Penyebab AC tidak Dingin dan Faktor Penyebab serta Cara Mengatasinya

Penyebab AC tidak Dingin ? Hai teman-teman kali ini saya akan berbagi tentang penyebab AC tidak dingin dan hal yang dapat mempengaruhi AC tidak dingin. AC atau Pendingin Udara secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu alat yang berfungsi untuk merubah suhu udara ruang menjadi dingin.

Cara kerjanya adalah dengan menghembuskan suhu dingin dari evaporator melalui blower ke dalam ruangan sehingga udara ruangan berubah menjadi dingin.

Sebelum saya membahas tentang penyebab AC tidak dingin mari kita kenali terlebih dahulu apa saja komponen yang ada pada AC. Pada umumnya komponen utama yang ada pada AC (penyejuk ruangan) terdiri dari 4 komponen berikut ini.

Keempat komponen tersebut tidak akan saya jelaskan secara mendetail cukup secara umum saja karena pembahasannya bukan tentang komponen itu. Namum hanya sebatas hal hal yang mempengaruhi atau penyebab ac tidak dingin atau kurang dingin.

Komponen Komponen AC (Penyejuk Ruangan)

Yang pertama (1) adalah Kompressor. Kompressor dalam sistem pendingin diibaratkan jantung AC. Karena tanpa ada kompressor maka tidak ada yang bisa mengalirkan gas refrigerant keseluruh pipa pada sistem pendingin AC.

Yang kedua (2) adalah Kondensor. Kondensor merupakan komponen kedua setelah kompressor. Fungsi kondensor pada ac sebagai pembuang panas berlebihan pada refrigerant akibat dorongan kompressor, pembuangan panas tersebut dibantu oleh kipas pada outdoor.

Yang ketiga (3) adalah pipa kapiler. Komponen ini berfungsi untuk menurunkan tekanan gas refrigerant sehingga tekanan akan turun setelah melalui komponen ini. Untuk di ketahui bahwa kompressor, kondensor dan pipa kapiler terdapat pada bagian outdoor pada AC Split

Dan yang keempat (4) adalah Evaporator, secara umum fungsi evaporator adalah untuk menyerap suhu udara pada ruangan agar temperaturnya menjadi dingin. Proses pendinginan yang terjadi pada evaporator terlebih dahulu melewati fase penguapan gas refrigran.

Baca juga :  Cara pasang AC (Air Conditioner) sendiri, Berani melakukannya ?

Dengan dinginnya pipa eveporator inilah yang dimanfaatkan sebagai media pendingin ruangan yang disalurkan oleh blower pada evaporator tersebut.

Faktor Faktor Yang Menjadi Penyebab AC Tidak Dingin

Setelah kita mengenal komponen komponen penting pada AC baik outdoor maupun indoor mari kita masuk pada pokok pembahasan tentang penyebab ac tidak dingin.

Berikut adalah beberapa penyebab mengapa AC tidak dingin :

#1. Faktor kebersihan :

Waktu pemakaian ac sangat berpengaruh terhadap kinerja ac, contoh yang paling nyata adalah masalah kebersihan ac. Ini adalah yang paling utama untuk diperhatikan.

Kondensor atau disebut sebagai Outdoor dan eveporator umumnya disebut sebagai Indoor, merupakan komponen AC yang berhubungan langsung dengan udara. Sehingga jika udara yang mengandung debu menempel pada sirip sirip indoor dan filter udara outdoor maka udara akan terhalang.

penyebab ac tidak dingin

Dengan demikian proses pembuangan panas pada outdoor akan terhambat, begitu juga pada indoor jika pada filter udara sudah tersumbat oleh debu maka laju aliran udara juga akan terhambat. Sehingga udara yang akan dihembuskan oleh blower menuju ruangan tidak maksimal.

Terlebih lagi jika yang kotor itu pada bagian pipa kondensor yang mengakibatkan panas berlebih sehingga mempengaruhi kerja kompressor yang berakibat fatal terhadap motor kompressor, kapasitor, thermostats atau yang lainnya sehingga ac tidak dingin.

Saran dari kami adalah cuci AC secara berkala, sendiri maupun panggil tukang AC. Jika sendiri teman teman bisa membuka tutup indoor dan temukan filter udara apakah perlu di bersihkan atau tidak.

penyebab ac tidak dingin

Tapi alangkah baiknya minta bantu tukang AC biar dibersihkan secara maksimal dan profesional karena mereka lebih ahli.

#2. Faktor ketersedian gas refrigerant

Selanjutnya penyebab ac tidak dingin adalah berkurangya gas refrigerant. Untuk mengetahui penyebab ac tidak dingin disebabkan oleh berkurangnya refrigerant adalah dengan melihat  pipa keluaran pada outdoor.

Baca juga :  Spesifikasi dan Harga AC Yang Sesuai Untuk Daya 900 VA

penyebab ac tidak dingin

Biasanya ac yang tidak dingin yang disebabkan oleh kurangnya gas, pada pipa akan terbentuk bunga es.

Selain dari indikasi melalui bunga ES tersebut ada lagi yang lain, yang sifatnya teknis, misalnya tekanan gas berkurang dan arus listrik yang berkurang dan ini tukang AC yang lebih faham.

Kenapa gas refrigerant bisa berkurang ?

Gas refrigerant pada AC dapat berkurang antara lain bisa terjadi karena kebocoran pada sambungan pemipaan maupun penyusutan yang terjadi akibat penguapan oleh usia pakai.

Saran kami agar di cek sistem pemipaan apakah terjadi kebocoran setelah itu tambah gas sesuai kebutuhan sistem AC tersebut dan ini dilakukan oleh tukang AC

Demikian pembahasan kali ini tentang penyebab ac tidak dingin, semoga bermanfaat, jika ada yang ingin di tanyakan silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali