Rangkaian motor dahlander 2 kecepatan

Rangkaian Motor Dahlander : Berbeda dengan motor induksi lainnya, motor dahlander ketika ingin di jalankan atau di operasikan telah di tentukan berapa besar tegangan yang masuk ke motor. Apakah hal ini kebetulan saya juga tidak pasti, kalau salah mohon dimaafkan. Karena saya jumpai di sekolah dan di kampus sama yaitu 380 volt, tegangan yang bisa masuk ke motor dahlander tersebut.

Agar tidak membingungkan maka motor yang akan saya jelaskan bagaimana cara menjalankannya dan bagaimana model rangkaian motor dahlander berdasarkan apa yang kami miliki seperti gambar dan data berikut ini.

kumparan motor dahlander

Dari gambar tersebut maka motor dahlandar dapat di jalankan dengan mode dua kecepatan yaitu kecepatan lambat dan kecepatan cepat. Namun dengan merubah koneksi terminal pada kumparannya.  Untuk lebih jelas maka berikut ini adalah data name plate yang saya ambil langsung dari motor dahlander yang kami miliki sebagai berikut :

nameplate motor dahlander

Silakan Juga Di Baca : Motor Dahlander Dengan Dua Kecepatan

Name plat tersebut menjelaskan bahwa tegangan kumparan motor adalah tegangan sebesar 380 volt dan sama dengan besar tegangan dari PLN untuk jaringan 3 fasa. Sama saja apakah motor dahlander tersebut mau dihubungkan bintang-bintang (YY) atau Delta (Δ) maka tegangan yang masuk tetap 380 Volt.

Dari nameplat tersebut juga terlihat jika di hubungkan  YY maka putaran rotor sebesar 2820 rpm dan delta 1400 rpm. Atau hubungan YY lebih cepat di banding hubungan Delta. Bagaimana hubungan terminalnya dapat di lihat melalui gambar berikut ini :

hubungan cepat lambat motor dahlander

Setelah informasi mengenai motor dahlander sudah di ketahui maka selanjutnya masi saya jelaskan bagaimana cara menjalankannya berikut contoh rangkaian motor dahlander yang bisa diterapkan.

Rangkaian Motor Dahlander 2 Kecepatan (Lambat – Cepat)

Rangkaian motor dahlander yang akan saya paparkan ini saya rencanakan dengan cara manual untuk perubahan dari lambat kecepat atau sebaliknya. Kalau saja ingin dirancang dengan sistem otomatis cukup menambah timer aja. Mungkin untuk posting saya selanjutnya barangkali….

Perlu di ingat kembali bahwa rangkaian motor dahlander ini merujuk atau berdasarkan gambar dan data diatas agar tidak salah nantinya. Berikut gambar rangkaian kontrolnya.

rangkaian motor dahlander

Komponen Utama Yang Di Butuhkan

  1. Kontaktor K1 dilengkapi dengan 1 NO dan 1 NC
  2. Kontaktor K2 dilengkapi dengan 1 NO dan 1 NC
  3. Kontaktor K3 dilengkapi dengan 1 NC
  4. 2 buah Thermal Overload
  5. 1 Tombol Tekan dengan fungsi OFF
  6. 2 Tombol Tekan dengan fungsi ON masing masing memiliki kontak NO dan NC
  7. 3 buah lampu indikator (Pilot Lamp)

Prinsip Kerja Rangkaian Motor Dahlander 2 Kecepatan

Silakan di lihat gambar di atas,  ketika kita ingin menjalankan motor dahlander untuk Kecepatan Lambat maka tombol push button yang ditekan adalah tombol ON_1. Pada Kondisi ini kumparan motor dahlander terhubung delta yang di tandai dengan aktifnya kontaktor K1. Silakan lihat gambar dibawah ini:

rangkaian motor dahlander

Sementara ketika kita ingin menjalakan motor dahlander dengan Kecepatan Cepat maka tombol push button yang ditekan adalah tombol ON_2.  Pada waktu yang bersamaan akan memutuskan hubungan kelistrikan pada kontaktor K1. Pada kondisi ini kumparan motor dahlander terhubung bitang-bintang (YY), yang ditandai dengan aktifnya kontaktor K2 dan K3 sekaligus. Silakan lihat gambar berikut :

rangkaian motor dahlander

Bagaimana jika suatu saat sengaja atau tidak sengaja menekan tombol push button ON_1 dan ON_2 secara bersamaan apakah tidak terjadi korsleting pada kontaktor ? Jawabannya tidak. Karena rangkaian kontrol tersebut di rancang saling mengunci jika hal tersebut dilakukan secara sengaja atau tidak.

Namun jika yang kita lakukan adalah dalam rangka merubah kecepatan (dari Lambat ke Cepat atau dari Cepat ke Lambat) maka bisa menekan salah satu dari tombol ON _1 atau ON_2  secara bergantian tidak masalah.

Jika suatu saat terjadi beban lebih maka rangkaian motor dahlander diatas juga di rancang untuk memutuskan rangkaian secara otomatis jika terdeteksi adanya arus lebih. Demikian agar motor dahlander tetap aman dari panas sehingga terhindar dari terbakarnya kumparan motor. Berikut gambar ilustrasinya:

rangkaian motor dahlander

Sebagai pelengkap rangkaian motor dahlander diatas maka berikut juga saya sertakan rangkaian daya motor dahlander agar bisa diterapkan dilingkungan agan agan semua.

rangkaian daya motor dahlander

 

Demikian pemabahasan tentang rangkaian motor dahlander 2 kecepatan semoga yang singkat ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat di terapkan ditempat kerjanya. Jika ada yang Ingin di diskusikan silakan tinggalkan jejak dengan mengisi form pada kolom komentar di bawah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *