Rangkaian Kontrol Panel ATS Genset

Rangkaian Kontrol Panel ATS Genset

Rangkaian Kontrol Panel ATS (Automatic Transfer Switch) yang saya rencanakan tidak dilengkapi dengan AMF (Automatic Main Failure) sehingga lebih sederhana. Rangkaian Kontrol Panel ats ini adalah hasil karya sendiri kebetulan kemaren ade proyek kecil kecilan dari salah satu ATM Bank yang ada di tempat saya singkawang kalimantan barat. Prinsip kerja yang diminta hanya memindahkan suplay listrik PLN ketika terjadi pemadaman, ke suplay Listrik Genset. Namun Gensetnya menggunakan milik Hotel, berhubung Mesin ATM nya berada di lingkungan Hotel tersebut. Berikut gambar isi Penel ATS nya yang sempat saya arsipkan, panel tampak luarnya tidak kepikiran untuk diarsipkan.

Bahan Bahan :

  1. 1 Buah Box Panel
  2. 2 Buah MCB
  3. 1 Buah Timer (ON Delay)
  4. 1 Socket Timer
  5. 1 Buah Relay AC 220 Volt
  6. 1 Socket Relay
  7. 1 Terminal Konektor
  8. Kabel Secukupnya
  9. Kabel Ties (Kalau perlu)
  10. 2 Buah Kontaktor (sesuai dengan daya Listrik PLN atau Genset)
  11. 2 Buah Lampu Indikator (Diluar Panel) untuk kondisi PLN atau Genset

Agar mudah dalam memahami Rangkaian kontrol panel ats tersebut maka ada tiga gambar yang saya sajikan antara lain

  1. Rangkaian Kontrol Panel ATS Kondisi Normal (Belum Ada Suplay)rangkaian kontrol panel ats
  2. Rangkaian kontrol Panel ATS 1 (Dalam Keadaan Suplay PLN)rangkaian kontrol panel ats
  3. Rangkaian kontrol Panel ATS 2 (Dalam Keadaan Suplay Gensetrangkaian kontrol panel ats

Cara Kerja Rangkaian Kontrol Panel ATS

Prinsip kerja rangkaian panel ats dapat anda lihat pada gambar Rangkaian Kontrol 1 dan Rangkaian Kontrol 2. Pada kondisi utama atau kondisi Suplay PLN maka yang bekerja adalah Kontaktor PLN. kontaktor PLN akan bekerja apabila arus Listrik Mengalir Melalui MCB PLN.

Jika terjadi pemadaman dari PLN maka otomatis rangkaian Menjadi tidak aktif atau kembali pada gambar “Rangkaian Kontrol” diatas, rangkaian tersebut siap menunggu apakah Listrik PLN akan menyala kembali atau suplay Genset akan masuk.

Jika yang masuk adalah Listrik Genset maka rangkaian akan otomatis mensuplay listrik Genset Ke beban (ATM) secara otomatis melalui MCB GNS, Kontak NC (Normally Close) Kontaktor PLN dan Kontak NC Relay untuk mengaktifkan Kontaktor GNS. Dapat sobat lihat pada gambar Rangkaian kontrol Panel ATS 2 (Dalam Keadaan Suplay Genset).

Selanjutnya jika sumber listrik PLN kembali menyala maka rangkaian otomatis memutus sumber listrik Genset (meskipun saat tersebut masih disuplay genset) yaitu dengan aktifnya Kontak Relay. Pada saat yang sama kontak NO (Normally Open) Timer akan menunggu untuk terhubung (berdasarkan waktu yang diatur) sehingga akan mengalirkan arus listrik ke Kontaktor PLN. Lihat gambar Rangkaian Kontrol Panel ats 1 (Dalam Keadaan Suplay PLN) jika dilihat dari gambar tersebut yaitu dengan masuknya sumber listrik dari PLN maka semua Coil dalam keadaan tidak aktif (TIMER, RELAY dan KONTAKTOR GNS) sehingga rangkaian aman dan boleh anda Rakit. Untuk rangkaian daya silakan rangkai sesuai dengan gambar berikut.

Rangkaian Daya Panel ATS

rangkaian Kontrol panel atsDemikian pembahasan tentang rangkaian kontrol panel ats semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silakan tinggalkan petanyaan sobat pada kolom komentar. Nanti akan saya share juga tentang panel AMF genset silakan di tunggu.

Update : Untuk sobat yang pengen dikirimi posting ini (Rangkaian Kontrol Panel ATS) tidak perlu lagi menerimanya dengan email cukup Download aja setelah sobat Klik Social Sharing Berikut ini, cara ini adalah yang terbaik agar sobat langsung mendapatkannya berhubung kadang saya juga tidak setiap saat Online….

Update  : untuk sobat yang ingin mencoba wiring diagram ATS + AMF silakan cek di posting saya “Wiring Diagram ATS-AMF dengan Zelio Smart Relay” saya kasi Gratis


149 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *