Rangkaian Panel ATS Genset 3 Fasa

Diposting pada

Rangkaian Panel ATS Genset 3 Fasa – Kali ini saya hanya ingin update artikel saya tentang “rangkaian kontrol panel ATS genset” yang mana pada rangkaian panel ats tersebut saya rancang untuk sumber listrik 1 fasa. Rasanya kurang lengkap kalau tidak saya share juga untuk sistem 3 fasanya.

Mudah mudahan teman teman bisa memahami dan dapat di praktekan untuk keperluan teman teman. Untuk di ketahui bahwa artikel ini saya lengkapi dengan video pendukung yang telah dilakukan tahapan pengujian sehingga aman untuk di praktekkan teman teman.

Perubahan yang saya lakukan dari sistem 1 fasa menjadi 3 fasa berkaitan dengan sistem keamanan tegangan 3 fasa atau saya sebut dengan sistem proteksi tegangan 3 fasa.

Jika terjadi gangguan yang di akibatkan oleh faktor alam maupun faktor teknis terhadap jaringan utama, misalnya PLN maka sistem 3 fasa yang kita gunakan hendaklah diamankan dari terputusnya salah satu fasa dari sumber tegangan.

Sehingga jika terjadi gangguan salah satu fasa maka beban maupun instalasi akan diamankan oleh sistem proteksi tagangan yang di buat.

Rangkaian Kontrol Panel ATS Genset 3 Fasa

Berikut ini adalah panel rangkaian Kontrol Panel ATS Genset 3 Fasa yang saya update dari rangkaian kontrol panel ats genset (1 fasa) pada artikel sebelumnya :

Rangkaian Panel ATS Genset 3 Fasa

Mungkin teman teman sudah pada tau nama nama komponen tersebut jika belum mari saya sebutkan beberapa komponen utama yang di perlukan untuk membuat rangkaian tersebut :

Komponen Utama :

  1. 3 buah relay + soket
  2. 1 buah timer omron + soket
  3. 4 buah MCB 1 fasa
  4. 2 buah kontaktor magnet (sumber PLN dan Genset)
  5. 1 buah MCB 3 fasa
  6. 1 buah Terminal blok
  7. Rel omega
  8. Kabel dak
  9. Kabel
  10. Box Panel
  11. Dan lain lain

Gambar Rangkaian Kontrol ATS (Automatic Transfer Switch)

Agar pembahasan terarah sesuai pada judul di atas berikut gambar rangkaian kontrol panel ats genset 3 fasa yang saya gunakan untuk merakit panel ats genset 3 fasa :

Baca juga :  Rangkaian Utama Pembalik Putaran Motor Listrik 3 Fasa

Rangkaian Kontrol Panel ATS Genset 3 Fasa

Teman teman bisa menggunakan rangkaian di atas untuk keperluan merakit yang penting teman teman merakit sesuai notasi/penomoran yang telah saya buat. Untuk teman teman yang sudah terbiasa dengan rangkaian kontrol ini mudah banget di lakukan.

Sebagai referensi buat teman teman berikut video video yang mungkin bermanfaat :

Rangkaian Daya Panel ATS Genset 3 Fasa

Oh hampir lupa untuk rangkaian daya panel ats genset 3 fasa teman teman bisa liat gambar berikut, ini adalah rangkaian daya yang saya gunakan untuk merakit panel ats genset 3 fasa.

Rangkaian Daya Panel ATS Genset 3 Fasa

Demikian pembahasan singkat tentang Panel ATS Genset 3 fasa semoga bermanfaat.

 

11 komentar.

  1. Assalamu’alaikum,
    1. Kira2 berapa total biaya merakit panel tsb, bila dibandingkan dengan PLC, mana yg agak ringan biayanya.
    2. Sesuai dengan istilahnya “automatic”, mengapa rangkaian ats-amf ini tidak disediakan indikator alarm atas kondisi standby genset seperti oil level, voltase accu dan lain-lain. Sehingga pemilik atau operator dapat memperbaiki keadaan standby genset untuk selalu ready untuk operasi bila terjadi main power (pln) failure.
    3. Mohon dapat diberikan gambar rangkaian lengkap ats-amf ke surel saya.
    Jazakallah khair.

    1. Waalaikumsalam,
      Panel pada artikel diatas merupakan Panel ATS bukan ATS-AMF, jika dibandingkan dari biaya tentu lebih murah yang konvensional seperti artikel dan video diatas karena kalaupun menggunakan PLC maka tetap aja menggunakan Kontaktor, MCB. Terlalu ribet nanti pengunjung saya memahaminya makanya di buat hanya demikian,,,

    1. Karena 2 relay pengaman tersebut kerjanya 24 jam dlam sehari makanya relay tersebut panas dan biasanya sya menyiapkan cadangan relay biar gak kelabakan waktu relay rusak malam hari, pengalaman saya menggunakan relay meskipun panas karena on terus tetap masih tahan apalagi yg asli

    1. Kalau saya abaikan pengaman fasa, dlm arti saya mengambil 1 fasa saja kira2 bermasalah apa tdk ya?

      Info: peralatan yg terpasang hanya lampu, komputer dan ac, semua 1 fasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *