Panel Genset, Macam Macam dan Fungsinya

Diposting pada

Panel Genset , Macam Macam dan Fungsinya – Sebenarnya judul posting ini sedikit ada kaitannya dengan posting yang sudah lewat namun pengen aja untuk membahasnya sekali lagi secara umum.

Panel genset identik dengan pengontrollan yang dirancang untuk genset baik secara otomatis maupun manual  baik yang masih bersifat konvensional maupun yang sudah bersifat digital.

Pembahasan tentang macam macam Panel Genset disini akan saya jelaskan berdasarkan apa yang saya tahu aja meskipun masih banyak yang belum saya ketahui. Berikut bebarapa Panel yang saya rangkum berdasarkan fungsi pengontrollannya :

Panel Genset, Macam Macam dan Fungsinya#1. Panel ATS (Automatic Transfer Switch) merupakan panel listrik Yang berfungsi untuk mengontrol dua sumber listrik misalnya antara PLN dengan Genset sehingga diharapkan pergantian antara dua sumber listrik  dapat di tangani dengan aman dan secara otimatis.

Untuk  Panel Genset ATS ini pernah saya rencanakan dengan bersifat konvensional namun otomatis. Panel jenis ATS ini cocok di jika gunakan untuk rumah, kantor atau pabrik yang menginginkan keamanan saat perpindahan sumber listrik utama ke sumber listrik alternatif.

#2. Panel AMF (Autimatic Main Failure) merupakan panel listrik yang berfungsi untuk mengontrol ON/OFF mesin Genset secara otomatis.

Yaitu jika listrik utama mengalami pemutusan sumber daya listrik maka panel kontrol akan menyalakan secara otomatis mesin genset dan jika sumber listrik utama menyala kembali maka Panel Kontrol akan mematikan mesin secara otomatis pula.

Biasanya panel genset jenis ini di gabungkan dengan panel genset ATS atau di sebut dengan Panel ATS-AMF.

#3. Selanjutnya Panel Synchronizing Generator  adalah panel genset jenis ini merupakan panel listrik yang di rancang untuk menggabungkan dua atau lebih sumber listrik dari generator atau dengan kata lain memparalel generator.

Baca juga :  Sistem Kelistrikan 1 Phase dan 3 Phase Serta Pemanfaatannya

Fungsi memparalel generator adalah untuk mendapatkan sumber daya listrik yang lebih besar pada jalur transmisi yang sama.

Yang pasti memiliki ketentuan ketentuan yang harus di terapkan berkaitan dengan frekuensi, urutan fasa, tegangan efektif. Panel genset jenis ini biasanya di rancang untuk yang memiliki sumber listrik lebih dari satu.

Ketiga jenis panel kontrol diatas merupakan panel listrik yang penggunaannya sering berdekatan dengan Genset, sehingga saya sebut aja panel genset, meskipun masih banyak panel panel listrik yang lain misalnya, Panel Kapasitor Bank, Panel Listrik Lightning Panel Listrik LVMDP dan lain lain. Demikian sedikit informasi berkaitan dengan jenis dan fungsi dari panel genset semoga bermanfaat.

51 komentar.

  1. assalamualaikum akhi numpang nimba ilmu, alkhamdulillah lebih banyak tau dengan tutornya, cuma ada satu yang saya minta ilmunya, kalo boleh, rentang membuat panel synchronizing generator, saya tunggu ..sukron

  2. Gan ,membantu banget, gan saya jg mau waiting diagram dan bahannya ATS-AMF kalo bisa + panel syingkronisai jenset,karena punya 2 jenset nich ,makasih banyak gan SMG maju terus

  3. saya mau nanya mas,

    kalo misalkan 3 genset synchron tetapi tanpa pkg jadi synchron nya di LVMDP apakah bisa?

  4. Pak.. jika boleh saya minta d emailkan utk rangkaian ATS dan jika berkenan sekalian AMF nya..
    Terimakasih sebelumnya, insyaAllah ilmunya akan saya share utk mendidik anak2 di pelatihan kerja,
    Salam..

  5. Gan, minta share line diagram ATS dan ATS-AMF nya, dan list materialny y. saya mau belajar bikin. Trimaksh bnyak ilmuny gan.

  6. Mohon maaf,,, bolehkah saya minta rangkaian panel ATS nya pak untuk media belajar,,,, sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak mr. Abu akhdan

  7. Sore gan, saya bisa minta gambar wiring ATS nya gan, untuk belajar2 saja gan, saya pengen sekali tau sistem kerjanya, terimakasih sebelumnya…

    1. terima kasih atas kunjungannya untuk skema ATS bisa tapi materialnya gak bisalah, daftarnya aja kali ya 🙂 trus untuk skema ats-amf belum ada saya buat penjelasannya, silakan cek mailnya semoga bermanfaat.

  8. Gan, mohon kirimkan skema diagram beserta bahan-bahannya, ini saya ada link dengan posting yang sama :
    ‘http://electric-mechanic.blogspot.com/2014/10/membuat-panel-amf-ats-switch-genset.html

    Cuma saya gak paham dan mengerti cara merakit, kalau bisa dengan gambar bahan-bahan yang sudah jadi, jadi paham tata letaknya, terima kasih.

    1. Terima kasih mas gan dah mampir kesini, blog baru seumur jagung 🙂 , pada link posting tersebut malah lebih bagus dari yang saya miliki gan, dari gambarnya itu bisa lah di cari alat dan bahannya, lagi pula semua gambar yang telah saya dokumentasikan sudah terhapus akibat laptop yang saya install. mungkin penyataan yang bagus dari saya buat mas gan “yang ditanya tidak lebih paham dari yang menanya”. semoga membuka persahabatan buat kita mas gan..

    2. Ya, semoga lewat blog ini kita bisa berteman dan berbagi ilmu, ngomong-ngomong tahun berapa foto di taplau…???

  9. Assalamu’alaikum …
    Gan, mhn kira’a berkenan mengirimkan gambar pelakasanaan panel ats-amf sederhana’a. Dan klo accu genset’a sering soak apa msh bsa jg dg rangkaian tsb?.
    Trmksh, smoga ilmu n rezeqi agan tmbh berlimpah krn sering berbagi.
    Wslm

    1. Wa’alaikumsalam,,,
      mohon maaf mas gan Rangkaian yang dimaksud hanya Panel ATS saja, silakan di cek mailnya semoga bermanfaat, oya jika di rakit berdasarkan gambar yang saya kasih tidak ada hubungannya dengan bagus atau tidak bagusnya aki yang di gunakan, karena panel tersebut akan berkerja jika sumber PLN atau Genset masuk, jadi hanya bersifat pasif. kecuali panel tersebut inklud dengan AMF alias Panel ATS-AMF, namun yang saya kasih hanya ATS saja. semoga bisa di rencanakan…terima kasih atas doanya amin..

  10. Gan, ohon dapat dikirimkan gambar rangkaian ATS sederhana dan bahan- bahannya, dan kalau ada sekaligus dengan rangkaian untuk AMF sederhana, saya mau coba untuk pasang di rumah. Terima kasih. email saya: fabianto.83@gmail.com

  11. Mas Akhdan, kalo boleh saya juga minta rangkaian ATSnya untuk kepentingan pembelajaran. terima kasih atas bantuannya

    1. iya emang sudah saya tutup komen disitu berhubung sudah banyak…terima kasih atas kunjungannya, selakan cek mail sobat mudah mudahan bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *