Software Simulasi Rangkaian Kontrol

By : Akhdanazizan

Software Simulasi Rangkaian KontrolKali ini saya mau share aplikasi ni.. buat sobat yang senang berkreasi dengan perencanaan pengontrolan. Aplikasi yang saya maksudkan adalah Software Simulasi Rangkaian Kontrol. Kasi tau gak ya….kasi tau deh, namanya adalah Festo_Fluidsim, software ini yang saya gunakan dan sangat mempermudah pekerjaan saya untuk membuat rangkaian kontrol dan tidak lagi pake oret-oret kertas. Software ini lebih tepat untuk pengontrolan sistem pneumatik tapi bisa juga ko’ untuk perencanaan kontrol kelistrikan.

Jika sobat jalan2 di blog ini sobat akan menemukan contoh implementasi dari Software Simulasi Rangkaian Kontrol ini yang telah saya gunakan.
Jangan kawatir tentang bagaimana cara menjalankan software ini, jika sobat handal dalam merencanakan pengontrolan secara konvensional saya rasa sobat pun tidak akan menemukan kendala menggunakan sofware ini. Berikut ini interface (tampilan) dari software yang dimaksud :

Software Simulasi Rangkaian Kontrol

Gambar di atas sengaja saya kasi angka 1 dan 2 biar mudah saya jelaskan, nah.. untuk angka 1 ini merupakan area dimana seluruh Icon komponen sedangkan angka yang ke 2 merupakan area kerja (lembar project). Untuk menggunakan Software Simulasi Rangkaian Kontrol ini (Festo_Fluidsim) cukup anda tarik pada ares 1 ke area 2 dengan cara klik and drag (klik dan tarik), ya… lalu rencanakan deh pengontolan yang sobat pikirkan, jika sobat ingin mencoba apakah pekerjaan sobat sesuai atau tidak sobat bisa klik badian play pada angka 3 diatas.

Oke sobat saya rasa cukup penjelasannya semoga bermanfaat.  jika  sobat pengen software tersebut berikut ini saya kasi link downloadSoftware Simulasi Rangkaian Kontrol nya. tambahan ada puil 200 juga disana.

 di sini http://www.4shared.com/zip/yy8K5ioB/festo_fluidsim_full_version.html

Ini salah satu contoh penggunaan software ini silakan cek :
Rangkaian Kontrol Motor Listrik Forward – Reverse

Jika tulisan ini bermanfaat buat sobat pembaca mohon untuk di Share

11 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *