Cara Kerja Motor Listrik 3 Fasa

Cara kerja motor listrik 3 fasa – Hari ini saya akan share tentang cara kerja motor listrik 3 fasa. Khususnya motor induksi dengan rotor sangkar, baiklah jangan bertele-tele lagi langsung saja ke tkp.. 🙂

cara kerja motor listrik 3 fasaCara Kerja Motor Listrik 3 Fasa Rotor Sangkar :

Jika tegangan tiga phasa sumber listrik dihubungkan dengan ketiga liltan stator yang terhubung bintang atau segi tiga, maka arus yang mengalir pada ketiga lilitan stator akan menimbulkan Medan putar.

Kecepatan medan putar pada stator tersebut bisa diartikan sebagai kecepatan sinkron (Ns). Yang besarnya dipengaruhi oleh frekuensi jaringan (f) dan jumlah pasang kutub (P).

Medan putar stator (fluk magnet stator) ini akan memotong batang-batang kunduktor rotor sehingga timbul GGL induksi pada setiap batang penghantar. Sehingga menyebabkan mengalirnya arus rotor.

Cara kerja motor listrik 3 fasa : Gambar disamping kiri memperlihatkan rotor sangkar motor induksi cara kerja motor listrik 3 fasa (rotor sangkar)yang terdiri dari batang penghantar tembaga yang di tempatkan di dalam alur alur pada inti rotor yang di susun sedemikian rupa sehingga berbentuk sangkar yang disebut dengan rotor sangkar.

Semua batang konduktor rotor terhubung singkat satu sama lain pada kedua ujungnya oleh dua gelang pengikat. Dengan adanya tegangan induksi pada setiap batang konduktor rotor yang terhubung singkat satu sama lain pada kedua ujungnya.

Dengan demikian pada setiap batang konduktor rotor akan terinduksi dan akan mengalir arus listrik.  Yang menyebabkan timbulnya gaya putar (torsi) pada rotor sehingga rotor berputar

Perputaran medan stator yang memotong batang-batang penghantar rotor akan mengakibatkan setiap batang penghantar akan timbul Gaya Gerak Listrik (GGL) rotor.

Agar pemotongan medan putar stator terhadap batang penghantar konduktor rotor tetap terjadi maka kecepatan batang-batang penghantar konduktor rotor harus lebih lambat dari kecepatan medan putar stator.

Baca juga :  Membalik putaran motor listrik 1 fasa, Apakah bisa ?

Gimana teman-teman dapat di pahami ? Saya rasa cukup pembahasannya tentang Cara kerja motor listrik 3 fasa. Walapun singkat banget mudah-mudahan bermanfaat buat teman teman yang butuh informasi tersebut.

Teman teman juga bisa cek pada postingan yang lainnya pada sidebar sebelah kanan atau pada related post. Jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pesan pada form komentar.

7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali