X

Rangkaian Star Delta Motor Listrik 3 Fasa

Rangkaian Star Delta motor listrik adalah posting selanjutnya setelah beberapa waktu yang lalu saya telah membahas tentang “gambar hubungan star delta motor listrik 3 fasa“ rasanya tidak sah kalau tidak mengaplikasikannya dan membuat rangkaian kontrolnya.

Berbicara tentang rangkaian star delta motor listrik, apakah semua motor listrik 3 fasa harus di jalankan sesuai judul posting kita kali ini ?. Ternyata tidak, namun yang sangat menentukan apakah motor listrik yang kita miliki akan di pasang dengan rangkaian star delta atau star saja atau delta saja adalah berkaitan dengan sumber listrik yang tersedia dan keterangan (Name Plate) yang dimiliki oleh motor listrik tersebut.

Sebenarnya apa sih tujuan dari rangkaian star delta pada motor listrik 3 fasa ? tidak lain adalah untuk mengurangi nilai arus start yang besarnya sekitar 2 – 5 kali arus nominal motor listrik.  Berikut ini saya beri gambaran dari beberapa name plate motor listrik 3 fasa pada tabel dibawah ini.

Angka pada name plate motor listrik merupakan penjelasan tentang tegangan kerja kumparan motor jika motor tersebut dihubungkan star atau delta . oya lupa perlu diingat bahwa besar tegangan 3 fasa di indonesia adalah sebesar 380 Volt, sehingga harus kita sesuaikan dengan name plate motor.

Untuk Name Plate No 1. Motor listrik tidak bisa dijalankan dengan sistem rangkaian star delta kenapa ? karena tegangan PLN dengan tegangan motor adalah pada hubungan star (Bintang) saja. Semetara jika di hubungkan dengan sistem delta kemungkinan motor akan terbakar karena jika di hubungkan dengan tegangan PLN sebesar 380 V otomatis kumparan motor tidak akan bertahan lama.

Untuk Name Plate motor No 2 dan 3 motor listrik bisa dijalankan dengan sistem rangkaian star delta malah dianjurkan kenapa, karena tegangan kumparan sebesar 660 V, 690 V jika diberikan input tegangan sebesar 380 V maka motor listrik akan menarik arus menjadi kecil, karena menyesuaikan dengan daya pada motor tersebut.  saya cukup pendahuluannya sekarang lihat pada gambar berikut ini.

Prinsip Kerja Rangkaian Star Delta

Pada gambar rangkaian star delta berikut ini saya buat 2 kondisi yaitu pada kondisi star dan kondisi delta dengan tujuan biar jelas bagaimana prinsip kerja rangkaian star delta nya. Prinsip kerja Rangkaian star delta sederhana sekali yaitu Ketika tombol start di tekan sesaat maka kondisi star akan aktif, sesaat kemudian kondisi star akan mati bergantian dengan kondisi delta yang akan menyala. Perpindahan antara kondisi star ke delta di atur waktunya secara otomatis oleh timer, yaaa sekitar 3 detik gitu. Sedangkan tombol stop berfungsi untuk memutus aliran listrik keseluruh rangkaian.


Untuk gambar hubungan star delta pada kumparan motor listriknya silakan cek posting terdahulu pada gambar hubungan star delta motor listrik 3 fasa, semoga tulisan yang singkat ini tentang Rangkaian Star Delta Motor Listrik bermanfaat bagi sobat pengunjung, sampai jumpa pada posting selanjutnya.

Categories: Kontrol
Tags: Rangkaian star delta

View Comments (20)

  • Tanya Gan, kalau timer nya rusak, sehingga hanya KU yang ON sedangkan KS dan KD tidak ON apa yang akan terjadi dengan motor ?
    Motor muter apa kagak?
    terus motornya bisa rusak gak ya..?

    tx Gan.

    • silakan ganti timernya, sementara belum diganti gak masalah jika hanya KU saja yang nyala, pengaruh terhadap motor listrik tidak ada dan tidak akan rusak cuma motor tidak jalan dan pada kumparan terdapat tegangan jadi hati hati aja terhadap tegangan sentuh ntar nyetrum, saran saya matikan aja sumbernya sambil menunggu timer yang baru....demikian

  • Gan saya mau tanya .. pada tegangan Y 660 dan delta 380.. gimana caranya mengubah tegangan yang dari tegangan Y 660 ke delta 380 ya?..masih bingungg

    • Tegangan tersebut merupakan tegangan pengenal pada motor listrik tidak usah di ubah, motor tersebut hanya bisa dijalankan dengan hubungan delta 380V karena tegangannya sama dengan tegangan line 380V (tegangan PLN). kalaupun mau dihubungkan bintang itu hanya untuk mengurangi arus start, bukan untuk di jalankan secara terus menerus. untuk rangkaian utamanya nanti akan saya posting insyaallah,, demikian

    • Untuk yang otomatis perubahan dari star ke delta bukan membuat motor menjadi pelan namun membuat motor menjadi bertenaga karena arus dapat mensuplay motor dengan arus maksimal, namun jika terjadi masalah saat perubahan dari star ke delta saran saya ganti kontaktor deltanya. pengalaman saya, saya ganti dengan kontaktor mitsubishi. demikian semoga membantu...

  • Gan mau nanya, kami punya motor 75 kw untuk pompaa multi stage, namun saat di running dalam hitungan detik (sesuai timer) langsung trip. Mohon solusinya.

    • Biasanya itu terjadi karena perubahan dari bintang (membuka=kontaktor Off) ke delta (menutup=kontaktor On) terlalu rapat waktunya, dan ini pernah saya alami sendiri. sempat pusing si karena rangkaian kontrol sudah benar dan teruji dengan komputer. solusi yang saya dapat yaitu dengan membedakan merek kontaktor star dan deltanya kalau bisa untuk kontaktor star bisa menggunakan merek Mitsubishi, analisa saya mitsubishi pegasnya agak keras di banding yang lain, jika suplay listrik hilang dari coil maka spontan pegas bekerja. demikian semoga membantu :-)

  • Yth. Pak Abu Akhdan, pada rangkaian star-delta pastinya menggunakan 3 bh kontactor (kontaktor utama, kontaktor star dan kontaktor delta) dan tentunya 1 bh timer. Jika kontaktor star rusak atau tidak dapat terkontak, sedangakan timer tetap dapt berfungsi dgn baik. Jadi maksudnya pada saat motor start hanya kontaktor main dan kontaktor delta yg berfungsi, dalam kondisi apa pengaruhnya terhadapa motor listriknya?
    Dan apabila kontaktor delta yang rusak, tetapi kontaktor deltanya berfungsi dengan baik. Apa pengaruhnya terhadap motor listriknya.

    • Kalau yang rusak adalah kontaktor star maka pengaruhnya terhadap motor secara kelistrikan tidak masalah hanya saja ketika langsung pada hubungan delta maka motor bekerja dengan arus maksimum hubungan delta dikali dengan arus starting yang besarnya lebih besar dari 1. Jadi harus diperhitungkan besar MCB untuk melayani motor tersebut.
      Namun jika yang rusak adalah kontaktor delta, maka tenaga motor jadi tidak kuat pada hubungan star saja apalagi jika motor 3 fasa digunakan untuk beban yang berat misalnya mesin gergaji pada pemotongan kayu, jika bebanya bertambah berat malah motornya jadi berhenti berputar. jika berlangsung lama kemungkinan berdampak pada motor. Ini disebabkan pada hubungan star motor hanya memerlukan arus starting kecil saat mula jalan.
      Demikian semoga membantu, maaf baru ditanggapi,,semoga bermanfaat.