Pengaruh Kerusakan Kapasitor Pada Pompa Air

Diposting pada

Pengaruh Kerusakan Kapasitor Pada Pompa Air

Hallo teman-teman pengunjung, pada posting kali ini saya akan share kembali tentang pengaruh kerusakan kapasitor pada pompa air.

Pembahasan yang masih berkaitan dengan posting sebelumnya yaitu Fungsi Kapasitor Pada Mesin Cuci Dua Tabung. Jika belum di baca silakan di baca dulu.

Kenapa kedua judul tersebut ada kaitannya. Karena mesin pompa air dan mesin cuci sama sama menggunakan motor listrik dengan tipe yang sama. Yaitu tipe motor listrik 1 fasa dengan Run kapasitor.

Mungkin saya ulangi lagi bahwa fungsi kapasitor pada motor listrik 1 fasa tipe run kapasitor adalah sebagai penggeser sudut fasa.

Dengan adanya pergeseran sudut antara kumparan bantu dan utama maka akan terjadi medan putar, sehingga motor listrik berputar.

Amati gambar berikut ini yang merupakan skema kumparan motor listrik tipe Run kapasitor untuk motor pompa air dan mesin cuci.

pengaruh kerusakan kapasitor pada pompa air

Dari gambar tersebut terlihat bahwa kapasitor dipasang seri terhadap kumparan bantu. Lalu apa pengaruh kerusakan kapasitor pada motor listrik 1 fasa tipe run kapasitor ?. Ada dua kemungkinan kapasitor rusak, yang berpengaruh terhadap putaran mesin pompa air sebagai berikut :

#1. Kapasitor Dengan Rusak Ringan

Artinya kapasitor masih berfungsi namun kinerja kerja motor listrik tidak dapat berputar dengan sempurna misalnya putaran motor listrik yang lambat atau tidak kuat lagi untuk mengangkat beban. Untuk bentuk fisik kapasitor biasanya terlihat kembung atau bodinya membesar.

#2. Kapasitor Dengan Rusak Berat :

Jika kapaitornya sudah rusak berat atau sudah terbakar maka sama sekali motor listrik seperti pompa air atau mesin cuci tidak dapat berputar.

Jika sobat menemukan hal atau gejala yang seperti di atas maka silakan sobat cek kapsitornya apakah kapasitor masih bagus atau sudah rusak sehingga bisa di ganti dengan yang baru dengan ukuran yang sama.

Baca juga :  Cara Menghitung Nilai Kapasitor Seri Maupun Paralel

Namun pompa air yang tidak berputar bukan hanya diakibatkan oleh kapasitor yang rusak saja, ada kemungkinan kemungkinan lain yang bisa terjadi seperti kumparan yang terbakar, sensor panas yang sudah putus akibat panas pada kumparan dan kapasitor itu sendiri.

Agar lebih mudah dalam memahami cara menentukan kapasitor masih bagus atau rusak silakan simak video berikut ini atau kunjungi Chanel Youtube saya (youtube.com/bangdarto)

Saya rasa cukup pembahasan singkat mengenai pengaruh kerusakan kapasitor pada pompa air semoga bermanfaat.

50 komentar.

  1. Sebelumnya terimakasih infonya sangat bermanfaat.. .
    saya mau bertanya sedikit mas.. .
    Mesin air saya memiliki ukuran Kapasitor 8up, apa yang terjadi jika saya memasang dengan ukuran 16up atau lebih.. .
    dan terimakasih

  2. Gan, saya pake pompa Grunfos JB Basic 3 dengan daya 250 watt.. sudah 13 tahun dan masih jalan bagus.. Kapasitor pernah saya ganti karena terbakar. Masalahnya adalah setiap nyala, pompa narik arus 3.2 A konstan.. artinya konsumsi daya nya sekitar 700 watt.. Kira2 apa penyebabnya ya ? Kondisi pompa setiap kalo nyala normal, gak panas . Sekali isi toren nyala 25 menit sampai 40 menit. ! hari nyala 2..3 kali..

  3. maaf mas mau tanya, semi jet pump saya habis ganti kapasitor tadinya kapasitornya 25uf terus di ganti dengan 35uf, terus pas di kontak ketika kran di tutup semua tekanan psi naik, tapi ketika kran di buka 1 tekanan psi kosong, jet pump pun panas.. dan air pun tidak keluar.. apakah itu pengaruh di kapasitornya.. terima kasih

    1. Iya itu disebabkan oleh kapasitor, kalau di lihat dari nilai pengganti kapasitornya kayaknya kapasitor itu terlalu besar, kapasitor yang terlalu besar akan mengakibatkan arus listrik akan menjadi besar mengakibatkan motor pompa akan menjadi panas. Mudah mudahan setelah motor pompa sudah dingin pompa air bisa hidup kembali (hanya untuk test aja). Lalu ketika sudah hidup kembali harus di ganti kapasitornya dengan ukuran awal 25uf jika tidak ada boleh ukuran di bawahnya, demikian semoga membantu

  4. Assalamualaikum Wr Wb.
    gan sy mau bertanya. kemarin sy hbs bersihin toren air dn pvc”nya karena air dari shimitzu sdh mulai mengecil. setelah di bersihin alhamdulilah airnya normal kembali selama 1 hari. pas waktu pagi mau di nyalain tiba” shimitzu nya tidak mau nyala dn selalu off ke mcb kwh nya terkadang nyala sebentar. shimitzu 128 bit manual kondisi sdh hampir 2,5 thn.
    kalau sy pegang kapasitornya rada hangat. kalau lihat kumparannya saya rasa msh lumayan bagus. apakah sdh ruksak total atau msh bisa di perbaiki ..??

    NB : jika sy menggunakan semi jet pump shimizu 108 bit. KWH 450 bisa narik atau tidak

    Terimakasih dn salam sukses

    1. Waalaikum salam wr wb,
      Saran saya ganti aja kapasitornya gan,ganti dengan nilai yg sama, kalau mau coba yang semi jetpam mungkin ngepas dayanya, coba aja tanpa beban dulu,,

  5. Selamat pagi pak. saya pemakai pompa air Sanyo 250 , baru jalan 1 thun Capasitornya terbakar, saya ganti dengan Capasitor baru, 250 VAC 12 Uf, baru berjalan 2 minggu rusak dan melendung apa ya penyebabnya Pak. terima kasih

    1. Kalau pemakaiannya sudah 1 tahun baru bermasalah Kemungkinan kapasitor baru sebagai gantinya kualitas tidak bagus, jadi sebelum membeli tanya kualitas terlebih dahulu. Kerusakan kapasitor bisa juga karena pompa air di pakai secara terus menerus dalam waktu yang lama, sehingga motor pompa menjadi panas. atau pompa hidup mati terlalu sering karena pompa air otomatis misalnya, demikian semoga bermanfaat

    1. Gak tentu kang,,, tergantung berapa besar dayanya (watt) jika tertera 50 uf berarti motor pompanya besar ya, kalau sudah begitu yang tertulis ikuti aja kang biar gak salah. kalau cuma 125 watt atau 200 watt biasanya si 4,6,8 uf gitu.

  6. assalammualaikum Wr Wb….saya hanya punya avometer…..kondensator Summer’s…capasitornya 20uf…saat ini tak jalan….kumparannya bisa diukur ..bagaimana cek capasitornya ??

    1. Waalaikum salam, kalau pake avo meter emang gak bisa mengukur kapasitor, cuma kalau motor sudah gak jalan kemungkinan hanya ada 3
      1. cek kondisi kumparan, biasanye ketahuan terbakar atau tidak
      2. cek thermofuse (kalau ada) bisa di ukur dengan avo meter diatur pada skala ohm meter. jika tidak terukur maka thermofuse nye udah rusak silakan di ganti atau di shortkan aja kedua kakinya
      3. kapasitor…..
      jika point 1 dan 2 bagus maka kemungkinak besar yang rusak adalah kapasitor jadi silakan ganti, demikian semoga terbantu…

  7. Mas,saya ada mesin jahit dengan kapasitor 14 mikro tp sudah melemah,kl misal saya ganti dengan yg 16 mikro kira2 bermasalah ndak?

    1. Biasanya ukuran suatu produk telah terhitung dengan benar untuk menghasilkan kualitas yang bagus oleh produsennya, selain dari itu setiap produsen tentulah ingin bahwa “kami beda”, dengan demikian jika terjadi kesalahan atau kerusakan “silakan panggil kami segera kami atasi”.
      Kembali ke masalah…jika Kapasitor dengan ukuran 7 micro tidak ada bisa juga di ganti dengan ukuran 6 atau 8 dan jangan lebih. demikian

  8. Komandan saya pakai pompa zhimisu jet pum yg inlet dua lubang ,,pompa gak bisa mengisap sdh cek kapasitor kondisi bagus ,saya pancing air bisa isap tapi ketika air pancingan habis gak mau isap air yg ada di tanki,impeler ,sistem pipa,seal cek bagus kasih silikon red biar kedap tapi tetap gak mau isap kira” masalahnya apa . Mohon solusinya

    1. Pastikan kembali bahwa pipa hisap dalam keadaan vakum alias gak masuk angin bisa aja masalah pada pipa, misalnya pecah atau renggang pada sambungan. selanjutnya periksa juga apakah klep pipa hisap (yang ada pada ujung pipa hisap) barangkali ada pasir yang mengganjal sehingga air pada pipa menjadi habis (tidak tesimpan). Jika sudah dipastikan bahwa pipa tidak bocor dan klep dalam keadaan baik maka silakan isi air pada pipa isap sampai penuh dan lihat keadaan airnya apakah berkurang atau tidak, jika air berkurang berarti pipa atau klep bermasalah namun jika airnya tetap maka silakan di pasang kembali pipa hisap pada pompa air dan isi tabung pompa air tersebut dengan air setelah itu segera nyalakan pompa air mudah mudahan berhasil

      NB : inti masalahnya biasanya hanya pada bagian hisap jadi silakan cek aja di bagian ini..
      Demikian semoga membantu…

  9. Asalamualaikum Wr Wb saya mempunyai usaha dorsmer mobil hidrolik kemarin tekanan air dari jet pum (sanyo)kuat dan kencang namun seiring dengan pemakaian menjadi lemah jet pum (sanyo) sudah di servis dan kapasitor sudah digantinamun tidak ada perubahan.mohon saran dan petunjuk

    1. Waalaikumsalam,
      kemungkinan kemungkinan :
      1. Periksa Seal nya kemungkinan sudah mau diganti yang menyebabkan kurangnya tekanan penghisap
      2. Kalau bisa Putaran mesin diukur dengan Tacho meter (kalau ada alatnya) jika putaran motor +-3000 rpm berarti motor masih bagus namun tidak menjamin juga kalau tenaga masih kuat, bisa diganti kapasitor yang agak besar dari aslinya misal 10 mikro ganti dengan 12 micro (jangan terlalu jauh bedanya)
      3. jika sedotan jetpump menggunakan pipa dari sumber air priksa pipanya apa sudah mengecil akibat kerak air karena pemakaian yang sudah lama
      4. stator yang sudah berkarat juga penyebab motor menjadi panas dan mengurangi tenaganya
      demikian semiga membantu

  10. Bro.. pompa air saya shimitzu.. kemarin baru ganti kapasitor.. tapi sekarang ta hidupin malah bau gosong.. padahal air kenceng.. dan lancar.. kenapa ya? apakah bahaya?

  11. Pak . mau tanya : pompa satelit saya kadang hidup kadang mati. kalau kabel menuju pompanya di goyang goyang bisa hidup pompanya, tapi sekarang malah mati. ketika tombol pada control box di ON, lampu indikator saklar nyala seperti biasa. tapi ketika tombol di OFF, lampu indikator nya tidak langsung mati. biasanya kan lampunya langsung mati yah ?

    kira kira apa nya yang rusak pak ? apa kabelnya yang konslet atau kapasitor nya bermasalah. (fisik kapasitor nya bagus)

    trims.\
    Achmad Dwi S (tangerang)

  12. Selamat siang mas, assalamualaikum. Saya beli kompressor mini 95 watt 1/4 hp baru saya pakai sekali terus saya simpen..pas saya mau gunakan lagi kenapa tidak mau berputar lagi motornya..saya sudah ganti capasitornya tapi tetap tak mau putar..jika saya check dengan avometer digital nilai haambatan kumparan bantu dan kumparan utama adalah sama 160ohm total nilai hambatan kumparan utana dan kumparan bantu 340 ohm jika mengacu ke skema motor capasitor..saya ganti klagi dengan kapasitor 8uf dan tetap tidak mau mutar alias ndengung..aja..kira kira permasalahn dimana ya mas..? Rotor pada kondisi tidak ada arus listrik mau di putar dengan tangan..namun jika di aliri arus listrik hanya mendengung dan tidak mau berputar..terima kasih sebelumnya

  13. Gan, mohon saran saya pakai submersible pump 1000watt, saat ini pakai kapasitor 30mf, kadangkala listrik jadi turun. saya khawatir ukuran kapasitor yang terpasang salah, berapa ukuran kapasitor yang tepat untuk daya sebesar itu? 40mf? atay kisaran 20mf?

    1. sebenarnya bisa saja di ganti dengan ukuran yang lebih kecil dari yang ada namun jangan terlalu kecil ntar jadi kurang responip saat mula jalan, namun jangan ganti dengan ukuran yang lebih besar ntar kumparan cepat panas dan terbakar

    1. emang demikian dirancang karena pada kumparan terdapat alat proteksi panas berlebih, namun jika bentar bentar mati ada kemungkinan statornya sudah pada karatan sehingga cepat menimbulkan arus eddy yang menyebabkan panas. namun kumparan juga bisa berpengaruh, saya sarankan ganti aja kapasitornya dengan ukuran yang sama dan abaikan masalah yang saya sebutkan tersebut,,,demikian

  14. mas keran air saya dari besi dan pas di pegang ada aliran listriknya,trus aliran airnya lemah.apkah ini pengaruh kerusakan kapasitornya??

    1. Kemungkinan tersebasar adalah adanya kontak pada kumparan terhadap stator (bodi) namun tidak kontak langsung terhadap fasa dan netral, alternatif pertama silakan balik aja stekernya, namun untuk masalah lemah atau kuatnya sedotan tidak berpengaruh atas alternatif tersebut. jadi silakan cek kumparannya…demikian

    1. gak ada pengaruhnya terhadap putaran, hanya tenaganya saja yang berpengaruh, namun jangan sampai terlalu berlebihan menambah nilai kapasitornya ntar malah terbakar nanti motornya.. demikian

  15. Maaf boss..
    kalo pompa air saya..kalo mau jalan harus di puter oleh tangan…udah jalan beberapa menit terus mati.sambil mati.terus di diamin mati dari listrilnya gak di cabut..terus kwh nya langsung mati kaya ada yg konslet…padahal kapasitor udah di ganti tetep gitu….sebelumnya juga kaya gitu penyakitnya..terus saya ganti kapasitornya..tetep aja gitu…penyebab dari apa?

    1. silakan aja di periksa bagian kumparannya biasanya terjadi hubung singkat pada kumparan dalam satu alur dampaknya nilai tahanan sangat kecil sekali, sehingga pembentukan fluk tidak maksimal, jika tidak tau cara mengukurnya minta tolong aja pada orang yang tau… demikian

  16. Tolong infonya gan….
    Mesin pompa air tidak bisa memutar sendiri Harus pake bantuan tangan dulu.
    Padahal kapasitornya sudah saya ganti..

    1. yang penting jangan salah penyambungan kabel kapasitor pada motor listrik, kalau seandainya masih blum bisa maka ganti yang lebih besar misal 4 asli ganti yang 6 micro farad demikian

  17. Gimana nih gan…
    Kalau mesin sanyo tidak dapat berputar sendiri harus di putar dulu pake tangan..
    Padahal sudah ane ganti kapasitornya…
    Tolong penjelasan nya gan..
    Makasih..

  18. Slmt siang pak. Saya baru membeli pompa cdlf 2 namun bingung cara pemasangan kabel listrik dan gmana cara pemasangan jika saya hendak menghunungkan dgn lampu indikator sbg isarat. Atas balasannya saya ucapkan terimakasih.

    1. Maaf saya tidak paham maksud dari pompa tersebut bagaimana kondisi rangkaiannya, biasanya kalau membeli pompa air kabel stekernya sudah tersedia, jadi mudah saja mengoperasikan mesin pompa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *