Rumus Daya Listrik Arus Bolak Balik (AC)

Diposting pada

(Rumus Daya Listrik – Daya listrik pada listrik arus bolak balik (AC) terdiri dari 3 jenis daya listrik yaitu Daya Semu, Daya Aktif dan Daya Reaktif. Ketiga daya tersebut tentunya mempunyai satuan daya yang berbeda. Untuk daya semu misalkan satuanya adalah VA (Volt Ampere), Daya Aktif dengan satuan Watt, sedangkan daya reaktif satuanya adalah VAR (Volt Ampere Reaktif).

Berkaitan dengan satuan ketiga daya listrik tersebut yang berbeda satu sama lain maka rumus daya listrik yang jika kita hitung tentu menggunakan rumus yang berbeda pula. Agar lebih terarah maka rumus daya listrik AC saya bagi menjadi daya listrik 1 phase dan daya listrik 3 phase:

Rumus Daya Listrik 1 Phase

Rumus daya listrik 1 phase agak sedikit berbeda dengan daya listrik 3 phase, perbedaan ini hanya terletak pada penambahan Akar Tiga pada daya listrik 3 phase. Rumus daya tersebut berdasarkan paragrap pertama diatas antara lain ;

Rumus daya listrik

Rumus Daya Listrik 3 Phase

Perbedaan antara rumus daya listrik 1 phase dan daya listrik 3 phase hanya penambahan akar tiga saja. Penambahan akar tiga tersebut yang pasti bukan wewenang saya šŸ™‚ melainkan tercipta dari sistem pembangkit listrik generator dan tidak kita bahas disini. Lalu bagimana rumus daya listrik tersebut silakan lihat berikut ini :

Rumus Daya Listrik 3 PhaseYang mana :
S = Daya Semu
P = Daya Aktif
Q = Daya Reaktif
V = Tegangan (Volt)
I = Arus Listrik (Ampere)
āˆš3 = 1,73

Bagaimana teman-teman ada gambaran bagaimana cara menghitung daya listrik baik untuk 1 phase maupun 3 phase ?. Mudah mudahan rumus daya listrik diatas dapat sobat terapkan pada peralatan listrik yang ada di lingkungan teman-teman baik sistem 1 phase maupun 3 phase.

Pertanyaan saya untuk teman teman, apakah satuan untuk daya yang di berikan PLN pada KWH meter di rumah kita ?. Bagi yang membaca pasti sudah tau jawabannya yaitu VA (Volt Ampere) sebab PLN hanya memberikan suplay tegangan dan arus saja pada konsumen nya.

Baca juga :  Pengertian Power Inverter, Fungsi Dan Contoh Pemasangannya

Agar daya listrik yang di berikan dapat di manfaatkan dengan baik maka konsumsi beban harus diperhatikan oleh konsumen. Karena biasanya kebanyakan beban memiliki faktor daya yang kurang baik sehingga boros dalam pemakaian arus.Ā  Untuk mengetahui masalah ini teman teman perlu membaca artikel yang ini : Tips memaksimalkan pemakaian daya listrik

Dengan demikian maka rumus untuk mengetahui berapa daya yang di berikan cukup menggunakan rumus daya semu.Ā Semoga yang sangat singkat ini bermanfaat bagi teman teman yang membutuhkan. Sekian dulu pembahasan tentang Rumus Daya Listrik Arus Bolak Balik (AC). Jangan lupa baca juga posting posting yang lainnya dblog ini.

12 komentar.

  1. Ijin bertanya gan
    jika total beban 1 phase 400.000 watt mau saya konversi jadi 3 phase gimana caranya gan?
    terima kasih sebelumnya

  2. Saya mau ambil judul pkl tentang Tinjauan beban daya generator yg dibutuhkan untuk keperluan listrik diatas kapal tugboat.
    Kira2 data apa ajasih yg diperlukan untuk menghitung beban daya.
    Mohon bimbingannya

    1. Menurut saya ketika kita ingin menyediakan sumber listrik misalnya genset atau generator maka yang harus diketahui adalah umlah keseluruhan beban baik beban tenaga maupun beban penerangan.
      1. jika beban penerangan maka hitung seluruh beban penerangan (lampu)
      2. Jika beban tenaga misalnya motor listrik (beban induktif) hitung seluruh daya yang dibutuhkan motor listrik termasuk faktor daya motor tersebut baik motor 1 fasa maupun 3 fasa.
      3. Hitung beban yang berifat resistif (misalnya beban pemanas)
      Kemudian kalkulasikan seluruh beban untuk menentukan besarnya daya genset/generator yang dibutuhkan dan daya yang disiapkan harus lebih besar dari daya yang dibutuhkan setidaknya dikalikan 2, misalnya daya yang di butuhkan 1000 VA x 2 = 2000 VA.
      Demikian dari saya, silakan cari lagi referensi lain yang lebih akurat…..

  3. mau tanya om, kalau utk mencari daya aktif di 3 fasa itu misalkan saya ukur arus di R = 5A, lantas saya pakai tegangan R-N atau R-S atau T-R?
    kalau R-N 220v
    R-S 380v
    T-R 380v

    1. Silakan gunakan tegangan antar fasa (380V), untuk menghitungnya gunakan rumus 3 fasa. Sebagai perbandingan, jika ingin menggunakan tegangan fasa-netral (220V) maka arus yang 5 ampere tadi kali 3 terlebih dahulu yaitu 15 ampere selanjutnya untuk menghitungnya gunakan rumus 1 fasa, untuk hasilnya kurang lebih kok. Demikian semoga membantu.

    1. Untuk lebih jelasnya silakan di lihat berapa besar Ampere MCCB pada Kwh meter PLN atau jika itu genset silakan lihat name plate berapa besar arusnya baru bisa menentukan berapa KVA daya yang tersedia. jika berpatokan pada data diatas dengan besar arus yang berbeda yang sudah terbebani pula maka susah, Lalu arus yang mana yang akan kita pakai ??. Anggap saja saya menghitung dengan Arus R (831 Ampere) maka daya untuk fasa R dapat di cari dengan rumus :
      P = VxIxakar3 atau sama dengan P = 380 x 831 x 1,73 = 546.299 VA (546KVA), silakan cari fasa yang lain menggunakan rumus ini…

      Demikian semoga membantu…. šŸ™‚

  4. saya ingin tanya untuk rumus menghitung arus AC apa y?
    apabila yg diketahui hanya tegangan dan tahanan saja..
    apakah sama dengan menggunakan rumus hukum ohm?

    terima kasih

    1. Saya kurang tau juga tu kalau peralatan Listrik AC tertera pada bodinya tahanan sekian ,,,, gitu yang ada hanya watt, I (ampere), teganagan, HP (horse power),cos phi dan lain lain.
      Namun jika ada pada prinsipnya dengan hukum Ohm juga bisa di gunakan untuk menghitungnya,,,, karena hukum ohm adalah hukum dasar bidang kelistrikan baik AC maupun DC…
      šŸ™‚ demikian,,,,

    1. Kalau menurut pendapat saya silakan konsultasikan dengan instalatir yang sobat kenal biar dibantu sebab daya yang besar butuh perencanaan dan hitungan yang tepat, lagian spesifikasi mesinnya kan belum di ketahui sepenuhnya sehingga susah bagi saya untuk ngasi saran yang tepat. demikian mohon maaf kalau jawabannya tidak memuaskan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *