Warna Kabel Instalasi Listrik

Warna kabel instalasi listrik - Posting kali ini saya angkat dari pengalaman saya sebagai instalatir listrik disamping saya bekerja sabagai  tenaga pengajar di SMK bagian listrik. Berkaitan dengan hal tersebut ada yang bertanya tentang standarisasi warna kabel yang dibenarkan.

Jangan heran jika melihat kabel yang terpasang pada instalasi rumah tidak sesuai dengan Warna Kabel Instalasi Listrik yang sudah distandardkan. Suatu Masalah bagi yang pengetahuannya kurang tentang kelistrikan jika ingin diadakan penambahan instalasi atau ingin melakukan perbaikan.

Dengan memanggil orang padahal jika dikerjakan sendiri bisa saja, namun jika alasan takut silakan panggil orang yang ahli biar aman.

Sebagai referensi bagi agan yang kebetulan mampir disini, saya tampilkan tabel standarisasi Warna Kabel Instalasi Listrik bersadarkan PUIL yang mengatur tentang kelistrikan di indonesia. Sehingga dapat anda bandingkan dengan warna kabel yang terpasang pada instalasi di rumah anda.  Berikut tabel nya :

Tabel Warna Kabel Instalasi Listrik Berdasarkan PUIL 2000

Warna Kabel instalasi Listrik

Dari tabel standard PUIL maka yang saya lingkari dengan warna hijau haruslah sesuai dengan apa yang seharusnya terpasang pada instalasi. Namun kenyataan dilapangan kadang kadang tidak sesuai walaupun ada juga yang mengikuti standarisasi.

Terus terang untuk saya sendiri jika menginstalasi rumah, yang saya tanyakan kepada pemilik rumah adalah “ apakah warna kabel instalasi listriknya sesuai standar atau tidak?”. Namun hanya berkaitan dengan warna kabelnya saja.

Jika pemilik rumah keberatan dengan ongkos bahan yang mahal karena pemakaian kabel yang banyak sesuai dengan kebutuhan warna. Maka terkadang saya hanya menggunakan satu warna kabel saja.

Pertanyaannya adalah bagaimana jika saya ingin menambah atau memperbaiki sendiri instalasi listrik yang ada di rumah saya, sedangkan Warna Kabel Instalasi Listrik nya tidak sesuai standard PUIL?,

Apalagi setelah dilihat Warna Kabel Instalasi Listriknya antara FASA dan Netral Sama, maka yang harus dipersiapkan adalah sebuah TESPEN. Tespen merupakan suatu alat untuk mendeteksi keberadaan Listrik pada sebuah kabel apakah berpolaritas FASA atau Netral.

Dalam keadaan listrik aktif yaitu MCB di KWH belum di OFF kan maka jika di test dengan TESPEN yang menyala itulah berpolaritas FASA sedangkan yang tidak menyala adalah Polaritas Netral.

Dengan mengetahui warna kabel mana yang berpolaritas FASA atau Netral silakan diingat karena listriknya harus dimatikan terlebih dahulu. Yang selanjutnya apakah untuk mengadakan penambahan instalasi atau perbaikan instalasi terserah.

Sekian dulu pembahasan kali ini semoga bermanfaat bagi anda yang butuh penjelasan tentang Warna Kabel Instalasi Listrik Standard PUIL.

Silakan Baca Juga : Instalasi Listrik 3 Phase dan Perencanaanya

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *