Cara Setting Thermal Overload Relay

(Last Updated On: 1 Juli 2017)

Cara setting thermal overload relay merupakan tulisan saya selanjutnya setelah pembahasan yang serupa waktu lalu. Kalau sobat belum membacanya silakan dicek cara pemasangan thermal overload relay dan cara kerja thermal overload relay tersebut. Sebenarnya gampang banget cara setting thermal overload relay tersebut kalau tulisan yang sangat singkat ini dapat sobat pahami dan dipraktekkan. Untuk lebih memperjelas pemahaman mungkin rumus singkat berikut ini dapat membantu.

setting thermal overload relay

Cara setting thermal overload relay identik dengan rumus diatas setting trip overload. Rentang trip current dalam persen tersebut saya ambil dari data overload Mitsubishi jadi tidak ngarang – ngarang.  Ada yang membahas trip current 125% namun saya cari diPUIL 2000 tidak ketemu, sehingga saya ketemu dari mitsubishi. Sebagai contoh pada name plate motor listrik 3 fasa dengan daya sebesar 3 HP dengan tegangan sumber 380 Volt pada hubungan Bintang (Y). Untuk arus nominalnya biasanya sudah terdapat pada name platenya jadi silakan di lanjutkan hitungannya dengan rumus diatas.

Pertanyaanya bagaimana jika name plate sudah tidak ada sehingga pengenal motor listriknya otomatis tidak kita ketahui?. Untuk mengatasi hal tersebut bisa kita ukur dengan tang ampere disitu akan terlihat berapa arus listriknya.  Dengan mengukur arus motor listrik untuk menghitung berapa setting thermal overload relay pada trip overload ini yang lebih mudah dilakukan. Namun terkadang bingung menentukan berapa sih arus yang akan kita ambil sebagai patokan karena kalau di ukur setiap fasa dari 3 fasa kadang beda beda.

Menghitung Setting Trip Overload relay

Kalau dengan hitungan cara setting thermal overload relay berikut, mungkin bisa membantu misalnya kita tidak menghiraukan berapa nilai arusnya pada name plate. Yang harus kita perhatikan adalah dua point yaitu daya dalam KW (kilowatt) maupun HP (Horse power) dan tegangannya dalam Volt. Untuk arusnya kita cari saja arus nominalnya dengan rumus turunan daya semu 3 fasa yaitu. Kembali ke contoh misalnya diketahui daya motor 3 HP atau 2238 Watt dengan tegangan kerja 380 Volt sesuai dengan tegangan PLN.

setting thermal overload relay

1. setting thermal overload relayJadi Arus motor = 3,4.. Ampere, kemudian berapakah nilai setting trip yang akan kita atur pada overload ? jawabannya adalah, setting trip overload = 3,4 x 120 % maka  4,1 Ampere adalah arus yang dapat kita atur pada setting trip everload. Jadi silakan cari thermal overload sesuai spesifikasi yang kita harapkan. Bagaimana cara setting thermal overload relay silakan lihat gambar diatas dan atur trip overload dengan menggunakan obeng sesuai hitungan sobat.

Namun sekali lagi jika untuk cara setting thermal overload Relay saya sarankan tetap memperhatikan arus nominal yang ada pada name plate motor tersebut. Semoga coretan yang singkat ini bermanfaat.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *