Pengalaman Yang Memusingkan Ketika Merakit Panel Star Delta

(Last Updated On: 9 Maret 2017)

Mungkin tulisan saya kali ini cocok saya kasih judul seperti judul diatas. Bagaimana tidak, pada awalnya rangkaian kontrol yang sama telah saya praktekkan dengan aman kala itu dan bekerja sesuai harapan. Eh ternyata setelah saya rakit ke dalam panel star delta malah tidak berhasil dan bebarap kali di analisa rangkaian dayanya dan wiring diagram benar, namun beberapa kali di coba sebanyak itu pula MCB 3 fasa jatuh akibat konsleting.

Rangkaian Panel Star Delta

Perlu diketahui agan bahwa rangkaian panel star delta yang saya buat bekerjanya secara otomatis dengan bantuan time delay relay (timer) dan ini merupakan wiring diagram dari rangkaian kontrol star delta tersebut.

Panel Star Delta

Rangkaian panel star delta tersebut saya buat dengan software aplikasi Pneumatik. Dan yang namanya software selalu bekerja dengan sangat idel sekali. Misalnya jika 1 + 1 sama dengan 2 maka pada prakteknya kadang sama sesuai yang kita harapkan kadang malah tidak sesuai 1+1 sama dengan 1 koma sekian sekian… Alias tidak pas dan ini yang sempat membuat saya pusing.

Kalau gambar diatas disimulasikan dengan aplikasi ya pastilah benar dan saya yakin dengan seyakin yakinnya bahwa gambar rangkaian panel star delta tersebut dapat saya aplikasikan dengan benda aslinya. Ternyata kualitas yang kaitannya dengan keakuratan suatu barang sangat mentukan berhasil tidaknya rangkaian.

Kendala yang saya hadapi yaitu ketika perubahan dari Star ke Delta. Jika yang di uji hanya rangkaian kontrol maka rangkaian dapat bekerja dengan baik sepertinya tidak ada yang bermasalah. Namun ketika langsung saya masukan sumber 3 fasa untuk menjalankan motor listrik 3 fasa apa yang terjadi malah MCB utama jeklek dan jatuh dengan terjun bebas.. wk wk.

Nah analisa saya, bahwa ketika perubahan dari star ke delta kontaktor pada hubungan star agak lambat membuka dibanding kontaktor delta yang cepat menutup. Sehingga rangkaian daya menjadi shot yang menyebabkan MCB jatuh.

Apa yang saya lakukan ternyata berhasil

Hal yang saya lakukan ketika itu adalah dengan mengganti kontaktor pembintang (star) agar memilih kontaktor yang lebih spontan dalam hal mumutus kontak. Dan ternyata 2 panel berhasil dan 2 lagi tidak berhasil (kebetulan membuat 4 panel).

Untung yang punya toko mau barangnya di tukar sehingga kami memilih kontaktor yang lain lagi mereknya dan ternyata semuanya berhasil. Untuk agan yang pernah mengalami seperti saya ini mudah mudahan dapat diatasi dengan metode yang saya lakukan yaitu mengganti kontaktor starnya.

Atau bisa juga dengan mempraktekkan rangkaian kontrol panel star delta yang saya buat dibawah ini dengan menambah sebuah timer lagi. Sehingga menjadi dua biar lebih aman dan tanpa gonta ganti kontaktor. Namun terus terang belum saya praktekkan dengan benda aslinya tetapi saya yakin sesuai harapan. Untuk waktu perubahan dari star ke delta silakan seting timer sesuai kebutuhan.

Panel Star Delta

Demikian pemaparan pengalaman yang memusingkan ketika merakit panel star delta

Silakan isi kolom komentar jika ada yang ingin di diskusikan….

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *