Magnet dan Penggunaannya untuk Barang Elektronik

Magnet dan penggunaannya untuk barang elektronik – Tentunya magnet sudah tidak asing bagi kita semua. Benda yang memiliki daya elektromagnetik yang sangat kuat di dalamnya ini mampu menimbulkan gaya tarik menarik bagi benda tertentu.

Dalam keseharian kita, magnet sangat mudah ditemui karena di hampir semua alat eletronik menggunakan magnet sebagai perangkat di dalamnya. Magnet ini sudah diaplikasikan sebagai perangkat yang tak bisa dipisahkan dari barang elekronik, termasuk alat elektronik yang rumit sekalipun. Bahkan, menurut salah satu perusahaan kontraktor listrik, tanpa adanya magnet maka tidak akan ada kemajuan teknologi di bidang kelistrikan seperti saat ini.

Lalu, bagaimana magnet bekerja untuk barang elektronik yang sering kita pakai sehari-hari? Berikut akan kita ulas manfaat magnet dan penggunaannya pada beberapa jenis barang di rumah kita:

Magnet dan penggunaanya diantaranya :

#1. Magnet pada pengeras suara

magnet dan penggunaanya pada speakerIni dia salah satu barang elektronik yang memakai magnet sebagai salah satu perangkat di dalamnya. Speaker ini merupakan kombinasi magnet yang dipasang secara permanen. Pengeras suara yang dialiri listrik mampu membangkitkan medan elektromagnetik sehingga berinteraksi langsung dengan cone yang ada di dalam magnet.

Untuk proses yang terjadi ini, dibutuhkan pula yang namanya voice coil. Bagian ini tak dapat dipisahkan dengan magnet dalam speaker.

Bagaimana cara kerjanya? Ketika ada aliran listrik dalam voice coil, maka akan membuat medan magnet berubah arah yang pada akhirnya membuat pergerakan tarik dan lepas listrik yang cepat.

#2. Kompas

magnet dan penggunaannya pada kompasSalah satu benda elektronik ini sangat umum ya ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Fungsinya sangat besar untuk menentukan arah atau mata angin. Komponen untuk magnet dalam kompas bisa dirakit dengan sangat sederhana.

Sebelum tahu cara kerja magnet untuk kompas, kita perlu tahu dulu bahwa bumi memiliki medan magnet yang cukup besar di bagian kutub selatan dan juga utara. Nah, jadi jarum yang ada di kompas langsung menunjuk kedua arah yakni selatan dan utara.

Kenapa bisa begitu? Ya, karena sifat magnet ini selalu bertolak belakang. Jarum kompas utara akan menunjuk bagian selatan bumi dan juga sebaliknya. Tapi tenang saja, di dalam kompas sudah diatur sedemikian rupa hingga mekanismya tidak membuat kita bingung karena kompas sudah menerjemahkan arah yang benar bagi manusia.

#3. Magnet pada dinamo sepeda

magnet dan penggunaannya pada dinamo sepedaDinamo sepeda pasti sudah tidak asing lagi. Dinamo bisa menghasilkan energi listrik hingga bsia dimanfaatkan sebagai sumber daya untuk  lampu atau penerangan sepeda. Di dalamnya ternyata juga ada magnet.

Magnet ini berputar di dalam kumparan yang tetap. Lalu, getaran dari gesekan pada roda sepeda inilah yang menghasilkan medan elektromagnetik hingga akan menjadi energi listrik.

 

#4. Bel listrik

magnet dan penggunaannya pada bell listrikBel listrik merupakan salah satu alat elektronik yang cukup sederhana dimana ada magnet yang mendukung mekanisme kerjanya. Meskipun sederhana, namun keberadaannya sangat berguna bagi manusia ya.

Untuk menghasilkan bunyi, pertama bel harus ditekan, lalu akan memicu  aliran listrik di dalamnya. Aliran listrik ini yang kemudian mengalirkan energi elektromagnetik dalam interuptor. Bagian ini juga yang bertugas  menarik bagian pemukul hingga menghasilkan bunyi.

Saat tekanan pada bel dilepas maka aliran listrik mati, begitu juga dengan aliran elektromagnetiknya. Alhasil, bel hanya berbunyi ketika kita  menekannya saja.

Simpel kan? Namun manfaatnya tak bisa dipisahkan dari kehidupan banyak orang.

#5. Pintu kulkas

Satu lagi alat eletronik yang memakai magnet, yakni pintu kulkas. Kalau kita perhatikan, jenis alat eletronik yang hampir ada di setiap rumah ini pasti tidak memiliki kunci dan gembok kan? Ternyata ada megnet yang bertugas membantu mekanisme menutup dan terbukanya pintu kulkas.

Lemari es menggunakan baja atau besi kuat yang mudah ditarik oleh magnet, sedangkan Magnet  sendiri ini ada di sekitar pintu kulkas. Hingga pintu kulkas mudah ditutup atau dibuka dengan mudah tanpa perlu gembok dan juga kunci.

Nah, itulah beberapa fungsi magnet pada alat elektronik yang hampir kita gunakan setiap harinya. Semoga artikel ini “ Magnet dan Penggunaannya untuk Barang Elektronik “ bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita di bidang kelistrikan.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali