Menjalankan Motor Listrik 1 Fasa Dengan Kontaktor

Menjalankan Motor Listrik 1 Fasa Dengan Kontaktor

Menjalankan motor listrik 1 fasa dengan kontaktor sama halnya dengan menjalankan motor listrik 3 fasa, hanya saja jika pada kontaktor yang digunakan untuk menjalankan motor listrik 1 fasa terminal/kontak pada kontaktor tidak di pakai semua yaitu 2 terminal saja (dari 3 terminal kontak utama yang tersedia) yang di gunakan untuk kabel fasa dan netral.

Jika sumber listrik yang kita miliki 1 fasa dengan tegangan 220 Volt maka tidak salah jika kita rencanakan pengontrolannya untuk menjalankan motor listrik 1 fasa dengan kontaktor. Sebenarnya posting kali ini ada kaitannya dengan posting terdahulu yaitu “ cara memasang kontaktor magnet “ jadi silakan cek agar ada gambaran, namun jika sobat sudah faham itu lebih baik.

Sebenarnya pengontrollan dengan menggunakan kontaktor magnet pengaplikasiannya banyak sekali diantaranya di gunakan untuk mengontrol motor listrik 1 atau 3 fasa, mengontrol lampu jalan dan lain lain. Berikut ini akan saya berikan gambar rangkaian yang bisa di rakit untuk menjalankan motor listrik 1 fasa dengan kontaktor.

Komponen yang di gunakan untuk membuat rangkaian kontrol juga gampang di cari di toko listrik, diantaranya : tombol tekan, kontaktor magnet, kabel, MCB 1 fasa, jika perlu panel box dengan ukuran sedang atau kecil. Agar kelihatan mantap bisa juga menggunakan lampu indikator sebagai penanda kondisi menyala atau tidak.

Menjalankan Motor Listrik

Prinsip kerja dari rangkaian tersebut sangat mudah untuk di pahami, yaitu jika MCB pada posisi ON  dan tombol push button S1 di tekan sesaat maka kontaktor akan menyala, jika tombol push button S0 ditekan sesaat maka arus listrik yang masuk pada terminal coil A1 dan A2 pada kontaktor akan terputus sehingga kontaktor akan berhenti menyala.

Pada kondisi menyalanya kontaktor, maka kontak utama 1 – 2, 3 – 4 dan 5 – 6 akan terhubung sehingga arus listrik akan di teruskan kemotor listrik sehingga motor listrik berputar. jika sobat merakit sesuai dengan notasi yang tertera pada gambar maka saya yakin akan berhasil. Demikian penjelasan rangkaian kontrol untuk menjalankan motor listrik 1 fasa dengan kontaktor semoga bisa di fahami dan bisa di manfaatkan.

10 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *