Rumus Daya Listrik Arus Bolak Balik (AC)

(Rumus Daya Listrik – Daya listrik pada listrik arus bolak balik (AC) terdiri dari 3 jenis daya listrik yaitu Daya Semu, Daya Aktif dan Daya Reaktif. Ketiga daya tersebut tentunya mempunyai satuan daya yang berbeda. Untuk daya semu misalkan satuanya adalah VA (Volt Ampere), Daya Aktif dengan satuan Watt, sedangkan daya reaktif satuanya adalah VAR (Volt Ampere Reaktif).

Berkaitan dengan satuan ketiga daya listrik tersebut yang berbeda satu sama lain maka rumus daya listrik yang jika kita hitung tentu menggunakan rumus yang berbeda pula. Agar lebih terarah maka rumus daya listrik AC saya bagi menjadi daya listrik 1 phase dan daya listrik 3 phase:

Rumus Daya Listrik 1 Phase

Rumus daya listrik 1 phase agak sedikit berbeda dengan daya listrik 3 phase, perbedaan ini hanya terletak pada penambahan Akar Tiga pada daya listrik 3 phase. Rumus daya tersebut berdasarkan paragrap pertama diatas antara lain ;

Rumus daya listrik

Rumus Daya Listrik 3 Phase

Perbedaan antara rumus daya listrik 1 phase dan daya listrik 3 phase hanya penambahan akar tiga saja. Penambahan akar tiga tersebut yang pasti bukan wewenang saya 🙂 melainkan tercipta dari sistem pembangkit listrik generator dan tidak kita bahas disini. Lalu bagimana rumus daya listrik tersebut silakan lihat berikut ini :

Rumus Daya Listrik 3 PhaseYang mana :
S = Daya Semu
P = Daya Aktif
Q = Daya Reaktif
V = Tegangan (Volt)
I = Arus Listrik (Ampere)
√3 = 1,73

Bagaimana teman-teman ada gambaran bagaimana cara menghitung daya listrik baik untuk 1 phase maupun 3 phase ?. Mudah mudahan rumus daya listrik diatas dapat sobat terapkan pada peralatan listrik yang ada di lingkungan teman-teman baik sistem 1 phase maupun 3 phase.

Pertanyaan saya untuk teman teman, apakah satuan untuk daya yang di berikan PLN pada KWH meter di rumah kita ?. Bagi yang membaca pasti sudah tau jawabannya yaitu VA (Volt Ampere) sebab PLN hanya memberikan suplay tegangan dan arus saja pada konsumen nya.

Baca juga :  Keluaran Listrik 3 Phase Dari Generator

Agar daya listrik yang di berikan dapat di manfaatkan dengan baik maka konsumsi beban harus diperhatikan oleh konsumen. Karena biasanya kebanyakan beban memiliki faktor daya yang kurang baik sehingga boros dalam pemakaian arus.  Untuk mengetahui masalah ini teman teman perlu membaca artikel yang ini : Tips memaksimalkan pemakaian daya listrik

Dengan demikian maka rumus untuk mengetahui berapa daya yang di berikan cukup menggunakan rumus daya semu. Semoga yang sangat singkat ini bermanfaat bagi teman teman yang membutuhkan. Sekian dulu pembahasan tentang Rumus Daya Listrik Arus Bolak Balik (AC). Jangan lupa baca juga posting posting yang lainnya dblog ini.

7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali