Pesawat Tanpa Awak (Drone) Inovasi Teknologi Baru Saat Ini

Seiring dengan berkembangnya jaman, berbagai teknologi semakin berkembang. semua teknologi yang diciptakan manusia ini memiliki fungsi yang sangat besar dan sangat memudahkan aktifitas kehidupan manusia. Seperti yang sedang banyak diperbincangkan, terdapat penemuan teknologi baru yang memiliki fungsi memudahkan pekerjaan manusia. Teknologi baru tersebut yaitu pesawat tanpa awak.Pesawat Tanpa Awak

Untuk berbagai keperluan tertentu, pesawat tanpa awak ini memiliki fungsi yang sangat memudahkan manusia dari berbagai bidang. Bahkan penemuan ini menarik banyak sekali perhatian dari public dan dilansir menjadi teknologi terbaru yang multifungsi.

Pesawat tanpa awak atau yang disebut dengan UAV (Unmaned Aerial Vehicle) merupakan sebuah pesawat dengan bentuk ramping dan kecil yang bisa terbang mengudara tanpa dikendarai oleh manusia. Pesawat ini bisa terbang melintasi berbagai negara tanpa adanya awak pesawat yang mengemudikan.

Lantas bagaimana pesawat ini bisa mengudara? UAV bisa mengudara dan melintasi berbagai negara hanya dengan dikendalikan oleh remote control. Control ini berhubungan langsung dengan satelit sehingga bisa dikendalikan secara otomatis oleh awak yang berada di suatu tempat tertentu.

Hal ini jelas mendapat perhatian yang begitu besar dari dunia karena digadang-gadang pesawat ini memiliki fungsi yang sangat besar untuk berbagai bidang, baik itu bidang sipil, militer, ataupun bisa juga untuk bidang ilmu pengetahuan. Dengan keunggulan tersebut, maka penggunaan pesawat tanpa awak ini bisa menghindari adanya korban manusia ketika harus melakukan berbagai hal melewati tempat ataupun areal yang sangat beresiko.

Manfaat Pesawat Tanpa Awak

Karena pesawat tanpa awak bentuknya kecil maka dalam pembuatan pesawat ini juga bisa dibilang cukup ekonomis. Terlepas dari biaya berikut ini merupakan beberapa kegunaan dari UAV yaitu:

  • Untuk bidang militer, pesawat ini bisa digunakan untuk mengintai atau memata-matai musuh, penyerang kamp, patroli perbatasan wilayah dan lain sebagainya.
  • Untuk bidang sipil, bisa digunakan untuk melihat luas lahan secara langsung sehingga perencanaan pembangunan menjadi lebih mudah, untuk keperluan sar, serta masih banyak lagi kegunaan yang berhubungan dengan sipil.
  • Sedangkan untuk bidang pengetahuan yaitu untuk berbagai hal yang bersangkutan dengan penelitian mengenai aerodinamika serta berbagai penerapannya.

Pesawat tanpa awak atau UAV ini memiliki banyak sekali fitur-fitur yang fungsinya untuk memudahkan berbagai hal tersebut. Dilengkapi dengan kamera yang bisa menghasilkan foto serta video yang nantinya data video dan foto yang dihasilkan bisa langsung di transfer dengan cepat melalui satelit kepada awak yang mengendalikan.

Kamera-kamera pelengkap yang ada di pesawat ini dapat memberikan gambaran secara realtime pada suatu area. Dengan data yang bisa diakses secara langsung sehingga awak yang megendalikan bisa menanggapi berbagai hal dengan cepat dan tepat. Selain itu pesawat tanpa awak ini dilengkapi pula dengan berbagai sensor yang memudahkan dalam pengintain serta patroli.

Sensor-sensor yang terdapat pada pesawat ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan penelitan mengenai atmosfir, penelitian kadar polusi udara, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan berbagai penelitian. Walaupun bentuknya yang ramping dan kecil, pesawat ini bisa membawa banyak cukup banyak muatan.

Pesawat ini bisa membawa beban dengan berat hingga ratusan kilogram yang bisa di bawa terbang melintasi berbagai areal. Dengan inovasi teknologi pesawat yang tak memiliki awak atau yang dikenal sebagai Unmaned Aerial Vehicle ini akan menghindari berbagai resiko dari yang melibatkan korban manusia. Selain itu, makin lengkap fitur yang ada di pesawat tanpa awak ini, menjadikannya lebih efektif dan efisien dalam penggunaannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Akhdanazizan.com © 2013-2017 Supported By IDwebhost