Cara Kerja Mesin Cuci Bisa Berputar Kanan Dan Kiri

Cara Kerja Mesin cuci bisa berputar kanan dan kiri, – mesin cuci merupakan peralatan rumah tangga yang saat ini sangat dibutuhkan. Dengan adanya mesin cuci maka pekerjaan rumah akan cepat terselesaikan karena bisa di kerjakan sambil mencuci.

Dengan bermanfaatnya mesin cuci tidak heran kalau produsen mesin cuci menciptakan jenis mesin cuci dengan teknologinya yang bervariasi pula. Meskipun demikian tetap saja cara kerja mesin cuci dirancang berputar kanan dan kiri baik yang lama maupun yang baru.

Terlepas dari canggihnya teknologi, bentuk dan ukuran mesin cuci timbul pertanyaan “mengapa mesin cuci bisa berputar kanan dan kiri ?”. jawabannya baca terus tulisan ini sampai selesai.

Cara Kerja Mesin Cuci Bisa Berputar Kanan Dan Kiri

Perhatikan gambar diagram kelistrikan berikut dan ini merupakan sistem kelistrikan salah satu dari mesin cuci yang sederhana milik saya sendiri.  Mesin cuci ini berkapasitas 7 kg dengan 2 tabung, setiap tabung memiliki fungsi yang berbeda yaitu tabung pencuci dan pengering.

Setiap tabung memiliki masing masing 1 mesin penggerak yang disebut dengan Wash Motor (motor pencuci) dan Spin Motor  (motor pengering). Pada Wash Motorlah dari bagian mesin cuci bisa berputar kanan dan kiri atau sebaliknya sementara Spin Motor hanya satu arah.

Cara kerja mesin cuci

Perhatikan gambar diatas bahwa Wash Motor (1) akan bekerja memutar jika dikendalikan oleh sebuah sakelar yang dinamakan dengan Wash Timer (2) . Wash timer akan bekerja sebagai sakelar pembalik arah aliran arus pada kumparan jika sakelar diputar, diatur sesuai waktu yang ada.

Cara kerja mesin cuci bisa berputar kanan dan kiri atau sebaliknya karena berubahnya arah fluks magnet pada kumparan motor (Wash Motor) yang diatur oleh Wash Timer. Sebagai ilustrasinya lihat gambar berikut ini.

cara kerja mesin cuci

Pada gambar sebelah kiri sakelar S2 (Wash Timer) memperlihatkan  arah arus (panah merah) mengalir melalui kabel warna kuning (Yellow). Pada kondisi ini kumparan K1 Seri terhadap C atau ditulis dengan K1+C, maka K1+C bersifat leading (Negativ) terhadap kumparan K2. Sehingga dapat di ilustrasikan bahwa cara kerja mesin cuci bisa berputar ke kanan.

Sementara dengan berubahnya waktu, posisi S2 (Wash Timer) pun berubah arah seperti gambar diatas sebelah kanan. Arah arus (panah merah) mengalir melalui kabel merah (Red) pada kondisi ini kumparan K2 seri terhadap C atau dapat di singkat dengan K2+C.

Dengan demikian sekarang K2+C yang bersifat Leading (negativ) terhadap kumparan K1. Sehingga dapat di ilustrasikan cara kerja mesin cuci motor wash timer akan berputar ke arah kiri.

Begitu seterusnya Motor mesin cuci berputar kanan dan kiri atau sebaliknya selama wash timer tetap bekerja sesuai waktu yang di tentukan.

Demikian cara kerja mesin cuci bisa berputar kanan dan kiri semoga yang singkat ini bermanfaat. Untuk lebih jelas bagaimana prinsip kerja membalik putaran motor listrik 1 fasa silakan baca artikel saya yang ini:

Membalik Putaran Motor Listrik 1 Fasa, Apakah Bisa ?
Rangkaian Pembalik Putaran Motor listrik 1 fasa

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *