Merakit Rangkaian Pembalik Putaran Motor 1 Fasa Dengan Mudah

Merakit rangkaian pembalik putaran motor 1 fasa : lanjut lagi ni sob,,, mudah mudahan tulisan saya kali ini sebagai pelengkap dari posting saya yang serupa dengan judul tulisan ini. Jadi untuk sobat pengunjung yang belum ketemu dengan artikel saya yang lalu silakan di baca dulu.

Membalik putaran motor listrik 1 fasa, apakah bisa ?

Rangkaian pembalik putaran motor listrik 1 fasa

Sekarang mari saya lanjutkan bagaimana cara merakit rangkaian pembalik putaran motor 1 fasanya. Untuk diketahui bahwa cara berikut ini berlaku untuk motor 1 fasa, yaitu motor kapasitor dan motor sentrifugal atau gabungan keduanya.

Seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya motor listrik 1 fasa telah dirancang dengan 1 arah putaran saja. Contoh contoh dari motor listrik 1 fasa yang sering kita jumpai adalah pompa air, kompressor angin 1 fasa, kipas aingin, AC (Pendingin udara) dan banyak lagi yang lainnya

Jika motor listrik 1 fasa ingin di pakai dengan dua arah putaran maka motor tersebut haruslah di modifikasi sedikit. Yaitu dengan membongkar kumparan motor sehingga dapat dikeluarkan 4 (empat) kabel dari kumparan utama dan kumparan bantu yang masing masing 2 ujung kumparan.

Agar tulisan saya ini tidak hanya sekedar tulisan semata maka sebelum memulai mengetik saya telah bereksperimen dengan motor listrik 1 fasa yaitu motor pompa air yang masih baru yang telah saya bongkar.

Dan Uji coba yang saya lakukan untuk membalik putaran motor 1 fasa berhasil dengan sempurna jadi silakan sobat ikuti alur alurnya biar bisa sobat lakukan selanjutnya.

Hal hal yang saya lakukan untuk mengeluarkan ujung ujung kumparan dan juga bisa sobat lakukan seperti berikut ini :

Merakit Rangkaian Pembalik Putaran Motor 1 Fasa

Untuk membuka body motor listrik maka silakan siapkan peralatan seperti kunci ring atau kunci pas dan obeng plus atau obeng min.

Lakukan pembongkaran dengan hati hati agar tidak putus karena daya motor kecil biasanya kumparan motor tersebut juga kecil lain halnya jika daya motor besar.

Merakit Rangkaian Pembalik Putaran Motor 1 Fasa

Setelah pembongkarn selesai dilakukan maka temukanlah kumparan utama maupun kumparan bantu, dengan ciri  cirinya yang berbeda. Untuk kumparan utama terlihat lebih besar dibanding kumparan bantu dan jika diukur dengan multimeter maka nilai tahanan lebih kecil dibanding kumparan bantu.

Untuk mengetahui apakah kumparan utama atau bantu dengan cara mengukur maka hendaklah kawat tembaga kumparan dikikis terlebih dahulu untuk menghilangkan isolasinya.

Jika sudah ketemu kumparan utama maupun kumparan bantu maka selanjutnya sambungkan kawat tembaga yang sudah dikikis tersebut dengan kabel inti serabut dengan cara menyoldernya, sehingga terlihat seperti gambar di bawah ini.

Merakit Rangkaian Pembalik Putaran Motor 1 Fasa

Dari gambar diatas terlihat ada 4 (empat) helai kabel dengan 2 warna biru dan 2 warna coklat. Pembedaan warna yang saya lakukan agar mempermudah ingatan. Yang mana untuk warna coklat saya tandai untuk kumparan utama sedangkan yang biru untuk kumparan bantu.

Selanjutnya sebelum merakit rangkaian pembalik putaran motor 1 fasa  rapikan ke empat kabel tersebut dengan cara diikat dan jangan lupa sambungan kabel terlebih dahulu dibungkus dengan slongsong kabel untuk menghindari terjadinya korsleting.

Jika sudah selesai maka keluarkan kabel melalui lubang yang tersedia pada bodinya dan tutup kembali penutup motor seperti gambar berikut ini:

cara-merakit-rangkaian-pembalik-motor-1-fasa

Karena motor yang saya gunakan untuk bereksperimen adalah motor pompa air yaitu motor kapasitor tipe running (running kapasitor). Sehingga kumparan bantu harus di pasang seri terhadap kapasitor. Dan kumparan bantu saya tandai dengan warna biru seperti gambar diatas.

Selanjutnya rapikan seluruh kabel dan kapasitor serta ditempatkan sesuai posisi awalnya sehingga kabel yang keluar dari motor tetaplah 4 helai kabel . seperti gambar di bawah ini.

Merakit Rangkaian Pembalik Putaran Motor 1 Fasa

Sekarang yang akan saya lakukan adalah membuat Rangkaian Pembalik Putaran Motor 1 Fasa untuk mengontrol motor listrik 1 fasa agar dapat berputar sesuai apa yang kita rencanakan yaitu merakit rangkaian pembalik motor listrik 1 fasa.

Untuk rangkaian pengontrollannya silakan lihat gambar berikut yang saya rencanakan sendiri. Rangkaian kontrol seperti gambar berikut ini bisa dirakit dengan cam starter maupun kontaktor magnet. Namun dalam ekperimen saya menggunakan cam starter.

Merakit Rangkaian Pembalik Putaran Motor 1 Fasa

Adapaun Rangkaian Pembalik Putaran Motor 1 Fasa yang saya rangcang dengan cam starter menggunakan rangkaian kontrol diatas adalah sebagai berikut.

Merakit Rangkaian Pembalik Putaran Motor 1 Fasa

Pada cam starter terdapat empat helai keluaran kabel yang akan dihubungkan pada motor yang juga memiliki 4 kumparan. Dengan menghubungkan ke empat kabel tersebut maka Hal terakhir yang saya lakukan adalah menguji apakah rangkaian dapat bekerja dengan baik sesuai harapan atau tidak.

Dan ternyata sesuai harapan dan motor pompa air dapat berputar berbalik arah ketika cam starter di ubah dari posisi dari 1 ke 2 atau sebaliknya. Untuk lebih jelas silakan lihat video singkat ini

Demikian tulisan saya ini tentang Cara Merakit Rangkaian Pembalik Putaran Motor 1 Fasa dengan mudah semoga bermanfaat

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *