Pengertian MCB, Tipe-Tipe MCB, Perbedaan MCB dengan MCCB

Diposting pada

Pengertian MCB dan MCCB

Pengertian MCB dan MCCB – Pembahasan kali ini adalah tentang MCB dan MCCB, secara khusus tentang pengertian, Tipe-tipe MCB,  perbedaan MCB dan MCCB serta informasi yang berhubungan dengan kedua Komponen tersebut.

Perbedaan MCB dan MCCB

Apa itu MCB dan MCCB?, MCB dan MCCB adalah komponen proteksi dari gangguan listrik. MCB adalah singkatan dari Miniature Circuit Breaker, sedangkan MCCB adalah singkatan dari Molded Case Circuit Breaker. Agar lebih jelas pembahasannya akan saya pisah dulu antara MCB dan MCCB.

MCB (Miniature Circuit Breaker)

Berdasarkan kapasitas, MCB didefnisikan sebagai suatu alat pemutus rangkaian atau proteksi gangguan listrik dengan bentuk dan kemampuan yang kecil. Reting arus dari spesifikasi mcb dimulai dari 1 ampere sampai dengan 63 ampere. Meskipun merek tertentu sudah banyak memproduksi MCB dari 0,5 ampere sampai dengan 125 ampere berdasarkan jumlah Pole tertentu.

Ini adalah Arus Nominal MCB yang ada: 0,5A, 1A, 2A, 4A, 6A, 10A, 16A, 20A, 25A, 32A, 40A, 50A, 63A, 80A, 100A dan 125A.

Gambar MCB 1P, 2P, 3P dan 4P Schneider

MCB tidak hanya berfungsi sebagai sakelar, memutus dan menghubungkan rangkaian secara manual, namun lebih dari itu yaitu berfungsi sebagai proteksi. Sebagai proteksi rangkaian, MCB akan memutus rangkaian secara otomatis jika terjadi gangguan arus lebih / over current.

Gangguan arus lebih bisa di akibatkan oleh pembebanan yang melebihi nilai maksimum dari reting arus sebuah mcb. Arus lebih atau over current juga bisa di akibatkan oleh hubungan arus pendek atau korsleting pada rangkaian listrik.

Misalkan reting arus tertera pada spesifikasi MCB sebesar 4 ampere dan jika arus mengalir melibihi 4 ampere pada MCB maka MCB akan trip, baik disebabkan oleh beban lebih (Overload) maupun hubung singkat suatu rangkaian (korsleting).

Umumnya MCB di gunakan untuk instalasi domestik misalnya sebagai pengaman pada instalasi penerangan, instalasi tenaga, instalasi rangkaian kontrol pada panel dan lain lain. MCB tersedia dalam beberapa pilihan kutub yaitu MCB 1 Pole/(1P), 2 Pole/(2P), 3 Pole/(3P) dan 4 Pole/(4P).  MCB juga memiliki pilihan pada batasan tegangan rendah 230 volt (sistem 1 phase) dan 400 volt (sistem 3 phase).

Baca juga :  Perbedaan MCB dan TOR Berdasarkan Fungsi

Komponen-Komponen Dalam MCB

Didalam mcb terdapat komponen-Komponen yang berfungsi sebagai pengaman arus lebih dan korsleting listrik serta komponen-komponen penting lainnya.  Berikut adalah konstruksi dari sebuah MCB dan komponen komponen di dalamnya.

Bagian Bagian MCB

Keterangan Gambar :

  1. Handle = Di gunakan untuk memutus dan menghubungkan circuit breaker dan sebagai indikator on/off
  2. Tripping Mechanism
  3. Contact (static / moving)
  4. Terminal input dan output
  5. Bi-Metal Strip = sebagai pengaman dari arus lebih/Over current (Overload)
  6. Adjusting Screw = Sekrup Kalibrasi
  7. Elektromagnetic Trip = sebagai pengaman dari hubung singkat
  8. Arc Extinguishing Chamber

Tipe-Tipe MCB

Telah di sebutkan di atas bahwa MCB tersedia dalam beberapa pole sesuai pengguanaannya. Namun dari setiap MCB tersebut apakah kalian tau bahwa MCB juga memiliki Klasifikasi Tripping (Pemutusan)?. Berikut adalah Klasifikasi MCB yang perlu di ketahui :

#1. MCB tipe B

Meskipun jarang di temukan dipasaran namun tipe-tipe MCB Curve B tetap di produksi oleh Pabrik Pembuat seperti Prusahaan Schneider Electric. MCB tipe B ini secara khusus di gunakan untuk protesksi pada Generator, dengan nilai proteksi arus rentang 3,2A sampai dengan 4,8 A kali arus Nominal MCB (3,2 to 4,8 In).

Tipe-tipe B-Curve

#2. MCB tipe C

MCB tipe C ini adalah yang paling banyak di temukan di pasaran karena memang fungsinya yang Umum. MCB tipe C ini di gunakan untuk mengamankan kabel instalasi dengan nilai pengamanan arus dari rentang arus 7A sampai dengan 10A dari arus Nominal MCB ( 7 to 10 In).

#3. MCB tipe D

MCB tipe D ini jarang juga di jumpai kecuali teknisi yang profesional Paham penggunaan, kalau saya ya enggak, ini aja saya baru tau kalau Tipe MCB itu banyak juga he he. MCB tipe D ini di gunakan pada rangkaian dan beban dengan arus yang tinggi seperti Motor listsrik, Transformator. Dengan pengaman arus rentang 10A sampai dengan 14A dari arus Nominal MCB (10 to 14 In)

Baca juga :  Pengertian Sekering Dan Fungsi Sekering Dalam Sistem Proteksi

#4. MCB tipe K

MCB tipe K sama dengan MCB tipe D selain untuk Beban Motor Listrik dan Transformator juga untuk Auxiliary Circuit (Rangkaian Tambahan).

#5. MCB tipe Z

MCB tipe Z ini di gunakan untuk rangkaian elektronik seperti Dioda Thyristor dengan nilai Proteksi arus lebih kecil dari MCB tipe B. yaitu rentang arus 2,4 A sampai dengan 3,6 A (2,4 to 3,6 In).

#6. MCB tipe MA

MCB tipe MA di gunakan untuk mengamankan Motor lebih khusus adalah Starters Motor, kemampuan Proteksi sampai dengan 12 kali arus nominal MCB (12 In). Penggunaan MCB tipe MA ini cocok untuk rangkaian daya motor yang tidak menggunakan Thermal Overload Relay (TOR).

MCCB (Molded Case Circuit-Breaker)

MCCB sama halnya MCB merupakan peralatan proteksi yang memberikan perlindungan / Proteksi rangkaian listrik terhadap beban lebih dan korsleting.  MCCB juga sama dengan MCB dalam hal tegangan kerja yaitu sama sama untuk tegangan rendah namun berbeda dalam hal kemampuan arus yang begitu besar.

Gambar MCCB

MCCB tersedia beberapa pilihan kutub yaitu 3 Pole/(3P) dan 4 Pole/(4P). MCCB juga memiliki pilihan batasan tegangan rendah di bawah 1000 volt. Dari jumlah kutub dan

Perbedaan MCB dan MCCB

  1. Berapa tipe MCCB di lengkapi dengan Adjustable Setting yaitu pemilihan batas arus yang dapat di atur sesuai batasan arusnya. Sementara MCB tidak mempunyai Adjustable Settings yang dapat di atur atau sudah Tetap.

Adjustable Settings MCCB

  1. MCCB memiliki kemampuan arus masimal yang cukup besar Jika di bandingkan dengan MCB yaitu sampai dengan 1000A, beberapa pabrikan malah memproduksi MCCB dengan ampere mencapai 3200A bahkan lebih.
  2. Beberapa MCCB juga support penambahan kontak bantu (Auxiliary Contact).

Mungkin hanya itu yang dapat di rangkum beberapa perbedaan MCB dan MCCB dan barangkali lebih, hanya saja keterbatasan saya dalam mengexplore lebih banyak tentang MCCB.

Nah, sampai sekian dulu pembahasan tentang Pengertian, Tipe-tipe MCB, Perbedaan MCB dan MCCB, semoga pemaparan di atas bermanfaat bagi pengujung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *