Cara Setting Timer Listrik (Theben)

Pada posting sebelumnya telah saya bahas tentang “ Sakelar Otomatis untuk Instalasi Listrik Lampu ”, Mudah mudahan Pada posting tersebut sobat telah mengetahui bagaimana cara merangkainya sehingga dapat digunakan untuk keperluan sobat. Cara Setting Timer Listrik dari posting kali ini merupakan lanjutan dari posting “Sakelar Otomatis untuk Instalasi Listrik Lampu” kebetulan pada posting tersebut belum saya jelaskan Cara Setting Timer Listrik nya kalau yang berhubungan dengan Photocell saya kira sudah cukup jadi tidak perlu dibahas lagi.

Coba kita perhatikan gambar berikut, sama halnya dengan kontaktor magnet, relay maupun push button, maka timer listrik juga memiliki kontak NO (Normally Open) dan NC (Normally Close) namun prinsip kerjanya seperti sakelar tukar. Dari gambar tersebut bahwa kontak NO itu adalah 2 – 1 sedangkan kontak NC adalah 2 – 3 yang mana angka 2 merupakan input phasenya lalu 1 dan 3 adalah outpunya. Sekarang bagaimana Cara Setting Timer Listrik tersebut (khususnya merek theben) untuk pengaturan nya saya bagi menjadi beberapa step.

Cara Setting Timer Listrik

  1. Persiapan awal

cara setting timer listrikPada angka 2 itu adalah posisi standar yang menandakan bahwa kontak NO dan NC sesuai dengan angka 3. Untuk pengaturan awal silakan angka no 4 semuanya di buat terbuka terlebih dahulu dengan cara menekan keluar, selanjutnya angka no 1 pada gambar tersebut di atur sesuai dengan angka 2.

  1. Pengaturan waktu

Untuk Cara Setting Timer Listrik pada posisi ini silakan atur sirip sirip pada angka No 4 dengan menekan ke dalam, aturlah sirip sirip sesuai dengan waktu yang di harapkan. Untuk diketahui bahwa setiap 1 sirip mewakili 30 menit, untuk seluruh waktunya dirancang sesuai dengan waktu berdurasi 24 jam. Sebagai contoh ketika kita ingin mengatur lampu taman atau apa saja yang nantinya akan menyala pada pukul 17.30 dan akan padam/mati pada pukul 05.30 pagi maka pengaturana yang kita lakukan adalah dengan cara menekan ke dalam sirip sirip pada angka No 4, sehingga banyaknys sirip yang kedalam dimulai dari 17.30 dan berakhir pada posisi 05.30 sisanya biarkan dalam keadaan terbuka. Untuk angka No 6 gambar tersebut silakan diatur pada posisi auto agar setting yang telah kita lakukan berjalan otomatis.

Setelah melakukan hal diatas silakan pasang timer tersebut pada beban lampu atau beban kontaktor magnet jika beban lampunya sangat banyak, untuk pemasangannya silakan lihat pada posting”sakelar otomatis untuk instalasi listrik lampu” . Langkah terakhir yang harus dilakukan silakan sesuaikan waktu timer listrik dengan waktu sesungguhnya dengan cara melihat jam lalu memutar ke arah kanan tombol angka No 5 pada gambar diatas tersebut, dengan begitu selesai sudah cara setting timer listrik, silakan di uji coba terlebih dahulu, semoga bermanfaat.

31 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *