Cara Pemasangan Kabel Pada Sakelar Hotel/Sakelar Tukar

Diposting pada

Cara Pemasangan Sakelar Hotel/Tukar

Cara Pemasangan Kabel Pada Sakelar Tukar Atau Sakelar Hotel. Sakelar yang satu ini merupakan sakelar yang unik, berbeda dengan sakelar biasa (sakelar tunggal), yang hanya memiliki 2 terminal yaitu 1 terminal masuk dan 1 terminal keluar.

Berbeda dari sakelar tunggal, sakelar tukar mempunyai 3 terminal kabel yang bekerja sebagai pemilih 2 kondisi yaitu kondisi terhubung dan kondisi terputus. Dari cara kerja tersebut maka sakelar tukar ini lebih tepat digunakan untuk mengontrol lampu dari 2 tempat yang berbeda atau lebih.

Sebagai contoh penggunaan sakelar tukar ini biasanya di tempatkan pada area tangga sebuah bangunan bertingkat di lantai 1, 2 dan seterusnya itulah mengapa Sakelar tukar ini memiliki nama lain yaitu sakelar hotel.

Namun tidak hanya digunakan pada bangunan bertingkat sakelar tukar atau sakelar hotel ini bisa juga digunakan pada sebuah jalan terowongan dan lain sebagainya. Dengan kata lain bisa digunakan dimana saja yang penting paham prinsip kerjanya.

Berikut adalah bentuk sakelar hotel dengan merek Panasonic. Dari gambar tersebut terlihat terminal yang ada di bagian belakang sakelar dengan Notasi 0,  1 dan 3. Notasi 0 (Nol) merupakan Com sebuah terminal, sementara notasi 1 dan 3 adalah pemilih kondisi.

Cara Pemasangan Saklar Hotel

 

Misalnya ketika sakelar ditekan pada bagian atas maka kontak yang terhubung adalah 0 dan 1 sementara jika yang ditekan adalah bagian bawah maka yang terhubung adalah 0 dan 3.   Lalu bagaimana kira kira cara kerja dari sakelar tukar jika kita gunakan untuk menyalakan sebuah atau beberapa lampu dengan sakelar tukar atau sakelar hotel.

Video Cara Pemasangan Sakelar Tukar / Sakelar Hotel

Berikut ini adalah video simulasi dari prinsip kerja sakelar hotel untuk mengontrol 1 buah lampu yang di kontrol dari 2 tempat. Silakan disimak video nya semoga bermanfaat.

Baca juga :  Sakelar Otomatis Untuk Instalasi Listrik

Demikian pembahasan singkat tentang sakelar tukar atau sakelar hotel yang dilengkapi dengan video cara pemasangan kabel pada sakelar tukar atau sakelar hotel, semoga bermanfaat.

Silakan Kunjungi juga Channel Youtube Bangdarto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.