Cara Cek Kapasitor Motor Listrik Masih Bagus Atau Rusak

(Last Updated On: 9 Maret 2017)

Hari ini saya akan posting tentang cara cek kapasitor motor listrik khususunya motor kapasitor apakah masih bagus atau rusak. Salah satu dari Tanda tanda motor listrik 1 fasa tidak mau berputar khususnya motor kapasitor seperti motor pompa air, mesin cuci adalalah kapasitor itu sendiri, meskipun masih ada lagi tanda tanda yang lain seperti kumparan dan fuse pendeteksi panas.

Kenapa demikian, karena kapasitor pada kumparan stator motor listrik tersebut di hubungkan seri sehingga menjadi komponen yang sangat penting jika tidak ada kapasitor atau rusak, maka motor listrik jenis motor kapasitor tidak bisa bekerja. Kira kira ilustrasinya seperti gambar berikut ini :

Cara Cek Kapasitor Motor Listrik

Dari gambar tersebut jelas bahwa kapasitor di pasang seri  terhadap kumparan bantu. Jika kumparan bantu telah terbakar akibat arus listrik yang mengalir menimbulkan panas maupun gangguan pada kapasitor maka motor listrik tidak akan berputar . berdasarkan judul di atas lalu bagaimana cara cek kapasitor motor listrik jika kedua kumparan (kumparan bantu dan kumparan utama)  kelihatan baik-baik saja ?.

Ada dua cara menentukan kapasitor apakah masih baik atau tidak yang pertama (1) dan ini yang paling mudah yaitu dengan melihat fisik kapasitor tersebut, jika kelihatan sudah mengembang atau malah sudah pecah, ini menandakan bahwa kapasitor tersebut tidak baik atau malah sudah rusak. Yang kedua (2) jika kelihatan kapasitor masih kelihatan bagus nah untuk yang demikian bisa di uji dengan tegangan langsung yaitu dengan menghubungkan 2 kaki/kabel yang ada pada kapasitor dengan tegangan langsung, Ilustrasinya seperti gambar berikut :

Cara Cek Kapasitor Motor Listrik

Sobat yang awam dengan listrik biasanya Takut untuk mempraktekkan dengan cara cek kapasitor motor listrik seperti gambar tersebut kecuali yang berani, namun yang penting kabelnya masih berisolasi. Nah bagaimana cara mengetahui rusak atau tidaknya kapasitornya ?.

jika sudah di hubungkan dengan sumber listrik sesaat maka kapasitor yang baik akan menyiman muatan listrik sehingga jika kita hubungkan kedua kabel tersebut (dihubung singkatkan) maka akan terjadi percikan bunga api, ini menandakan bahwa kapasitor masih dalam keadaan baik. Jika tidak terjadi apa apa atau percikan apinya sangat kecil saat dihubung singkatkan maka kapasitor tersebut sudah tidak baik atau malah sudah rusak.

Untuk cara cek kapasitor motor listrik dengan cara ini harus dilakukan dengan hati hati sebab tegangan listrik jika tersentuh dapat mengakibatkan setrom, aduh jadi ingat waktu tersetrum ni, boleh dikatakan kalau sudah keahlian bagian listrik namun belum merasakan setrom mungkin tidak sah kali. Contohnya saya yang berusaha untuk menghindari setrom malah tersetrom. Jadi berhati hatilah dengan listrik, saya rasa cukup pembahasan tentang cara cek kapasitor motor listrik mudah mudahan bermanfaat.

Silakan sobat cek Posting terkait tentang : Fungsi Kapasitor Pada Mesin Cuci

72 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *