Memperbaiki Kontaktor Magnet Yang Sudah Rusak, Apa Bisa ?

Diposting pada

Memperbaiki Kontaktor Magnet, Apakah Bisa ?

Memperbaiki kontaktor magnet rusak – kontaktor magnet adalah salah satu sakelar daya yang prinsip kerjanya berdasarkan kemagnetan. Kontaktor magnet umumnya di gunakan untuk menghubungkan sumber listrik 3 phase menuju ke beban misalnya motor listrik.

Memperbaiki kontaktor magnet gbr.1

Sebelum adanya kontaktor magnet alat yang digunakan untuk menghubungkan sumber listrik ke beban di antaranya cam switch, sakelar togel seperti TPDT, DPDT dll. Sakelar seperti ini sudah tidak efektif dari sisi pengoperasian, karena untuk mengendalikan beban harus mendatangi objek atau beban yang akan di kontrol.

Bukan hanya dari sisi pengoperasian, sakelar manual tersebut juga kurang resposip jika di bandingkan dengan kontaktor magnet. Karena kontaktor magnet prinsip kerjanya berdasarkan kemagnetan sehingga peroses kerjanya sangat cepat. Lalu bagaimana jika kontaktor megnet mengalami kerusakan apakah kontaktor magnet bisa di perbaiki?.

Dari sekian banyaknya kontaktor yang rusak jarang sekali kontaktor magnet di perbaiki oleh teknisi, karena berkaitan dengan masalah waktu. Oleh karena kontaktor biasanya lebih banyak di gunakan oleh pabrik, home industri dan lain lain sehingga tanpa banyak mengurangi hasil produksi, sehingga penggantian lebih efektif di lakukan.

Namun jika ada waktu luang, kontaktor yang rusak tadi bisa kita cek apakah kontaktor magnet tersebut bisa di perbaiki atau tidak. Kita bisa melihat kondisi fisik dari kontaktor tersbut, jika kondisi kita lihat masih bagus silakan di cek lebih lanjut.

Pada artikel kali ini saya ingin berbagi kepada teman teman tentang pengalaman saya memperbaiki kontaktor magnet. Ada beberapa hal atau tahap yang saya lakukan sampai kontaktor magnet yang rusak tersebut bisa di gunakan kembali.

Baca juga :  Kontaktor Magnet (Update Penjelasan Dengan Video)

#1. Pengecekan Kondisi Fisik Kontaktor Magnet

Tahap pertama yang saya lakukan untuk memperbaiki kontaktor magnet adalah memeriksa kondisi fisik dari kontaktor terlebih dahulu. Pada tahap ini kontaktor kondisi fisiknya masih sangat bagus.

Ketikan di cek kondisi pegas kontak terminalpun bisa bekerja dengan baik. Tahap selanjutnya yang saya lakukan adalah mengecek kondisi kontak-kontaknya.

#2. Pengecekan Dengan Alat Ukur Multimeter

Tahap yang ke dua dalam memperbaiki kontaktor magnet adalah mengecek kondisi kontak konatknya dan kondisi coil dari kontaktor tersebut. Pada tahap ini saya menggunakan multimeter untuk mengetahui masih terhubung atau tidaknya terminal kontak NO dan NC bersamaan dengan menekan tombol pegas yang ada di bagian tengah dari kontaktor magnet.

Multimeter yang saya gunakan adalah multimeter digital meskipun bisa juga menggunakan yang abalog (pointer). Switch selector multimeter saya arahkan ke posisi ohm meter dan lebih spesifik lagi range selector saya pilih yang beep. Karena lebih enak aja mendengar suara dari alat ukur dari pada harus melihat angka yang ada di layarnya.

Kalibrasi Multimeter ke Ohm Meter

Ketika pengecekan kondisi kontak NO ( normally open = kondisi terbuka) dan kontak NC (normally close = kondisi terhubung) masih dalam kondisi sesuai fungsinya. Namun yang jadi sumber masalah adalah kondisi terminal coil yang seharusnya terhubung namun ketika terukur oleh multimeter ternyata coil dalam kondisi terputus.

Pengecekan Kontaktor Magnet

Dengan demikian di ketahui bahwa kerusakan pada kontaktor magnet terletak pada colilnya. Sehingga memperbaiki kontaktor magnet ini fokus pada coilnya.

#3. Membongkar Kontaktor (lihat kondisi coil)

Tahap selanjutnya atau tahap yang ke tiga dalam memperbaiki kontaktor magnet ini adalah melihat kondisi coil kontaktor magnet secara langsung. Karena letaknya di dalam sehingga bodi kontaktor harus saya bongkar.

Baca juga :  Kontaktor Magnet (Update Penjelasan Dengan Video)

membongkar kontaktor magnet

Pada tahap ini saya mendapati bahwa kondisi lilitan coil ada yang terputus. Kemungkinan yang bisa di lakukan ada dua yaitu ganti coil yang baru atau lilit ulang. Pilihan waktu itu adalah saya lilit ulang karena kami cek coil untuk kontaktor jenis itu susah di cari (belum ketemu).

#4. Gulung Ulang Coil Kontaktor Magnet (VIdeo)

Menggulung ulang coil adalah cara yang terbaik untuk memperbaiki kontaktor magnet waktu itu. Sehingga ada beberapa alat dan bahan yang harus di persiapkan misalnya kawat email, alat gulung dinamo dan lain lain.
Untuk proses pada tahap ini panjang banget jadi waktu itu memang sempat saya videokan dengan alasan untuk pembelajaran. Oleh sebab itu teman teman pengunjung bisa menyaksikan video lengkapnya berikut ini.

#5. Pengujian dan Pemasangan Kembali

Tahap selanjutnya memperbaiki kontaktor magnet adalah pengujian. Setelah melakukan gulung ulang coil tahap yang di lakukan adalah mengukur kembali coil dan alhamdulillah sudah dalam keadaan telah berhasil di perbaiki dan siap untuk dipasang ulang.

pengujian berhasil

Demikian sharing pengalaman saya tentang memperbaiki kontaktor magnet semoga bermanfaat buat teman teman yang lagi membutuhkan, sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *