Sakelar Otomatis untuk Instalasi Listrik Lampu

(Last Updated On: 21 Oktober 2017)

By : Akhdanazizan

Sakelar otomatis : Apakah anda pernah melihat rumah tetangga anda, jika di waktu tertentu lampu teras atau lampu taman tiba tiba nyala padahal tidak ada orangnya, misalnya pada jam tertentu atau dalam kondisi cuaca tertentu ?. Hal tersebut sebenarnya sederhana saja, kemungkinan2 yang digunakan pada sistem instalasi listriknya adalah menggunakan sakelar otomatis. Sakelar otomatis yang digunakan untuk melayani lampu (apakan lampu taman, lampu teras dan sebagainya) banyak sekali di jumpai di pasaran. Contoh Sakelar otomatis tersebut bisa saja Photocell, TIMER ( sakelar Pewaktu) atau malah menggunakan sistem rangkaian terintergrasi dengan kontrol jarak jauh melalui HP (Handphone/mobilephone) misalnya, dan lain lain.

Nah dari pernyataan diatas timbul satu ide untuk membahas hal tersebut. Tapi saya akan membatasi hanya 2 aja dari 3 sakelar otomatis tersebut yaitu Photocell dan TIMER. Kenapa harus Photocell dan TIMER ?, saya rasa Photocell dan TIMER  mudah untuk di jelaskan dan mudah untuk di terapkan. Baiklah mari kita mulai :

1. Sakelar Otomatis Dengan Photocell

sakelar otomatis PhotocellPhotocell merupakan sakelar otomatis yang prinsip kerjanya berdasarkan sensor cahaya. Bagaimana prinsip kerjanya terhadap beban (Lampu) yang dilayaninya?. Jika cahaya mengenai / kontak body Photocell maka resistor (Light Dependent Resistor) sebagai komponen utamanya secara otomatis akan memperbesar nilai resistansi, sehingga arus listrik yang mengalir pada resistor akan terhambat hal ini mengakibatkan lampu sebagai beban akhirnya akan padam. Nah yang ini sobat aja deh yang kasi kesimpulan apakah ini di sebut keuntungan atau kelemahan sebab “Jika pada kondisi tertentu telah tercapai maka lampu akan menyala meskipun jam belum menuntukan waktu malam misalnya cuaca mendung atau hujan lebat”. Namanya aja sakelar dengan sensor cahaya pasti cahaya yang mempengaruhinya. Untuk Cara pemasangan Photocell ini tentu mudah sekali, bisa di lihat dari gambar berikut :

Cara pemasangan Photocell

Biasanya yang agak susah yaitu tempat peletakan Photocell tersebut, kalau bisa tempatnya harus pas yang pasti terlindung dari air hujan selanjutnya jangan diletakkan pada tempat yang gelap dan jangan pula ditempatkan pada tempat yang terang. Jika kita perkirakan lampu akan menyala sekitar jam 18.00 maka letakkan lah pada tempat yang sesuai, jika tidak bisa memasangnya silakan sobat minta tolong Instalatir mereka tau biasanya.

2. Sakelar Otomatis Dengan TIMER

sakelar otomatis TimerJika yang pertama diatas adalah Photocell yang bekerja dengan pengaruh cahaya maka yang kedua ini akan dibahas tentang Timer yang merupakan sakelar otomatis dengan prinsip kerja berdasarkan waktu tertentu. Yang pasti kita yang nentuin sendiri kapan beban lampu nyala atau padam. Jika kita menginginkan lampu akan menyala jam 18.00 dan padam jam 05.30 padam dan tidak tergantung pada kondisi cuaca (apakah cuaca sedang cerah atau mendung), tinggal atur aja sendiri, sebenarnya bukan hanya beban lampu aja yang bisa dilayani, banyak deh yang penting lihat aja kemampuan arus yang dilayaninya. Sedangkan Untuk cara pemasangan Timer lihat gambar berikut atau untuk lebih jelas baca Manualnya biasanya di siapkan.

cara pemasangan Timer

Untuk cara mengatur waktunya silakan cocokan dengan waktu di tempat sobat sebagai acuannya sehingga jam yang ada pada timer sesuai dengan jam yang sesuangguhnya, nah untuk mengatur jamnya silakan baca juga manualnya, biar jelas. Kalau tidak bisa silakan minta bantu deh sama instalatir biar tidak kawatir salah. Saya rasa cukup penjelasan singkat tentang sakelar otomatis mudah-mudahan bermanfaat dan dapat di terapkan. Saya tunggu komentarnya.

silakan cek Posting : cara setting timer listrik (theben)

45 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *