Jenis Gangguan Listrik Dan Alat Proteksinya

Diposting pada

Jenis Gangguan Listrik – Perlindungan terhadap bahaya listrik merupakan hal terpenting yang harus diutamakan ketika mengerjakan instalasi listrik. Oleh sebab itu penggunaan proteksi yang sesuai harus di terapkan agar terhindar dari bahaya listrik seperti terbakar, tersengat listrik, kematian dan lain lain.

Pada artikel kali ini saya mengumpulkan beberapa gangguan listrik yang kadang atau sering kita alami agar kita mengetahui bagaimana dan proteksi apa yang di gunakan untuk mengatasinya.

Jenis Jenis Gangguan Listrik

Beberapa gangguan listrik adalah sebagai berikut :

#1. Hubung Singkat (Korsleting)

Jenis gangguan listrik hubung singkat adalah gangguan yang di hasilkan oleh adanya gangguan hubungan langsung antara dua penghantar yang berbeda tegangan. Hal ini terjadi karena penghantar bertegangan menyentuh penghantar netral atau pengantar fase Yang lain.

Terjadinya gangguan listrik hubung singkat ini mengakibatkan arus listrik akan mengalir begitu besar dan bersirkulasi karena penghantar memiliki tahanan yang rendah. Efek yang di timbulkan dari hubung singkat ini mengakibatkan kabel akan menjadi sangat panas dan dapat menyebabkan kebakaran.

Dengan mengetahui gangguan listrik ini kita dapat menggunakan alat proteksi yang benar yaitu sekering atau circuit breaker (CB).

Karena penggunaan Fuse atau sekering sudah jarang di gunakan karena tidak praktis maka kita harus menggunakan MCB (miniatur circuit breaker).

 gangguan listrik PLN

#2. Gangguan Beban Lebih

Jenis gangguan listrik beban lebih ini terjadi, karena arus listrik yang mengalir melebihi nilai arus nominalnya ke beban. Gangguan beban lebih ini tidak terjadi secara spontan melainkan ada periode atau proses terjadinya pemanasan.

Baca juga :  Pengertian MCB, Tipe-Tipe MCB, Perbedaan MCB dengan MCCB

Risiko yang akan terjadi akibat priode pemanasan yang berlangsung terus menerus akan mengakibatkan terjadinya kebakaran. Untuk mengatasi gangguan listrik, khususnya beban lebih ini kita dapat menggunakan alat proteksi Thermal Relay atau Circuit Breaker.

Gangguan Listrik Beban Lebih

#3. Gangguan Tegangan Lebih

Jenis gangguan listrik tegangan lebih ini sering terjadi akibat fenomena atmosfer (petir atau kilat). Hal ini akan mengakibatkan lonjakan tegangan sesaat yang akan merusak peralatan elektronik. Peralatan proteksi khusus yang di rancang untuk mengatasi masalah ini adalah penangkal petir (Lightning Arrester). Selain dari gangguan fenomena atmosfer, perubahan beban induktif dan beban kapasitif yang tidak menentu juga membuat terjadinya gangguan tegangan lebih dari tegangan sumber.

Serge Arrester Proteksi Tegangan Lebih

#4. Gangguan Kebocoran Arus Listrik

Jenis gangguan listrik kebocoran arus di sebabkan oleh penghantar fase yang menyentuh bagian metal peralatan listrik yang terhubung dengan pembumian. Bukan hanya peralatan namun user atau pengguna juga bisa terkena gangguan ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Alat proteksi yang bisa digunakan untuk menghindari gangguan listrik arus bocor adalah earth leakage circuit breaker (ELCB) atau Residual Current Device (RCD)

Gangguan Listrik Tegangan Bocor

Keempat gangguan listrik tersebut tentu bisa di hindari dengan pemasangan peralatan proteksi yang tepat sehingga bahaya gangguan yang di akibatkan oleh listrik dapat di hindari.

Demikian pembahasan tentang “Jenis Jenis Gangguan Listrik Dan Peralatan Proteksi-nya” semoga yang singkat ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *