Mengatasi Kontak Body Komputer

By : Akhdanazizan

Judul posting kali ini timbul dari pertanyaan siswa saya, salah satu dari mereka mengajukan pertanyaan “bagaimana cara

Kabel Pentanahan Pada Komputer ( mengatasi kontak body Komputer )“Mengatasi Kontak Body Komputer”

terhadap tubuh”. Mungkin teman teman barangkali juga pernah merasa hal yang sama ?, kalo saya sendiri sudah pernah 🙂 ya begitu lah namanya aja di setrom. Kalo sobat2 pengen merasa di setrom silakan cari tempat yang bagus untuk merasakan setroman listrik…tapi jangan dicoba lah… 🙂  maaf canda aja.

Oke lah mari kita ketahui bagaimana cara Mengatasi Kontak Body Komputer terhadap masalah tersebut, sebenarnya mudah aja si tapi banyak juga para pengguna komputer yang mengabaikan masalah ini, yang penting masih bisa dihindari ya jalan terus. Kembali ke permasalahan, Apa si mudahnya ?, simpel aja pasang aja kabel sistem pentanahan pada body komputer tersebut selesai. Sebanarnya komputer Khususnya PC emang dilengkapi dengan kabel Ground pada stekernya yang langsung di hubungkan dengan body Power suply jadi gak perlu susah2 untuk memasang kabel pentanahan tambahan. Jika masih terjadi kontak body komputernya maka yang harus di tanyakan apakah sistem instalasi listrik ingklud dengan sistem pentanahan, jika tidak, pasti kontak body komputer tetap akan terjadi.

Bagaimana cara memasang kabel pentanahannya, akan saya berikan contoh dari gambar diatas. Kabel Pentanahan ( mengatasi kontak body Komputer )Kabel Pentanahan ( mengatasi kontak body Komputer ) Jika sobat mempraktekan sesuai contoh, saya rasa sobat tidak akan merasakan kontak body komputer lagi. Yang penting di pasang rapi aja deh kabelnya biar gak semberaut. Untuk pemasangan kabel yang langsung berhubungan dengan tanah berikut gambarnya (dikiri), cara memasang kabel yang langsung ketanah sebaiknya gunakan kabel dengan isi tembaga tunggal lalu di ikatkan dengan sebatang besi (besi beton) yang akan kita tanam ke dalam tanah bersama kabel. Berapa dalamnya kita tanam ? Mudahnya adalah cari tanah yang lembab tapi jangan berair, dengan kondisi tanah yang lembab tersebut akan mudah dicapai nilai Netral tanah. Jika tanah kering maka penanaman besi pentanahan harus dalam sampai tidak ada lagi sengatan listrik dari body komputernya.

Saya rasa cukup penjelasannya tentang Cara Mengatasi kontak Body Komputer  mudah mudah bermanfaat bagi sobat yang mengalami hal serupa. Jika ada yang ingin ditanyakan silakan isi komentar sobat dengan senang hati akan kami tanggapi. Ditunggu… 🙂

Jika tulisan ini bermanfaat buat sobat pembaca mohon untuk di Share

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *