 uf untuk motor pencuci dan 5 uf untuk motor pengering, begitu juga dengan yang 11 uf dan 3 uf.

Lalu bagaimana menentukan apakah penyebab mesin cuci tidak berputar disebabkan oleh kapasitor yang sudah rusak?. Untuk menjawabnya kita harus melakukan praktek sederhana.

Kita bisa melakukan pengujian apakah kapasitor sebagai penyebab tidak berputarnya mesin cuci yaitu membantu berputarnya mesin penggerak dengan tangan pada saat pengoperasian normal.

Jika pada saat dibantu dengan tangan motor penggerak mau berputar maka dapat di pastikan kapasitor sudah tidak bagus. Silakan diganti dengan nilai yang sama.

#5. Motor Penggerak Sudah Rusak

Kemungkinan penyebab mesin cuci tidak berputar selanjutnya adalah pada Motor Penggerak itu sendiri. Ada beberapa penyebab motor penggerak tidak bisa berputar antara lain:

WASH MOTOR penyebab mesin cuci tidak berputar

#a. Lilitan Korosi/Karat

Pada umumnya bahan lilitan motor penggerak mesin cuci terbuat dari bahan aluminium, bahan aluminium tersebut gampang korosi jika kawat telah terkena percikan air. Kawat yang berkarat lama kelamaan akan menimbulkan kropos sehingga kawat menjadi terputus dan menghalagi jalannya arus listrik.

Solusinya ada meskipun kadang berat untuk dilakukan karena harus membongkar motor mesin cuci dan melihat lilitan mana yang mengalami korosi. Lalu disambung ulang atau mengganti motor baru, namun jika tidak mempunyai kemampuan bisa ditangani oleh ahlinya.

Baca juga :  Cara Kerja Mesin Cuci Bisa Berputar Kanan Dan Kiri

#b. Thermofuse Sudah Putus

Pada motor penggerak terdapt komponen sensor panas atau biasa dinamakan dengan thermofuse. Thermofuse ini terpasang pada celah lilitan pada motor penggerak, secara kelistrikan komponen ini di pasang seri terhadap lilitan.

Fungsi Thermofuse ini mendeteksi panas berlebih pada lilitan/kumparan motor. Karena thermofuse adalah sakelar thermo maka ketika komponen ini mendeteksi panas maka saklar akan membuka untuk memutus arus listrik.

Namun terkadang thermofuse ini kalau sudah membuka untuk memutus arus listrik jarang sekali kembali keposisi semula. Oleh sebab itu sebagai solusi awal, kita bisa menghubung singkatkan kedua kaki/kabel thermofuse agar bisa mengalirkan arus listrik ke motor.

#c. Lilitan Terbakar

Penyebab lilitan terbakar biasanya disebabkan oleh pembebanan pada motor yang melebihi kemampuan motor saat pencucian. Jika diketahui bahwa yang rusak adalah motor penggerak maka solusi yang tepat adalah gulung ulang atau ganti motor yang baru.

Untuk mengetahui bahwa motor ini telah terbakar, biasa di tandai oleh bau terbakar pada mesin cuci. Namun jika tidak terdeteksi, kita bisa mengetahuinya dengan membongkar motor tersebut, sehingga terlihat bahwa motor telah terbakar.

Namun pekerjaan ini mungkin akan membutuhkan waktu dan tenaga ekstra, alternatif lain silakan panggil teknisi untuk memperbaikinya.

#6. Gearbox Bocor

Selain 5 poin diatas penyebab mesin cuci tidak berputar , Gearbox merupakan komponen transmisi tenaga dari motor penggerak ke komponen yang akan digerakan.

Gearbox penyebab mesin cuci tidak berputar

Selain sebagai pemindah atau transmisi tenaga, gearbox pada mesin cuci juga berfungsi untuk memperlambat putaran akhir dengan memperkuat tenaga putaran.

Seiring pemakaian mesin cuci, gearbox juga akan mengalami kerusakan, kerusakan yang terjadi umumnya pada seal penahan air. Jika kerusakan pada seal gearbox terjadi, maka fungsi penahan air tidak akan bekerja dengan baik, sehingga air yang ada pada tabung/slinder akan merembes keluar.

Pada saat gearbox berputar dengan kencang, air rembesan juga akan terpercik kesegala arah yang mengakibarkan motor penggerak akan terkena air.

Jika kerusakan gearbox tidak segera diganti, maka akan berdampak buruk kepada komponen lain. Inilah yang mengakibatkan motor penggerak akan mengalami korosi, sampai tinggkat yang parah motor rusak dan berhenti berputar

Penyebab Mesin Pengering Tidak Berputar (Spin Motor)

Selain penyebab mesin cuci tidak berputar di atas, secara khusus ada juga komponen penyebab mesin pengering tidak berputar yaitu:

#7. Mekanik Rem

Pada motor mesin pengering memiliki sistem pengeraman yang terintegrasi antara motor dan penutup/cover tabung pengering.

Slink REM Motor Pengering Mesin Cuci

Fungsi dari sistem pengereman mekanik ini adalah sebagai proteksi/pengaman pengguna terhadap lajunya putaran tabung pengering (spin tube) melalui pengereman.

Khusus mesin pengering ini silakan diperiksa bagian sling atau tali penghubung antara penutup tabung pengering menuju kampas rem pada motor spin, barangkali ada kemungkinan terlepas.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab mesin cuci tidak berputar dan begitu juga mesin pengeringnya, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi.

2 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *