Cara Pemasangan Lampu Dengan Saklar Pada Instalasi Listrik

Cara pemasangan lampu dengan saklar – Hari ini saya akan menulis kembali setelah bebarapa hari mungkin dah berapa minggu barangkali meninggalkan blog, tapi tetap saya kontrol siapa tahu ada komentar yang perlu di jawab.

Judul posting kali ini mungkin sangat sederhana bagi sobat. Namun tetap  akan saya share untuk sobat pembaca yang ingin belajar bagaimana cara pemasangan lampu dengan saklar dengan benar. Umumnya instalasi listrik rumah, jadi silakan simak ya sobat mudah mudahan dapat dipahami dan dipraktekkan dirumah sobat.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara pemasangan lampu dengan saklar pada instalasi listrik. Yang penting untuk dipahami adalah menentukan terlebih dahulu mana Fasa atau Netral pada jaringan instalasi listrik.

Berdasarkan PUIL yang menjadi syarat yang harus dipatuhi dalam bidang kelistrikan diindonesia bahwa untuk mengenal apakah Fasa atau Netral maka dibedakan berdasarkan warna isolasi/selubung kabel.

Pada jaringan 3 fasa 4 kawat jika diberi dengan notasi. Maka dikenal dengan L1/R, L2/S, L3/T dan N yang masing masing dengan Kode warna Merah, Kuning Hitam dan Biru.

Jika sudah diketahui kode atau notasi tersebut bagus deh namun persayaratan terkadang tidak diperdulikan oleh pemasang yang penting hasil akhirnya lampu bisa menyala. Sehingga bagi sobat yang ingin memperbaiki atau menambah titik lampu mengalami kesulitan.

Oke anggap aja sobat tidak tahu tentang kode warna seperti hal tersebut diatas maka sobat bisa menentukan mana yang Fasa dan mana yang Netral dengan menggunakan sebuah alat yang dinamakan dengan TESPEN.

Sobat bisa menggunakan tespen tersebut pada kabel Instalasi listrik yang terbuka atau pada sambungan kabel. Jika pada saat pengetesan lampu pada tespen menyala maka kabel tersebut berpolaritas  Fasa dan jika sebaliknya (tidak menyala) maka Netral. Diasumsikan bahwa jaringan listrik sobat 1 fasa dengan 2 kabel.

Ilustrasi Cara Pemasangan Lampu Dengan Saklar Tunggal dan Ganda

Untuk sobat yang ingin belajar Cara Pemasangan Lampu Dengan Saklar Pada Instalasi Listrik di rumah sendiri berikut ilustrasi rangkaiannya. cara pemasangan lampu dengan saklar Dari gambar tersebut sobat bisa mempraktekkannya dirumah sobat agar rapi sobat bisa menggunakan kabe NYM (kabel dengan isi lebih dari 1) atau menggunakan Pipa.  Namun untuk hal ini terserah sobat yang penting bagus di pandang mata.

Perlu sobat ketahui bahwa dalam pemasangan Saklar maka yang di hubungkan ke saklar adalah yang penghantar berpolaritas Fasa bukan Netral.

Karena fungsi saklar adalah pemutus dan penghubung aliran arus listrik maka jika di putus alirannya jangan sampai terjadi kontak listrik (setrom) pada saat di sentuh.

Untuk keamanan setelah diketahui Fasa dan Netral harap di Off kan pemutus utama yang terdapat pada KWH Meter.

Silakan praktekkan gambar diatas tersebut, jika anda masih takut mendingan sobat cari aja instalatir he he. Atau Jika ada pertanyan mengenai Cara Pemasangan Lampu Dengan Saklar. Silakan tinggalkan komentar sobat Insyaallah secepatnya akan saya tanggapi.

24 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *