Rangkaian Instalasi Listrik Dengan Sakelar Tukar

(Last Updated On: 21 Oktober 2017)

Rangkaian Instalasi Listrik Dengan Sakelar Tukar

Tulisan saya kali ini dengan judul Rangkaian Instalasi Listrik Dengan Sakelar Tukar, ada yang mengatakan sakalar tukar adalah sakelar hotel. Sebelum ke rangkaiannya mari saya jelaskan sedikit tentang sakelar tukar, jika dipahami berdasarkan kata “tukar” berarti  ada dua kemungkinan misalnya kemungkinan 1 atau kemungkinan 2,  posisi 1 atau posisi 2. Bagusnya memang di pahami berdasarkan katanyas aja biar nyambung. Jika kita sudah memahami baru deh siap untuk praktikkan.

Namun jika ada pernyataan, “Padahal seperti biasa menyalakan lampu ya… dengan sakelar”. Memang sih Biasanya pemasangan sakelar untuk menyalakan dan mematikan
1 buah lampu atau beberapa lampu itu sakelarnya terletak pada satu tempat dan hal ini wajar jika sakelar tersebut melayani lampu yang sifatnya mudah dijangkau atau bisa di kontrol dengan jarak dekat.

Namun dengan menggunakan sakelar tukar sebagai rangkaian Instalasi Listrik nya bisa membantu sekali jika lampu yang dilayani dapat dikontrol dari 2 tempat yang berjauhan atau malah dari beberapa tempat. Sebagai contoh jika untuk menyalakan dan mematikan  1 buah lampu yang dikontrol dari bawah atau dari atas pada rumah bertingkat.

Nah berikut ini contoh gambar rangkaian Instalasi listrik yang menggunakan sakelar tukar pada beban lampu.  Rangkaian instalasi listrik dengan sakelar tukarGambar rangkaian tersebut di buat dengan 2 buah sakelar tukar, sekaligus mencerminkan dari dua tempat pengontrolan (S1 dan S2) dengan 1 buah beban lampu. Pada sakelar tukar terdapat dua pilihan posisi yaitu posisi 1 dan posisi 2.  Dari contoh gambar tersebut kedua sakelar tukar (S1 dan S2) telah diarahkan masing masing pada posisi 2, jika arus listrik di alirkan melalui kabel (F dan N) maka lampu akan menyala. Jika salah satu dari sakelar tersebut dipindah posisi maka beban lampu akan padam atau sebaliknya jika kedua sakelar tukar diarahkan pada posisi 1  maka lampu akan menyala kembali.

Rangkaian instalasi listrik seperti judul diatas memang masih jarang di gunakan, apakah belum terpikir saya tidak tahu namun setidaknya dengan adanya pembahasan seperti ini mudah mudahan bisa bermanfaat bagi pengunjung yang  sengaja membaca tulisan ini sehingga bisa di manfaatkan, meskipun tidak bisa untuk merangkainya sendiri, sobat bisa minta tolong instalatir untuk membuatkan rangkaian instalasi listrik menggunakan sakelar tukar untuk keperluan sobat. Sekian pembahasan saya kali ini semoga bermanfaat.

14 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *