Rangkaian Instalasi Listrik Dengan Sakelar Tukar

Diposting pada

Tulisan saya kali ini dengan judul Rangkaian Instalasi Listrik Dengan Sakelar Tukar, ada yang mengatakan sakalar tukar adalah sakelar hotel. Sebelum ke rangkaiannya mari saya jelaskan sedikit tentang sakelar tukar. Jika dipahami berdasarkan kata “tukar” berarti  ada dua kemungkinan misalnya kemungkinan 1 atau kemungkinan 2,  posisi 1 atau posisi 2. Bagusnya memang di pahami berdasarkan katanyas aja biar nyambung. Jika kita sudah memahami baru deh siap untuk praktikkan.

Namun jika ada pernyataan, “Padahal seperti biasa menyalakan lampu ya… dengan sakelar”. Memang sih Biasanya pemasangan sakelar untuk menyalakan dan mematikan
1 buah lampu atau beberapa lampu itu sakelarnya terletak pada satu tempat dan hal ini wajar jika sakelar tersebut melayani lampu yang sifatnya mudah dijangkau atau bisa di kontrol dengan jarak dekat.

Namun dengan menggunakan sakelar tukar sebagai rangkaian Instalasi Listrik nya bisa membantu sekali jika lampu yang dilayani dapat dikontrol dari 2 tempat yang berjauhan atau malah dari beberapa tempat. Sebagai contoh jika untuk menyalakan dan mematikan  1 buah lampu yang dikontrol dari bawah atau dari atas pada rumah bertingkat.

Nah berikut ini contoh gambar rangkaian Instalasi listrik yang menggunakan sakelar tukar pada beban lampu.

Contoh Rangkaian Instalasi Listrik Dengan Sakelar Tukar

instalasi listrik sakelar tukarGambar rangkaian tersebut di buat dengan 2 buah sakelar tukar, sekaligus mencerminkan dari dua tempat pengontrolan (S1 dan S2) dengan 1 buah beban lampu. Pada sakelar tukar terdapat dua pilihan posisi yaitu posisi 1 dan posisi 2.

Dari contoh gambar tersebut kedua sakelar tukar (S1 dan S2) telah diarahkan masing masing pada posisi 2, jika arus listrik di alirkan melalui kabel (F dan N) maka lampu akan menyala. Jika salah satu dari sakelar tersebut dipindah posisi maka lampu akan padam. Dan sebaliknya jika kedua sakelar tukar diarahkan pada posisi 1  maka lampu akan menyala kembali.

Baca juga :  Cara Pemasangan Lampu Dengan Saklar Pada Instalasi Listrik

Rangkaian instalasi listrik seperti judul diatas memang masih jarang di gunakan (saat posting ini di publish). Apakah belum terpikir saya tidak tahu namun setidaknya dengan adanya pembahasan seperti ini mudah mudahan bisa bermanfaat bagi pengunjung yang  sengaja membaca tulisan ini sehingga bisa di manfaatkan.

Meskipun tidak bisa merangkainya sendiri, teman-teman bisa minta tolong instalatir untuk membuatkan rangkaian instalasi listrik menggunakan sakelar tukar untuk keperluan. Sekian pembahasan saya kali ini semoga bermanfaat.

14 komentar.

    1. Silakan lihat gambar berikut ini, gambar yang atas memperlihatkan instalasi lampu dengan sakelar tunggal yang jika ingin di ubah menjadi sakelar (tukar) hotel bisa di ubah dengan mengikuti gambar di bawahnya, demikian semoga membantu
      rangkaian instalasi listrik dengan sakelar tukar

  1. minta tolong, untuk saklar hotel/tangga, klo orang kedua yg mau turun bgmna supaya bisa menyalakn listriknya..msh bingung nii..Trims

    1. jika lampu pada Kondisi MATI maka salah satu dari dua sakelar bisa menyalakan lampu baik pada posisi turun maupun naik, begitu juga sebaliknya jika lampu pada kondisi NYALA maka salah satu dari kedua sakelar bisa mematikan lampu baik pada posisi turun maupun naik. yang penting ikuti gambar diatas… demikian terima kasih dah berkunjung, jika ada pertanyaan seputar listrik silakan berkunjung lagi

  2. mas, untuk pemasangan saklar tukar itu, apakah saklar yang di gunakan saklar yang umum di gunakan itu, atau harus pakai saklar khusus? trmksh

  3. Salam bro..
    Tolong dong bantuin untuk mengatur rangkaian listrik 3 phase penyalaan water heater yang melayani 2 kamar (A dan B).
    Apabila 1 saklar nyala (yg manapun A on atau B on), WH nyala. Apabila 2 saklar nyala(A on dan B on), WH tetap nyala. Tetapi apabila 2 saklar mati (A off dan B off), WH akan Mati. Apakah rangkaian ini mungkin dibuat? kalau iya, boleh tolong pencerahannya?… Terima kasih mas bro

  4. Salam gan.
    Artikelnya bagus. Sangat membantu. Kalo boleh tau itu bikin gambar rangkaian listriknya pake software apa ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *