Rangkaian Utama Star Delta Motor Listrik 3 Fasa

Rangkaian utama star delta : pada posting terdahulu saya telah membahas rangkaian kontrol star delta motor listrik 3 fasa. Kali ini saya mencoba untuk melanjutkan dengan pembahasan yang masih berhubungan dengan artikel tersebut yaitu rangkaian utama star delta nya. Jika belum membacanya silakan simak artikel tersebut. Rangkaian utama star delta tersebut terdiri dari komponen komponen sebagai berikut :

  1. 3 kontaktor magnet
  2. 1 buah MCB 3 fasa
  3. 1 buah motor induksi 3 fasa
  4. 1 thermal overload relay (kalau perlu)

Penjelasan Rangkaian Utama Star Delta

rangkaian utama star deltaSebenarnya membuat rangkaian star delta tidak mutlak di lakukan. Ada sebab sebab tertentu yang menuntut dilakukannya hal tersebut dan tergantung dari 2 hal:

  1. Name Plate motor listrik
  2. Sumber listrik yang tersedia

Misalnya motor listrik induksi 3 fasa yang bername plate 220 Volt/380 Volt = Delta/Star dengan tegangan sumber 3 fasa yang tersedia di indonesia oleh PLN yaitu 380 Volt. Motor dengan name plate seperti ini tidak bisa di hubungkan star – delta namun hanya star saja. Lain halnya jika name plate motor induksi 3 fasa tertulis sebagai berikut 380 Volt/660 Volt maka motor tersebut bisa di hubungkan Star (bintang) kemudian Delta (segitiga).

Anggaplah name plate motor induksi 3 fasa tertulis seperti ini 380 Volt / 660 Volt  = Delta/Star dan bisa dihubungkan Star kemuadian Delta. Lalu kenapa ingin di buat rangkaian star deltanya kenapa tidak langsung delta aja ?. hal ini dilakukan agar terjadinya penurunan Arus Start saat di hubungkan bintang di awalnya. Yang mana rentang arus start antara 2 sampai 5 atau 7 kali arus nominal motor.

Pada gambar disamping memprlihatkan rangkaian utama star delta yang terdiri dari KU (kontaktor Utama), Kd (Kontaktor Delta) dan Ks (kontaktor star/bintang) serta komponen pendukung lainnya. Dari gambar tersebut menjelaskan bahwa Kd maupun Ks akan dapat bekerja jika Ku aktif lebih duluan selengkapnya sobat bisa menguji rangkaian utama star delta tersebut dengan membuat rangkaian star delta motor listrik 3 fasa pada postingan sebelumnnya.

Demikian pembahasan yang singkat banget tentang rangkaian utama star delta motor listrik 3 fasa. Jika ada pertanyaan silakan isi kolom komentar di bawah ini dan semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *