ELCB Sebagai Pengaman Manusia Dari Listrik

By : Akhdanazizan

ELCB Sebagai Pengaman Manusia Dari ListrikApakah sobat pernah tersetrom, jika ia mungkin posting kali ini bisa bermanfaat buat sobat. Setelah bebarapa hari hanya ngutak-ngatik blog, ya pengennya si biar blog ini kelihatan manis dipandang telingga, eh salah maksudnya mata maklum  keren orang baru mengenal blog 🙂 dan kayaknya jadi hobi baru ni. Kali ini saya ingin membahas tentang salah satu alat listrik yang sangat bermanfaat. Dengan alat ini setidaknya Sebagai Pengaman Manusia Dari Listrik tersebut, maksud saya setrom listrik. Kasi tau gak ya…kasi tau deh… alat tersebut dinamakan dengan ELCB.

ELCB Sebagai Pengaman Manusia Dari Listrik

Sebelum lanjut menjelaskan manfaat dari alat tersebut, ada baiknya kita ketahui dulu informasi dari alat ELCB tersebut. ELCB itu sendiri singkatan dari  ( Earth Leakage Circuit Breaker ). Prinsip kerjanya adalah mendeteksi adanya arus bocor baik pada gangguan tanah maupun gangguan terhadap ground, dengan cara membandingkan nilai antara fasa dan netral dari suatu sistem. Dimana arus yang keluar melalui titik fasa dan netral pada suatu sistem instalasi selalu berbanding lurus (seimbang). Apabila ada perbedaan nilai pada titik fasa dan netral yang diakibatkan oleh adanya gangguan tidak seimbang antara titik fasa terhadap tanah atau ground maka ELCB tersebut akan memutuskan aliran listrik pada suatu sistem.

ELCB Sebagai Pengaman Manusia Dari Listrik: Nah dengan menggunakan ELCB pada sistem instalasi listrik diharapkan bahaya yang diakibatkan oleh adanya gangguan tegangan sentuh terhadap manusia dari jaringan instalasi dapat dinetralisir sehingga aman bagi manusia. Namun untuk memasang ELCB pada suatu sistem instalasi yang harus diperhatikan adalah Instalasi listrik yang ada hendaknya diperiksa dulu agar tidak ada gangguan tanah atau ground, karena dengan gangguan tersebut arus listrik yang mengalir pada titik fasa melebihi 30 mA sesuai ketentuan sensitivitas ELCB sebesar 30 mA mengakibatkan ELCB yang di pasang akan Trip (jatuh) walaupun tidak ada gangguna tenganan sentuh.

Dari informasi diatas bahwa pemasangan ELCB pada instalasi listrik sangat bermanfaat bagi keamanan manusia dari tengangan sentuh, dengan cara mendeteksi aliran arus yang melewati tubuh manusia. Selanjutnya bagaimana cara pemasangan ELCB tersebut ? untuk ilustrasi pemasangannya dapat dilihat gambar berikut ini. Jika sobat tidak tau atau takut untuk memasangnya silakan panggil aja instalatir listrik biar aman.ELCB Sebagai Pengaman Manusia Dari Listrik 1 ELCB Sebagai Pengaman Manusia Dari Listrik 2 Dari gambar diatas memperlihatkan dua sistem jaringan yang dilayani oleh ELCB yaitu jaringan untuk 1 fasa dan jaringan untuk 3 fasa sesuai dengan merek ELCB yang di tampilkan lebih dulu pada gambar diatas. Jika sistem jaringan yang tersedia adalah 3 fasa maka sobat bisa menggunakan jenis ini, namun yang diamankan oleh ELCB tetap antara fasa dan Netral bukan antar Fasa-fasa, maaf menurut pengalaman saya begitu.  Gimana sudah ada yang paham barangkali ? mudah mudahan pembahasan tentang ELCB Sebagai Pengaman Manusia Dari Listrik dapat menambah informasi bagi sobat, ntar kalo belum paham silakan kirim pertanyaan atau saran pada kolom komentar untuk melengkapi posting ini.

Jika tulisan ini bermanfaat buat sobat pembaca mohon untuk di Share

38 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *