Rangkaian timer theben bisa diatur Manual-Otomatis dengan mudah

Rangkaian timer theben – posting kali ini masih mambahas seputar timer listrik khususnya timer theben. Ide untuk membuat artikel ini berawal dari komentar pak toto  yang isinya demikian :

Pak, mau tanya beberapa hal terkait Theben SUL181H ini:

Apakah bisa, jika diluar jam yg ditentukan, lampu tetap bisa dimatikan/nyalakan manual menggunakan saklar?

Jadi misal lampu di set timer nyala pada jam 18.00 – 06.00, tapi jam 14 siang karena mendung dan gelap, mau saya nyalakan manual. Begitu juga sebaliknya, jika saya mau mematikan lampu jam 21.00 secara manual. Apakah bisa?

Dari pertanyaan di atas saya berusaha untuk membantu dan alhamdulillah bisa saya kasih solusi untuk pak toto. Oleh sebab itu saya juga ingin membagikan ide tersebut untuk para pembaca blog akhdanazizan.com yang mampir kesini.

Lalu Ide dari pertanyaan diatas dapat disimpulkan untuk saya membuat artikel dengan judul diatas yaitu “ Rangkaian timer theben bisa diatur Manual-Otomatis dengan mudah ”.

Baiklah langsung saya pada pokok pembahasan tentang bahan bahan yang diperlukan :

Bahan bahan penting yang diperlukan :

#1. MCB

Definisi singkat tentang MCB, MCB (miniature circuit breaker) merupakan komponen instalasi yang berfungsi sebagai pembatas maupun pengaman arus listrik baik dari gangguan korsleting maupun arus lebih.

rangkaian timer Theben_MCB

#2. Timer listrik theben (namun bisa juga merek lain)

Timer listrik merupakan komponen saklar otomastis yang berkerja berdasarkan waktu, baik menghubung atau memutuskan arus listrik kebeban.

rangkaian timer theben

#3. Saklar tukar (saklar hotel)

Saklar merupakan komponen instalasi yang berfungsi untuk menghubung atau memutuskan arus listrik kebeban secara manual. Dalam hal ini saklar tukar yang akan saya gunakan dalam rangkaian timer theben agar bisa diatur baik secara manual maupun otomatis.

Baca juga :  Rangkaian Instalasi Listrik Dengan Sakelar Tukar

rangkaian timer theben-saklar tukar

Jika ketiga komponen di atas di rangkai sesuai judul diatas. Maka gambar berikut ini adalah gambar rangkaian timer theben  yang saya rencanakan yang nantinya bisa diatur sesuai dengan pertanyaan pak toto diatas bisa manual atau otomatis sesuai kehendak kita.

rangkaian timer theben manual otomatis

Gambar ini pula adalah wiring / rangkaian timer tbeben dalam bentuk wiring diagram dengan prinsip kerja sebagai berikut :

rangkaian timer theben dengan saklar tukar

Prinsip kerja rangkaian timer theben yang bisa diatur manual maupun otomatis:

Sebenarnya kalau di lihat dari gambar tersebut timer theben pun persis seperti saklar tukar namun bekerja otomatis aja bedanya.

Jika timer sudah diatur waktu ON atau OFFnya maka pada saat ON arus listrik nantinya akan mengalir dari angka 2 ke angka 1 dan selanjutnya kebeban lampu melalui kontak saklar tukar yang terhubung lansung ke lampu.

Dan ini berkerjanya secara otomatis  berdasarkan waktu yang telah kita atur sebelumnya.

Untuk mengatur timer silakan cek artikel saya terdahulu “cara setting timer listrik (theben)

Sementara saklar tukar disini berfungsi untuk mengubah kondisi beban lampu secara manual. Misalnya jika lampu di atur timer nyala pada jam 18.00 – 06.00, tapi jam 14.00 siang karena mendung dan gelap mau menyalakan manual. Begitu juga sebaliknya, jika mau mematikan lampu jam 21.00 secara manual juga bisa .

Dari prinsip kerja Rangkaian timer theben Manual-Otomatis diatas mudah mudahan dapat dipahami dan di praktekan jika diperlukan. Semoga yang singkat ini bermanfaat untuk pembaca dan jika ada pertanyaan silakan di isi kolom komentar dibawah mudah mudahan diberi kemudahan untuk menjawabnya.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali