Tips Memaksimalkan Pemakaian Daya Listrik

Daya Listrik – daya listrikSebelum membahas seperti judul diatas Mari kita simak dulu ini, Misalkan daya listrik yang terpasang di rumah kita sebesar  900 VA (Volt Ampere), ingat bahwa VA itu bukan Watt. Lalu dengan daya 900 VA tersebut dibatasi lah oleh MCB sebesar 4 Ampere dengan tegangan 220 Volt, tegangan 220 V ini bisa naik bisa turun tergantung banyaknya pemakaian pada jaringan tersebut. Anggaplah tegangannya stabil, Jika di kalikan antara arus dan tegangan di dapatlah daya sebenarnya yang diberikan adalah 880 VA.

Faktor faktor yang membuat pemakaian banyak atau sedikit adalah beban yang dilayani dan waktu yang ditempuh oleh suatu peralatan listrik. Menurut teori kelistrikan bahwa beban listrik mempunyai 3 sifat  yaitu bersifat resistif, kapasitif dan induktif.  Sifat tersebut mencerminkan bendanya yaitu Tahanan untuk sifat resistif, kapasitor untuk sifat kapasitif dan induktor (kumparan) untuk sifat induktif.

Biasanya beban yang mempengaruhi pemakaian listrik adalah peralatan listrik yang mempunyai lilitan atau kumparan misalnya Pompa air, Mesin cuci, Kulkas, AC (air conditioner), Kipas angin, lampu TL  dan beban ini secara umum ada kita jumpai di rumah walaupun jenis kapasitif dan resistif juga ada. Sifat kumparan dari peralatan tersebut dominan menurunkan tegangan  (terjadi drop tegangan) sehingga menurunkan nilai cos phi (faktor daya) yang nilainya kurang dari 1. Jika daya yang diberikan dari PLN adalah 880 VA  yaitu hasil perkalian dari rumus :

P = V x I (220 x 4 = 880 VA )

jika daya listrik telah masuk ke baban tersebut maka akan terjadi perubahan nilai faktor daya (cos φ) yang kurang dari 1 (satu) misalnya 0,6 – 1, anggaplah nilai cos phi 0,8 (di ukur dengan Cos φ Meter).  Jika di masukan dengan rumus daya (daya nyata) P = V x I x Cos φ maka di peroleh

P = 220 x 4 x 0,8 = 704 watt.

704 watt merupakan daya maksimal yang bisa kita gunakan, lebih dari nilai tersebut MCB sebagai pembatas akan Trip (jatuh). Jika pemakaian sehari – hari adalah 700 an watt, maka pemakaian daya tersebut sudah maksimal padahal belum mencapai 880 Watt. Oleh sebab itu di buatlah suatu alat penghemat listrik yang prinsip kerja dari alat tersebut sebenarnya adalah memperbaiki faktor daya suatu beban (memperbaiki nilai Cos φ menjadi 1 ) agar daya listrik yang di batasi oleh PLN dapat secara maksimal kita manfaatkan.

Jika pemakaian sehari hari adalah 704 watt adalah maksimal. Nah dengan di perbaiki faktor dayanya kita bisa memanfaatkan secara maksimal daya dari PLN sebesar 880 VA jadi dengan begitu terjadi selisih sebesar 880 – 704 = ± 176 watt, jika Cos φ di perbaiki maka bisa Hemat Listrik  176 wat, jika tidak di perbaiki maka kerugian daya listrik yang dialami juga 176 watt.

Dengan rincian perhitungan jika Cos φ =  1 maka berdasarkan rumus P = V x I x Cos φ

P = 220 x 4 x 1 = 880 watt

Sedikit kesimpulan dari hitung hitungan diatas adalah silakan perbaiki paktor daya dengan cara memasang atau merencanakan kapasitor bank yang cocok untuk daya listrik yang sobat miliki. Gimana, sudah jelaskan? jika belum jelas silakan kirim Komentar.

Jika tulisan ini bermanfaat buat sobat pembaca mohon untuk di Share

46 Comments