Inovasi Terbaru Transfer Listrik Tanpa Kabel

Transfer Listrik Tanpa Kabel : Saat ini listrik merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting untuk menunjang berbagai kebutuhan. Listrik menjadi sangat penting bagi kehidupan manusia jaman sekarang karena dengan adanya listrik, berbagai teknologi bisa dilakukan dengan baik.Transfer Listrik Tanpa Kabel

Berbagai alat yang berfungsi memudahkan manusia dalam aktifitas keseharian hanya bisa digunakan ketika tersambung dengan saluran listrik. Mulai dari alat industri sampai dengan alat pemuas kebutuhan rumah tangga untuk memasak pun juga membutuhkan tenaga listrik.

Seperti yang kita tahu jika listrik hanya bisa dihantarkan dengan menggunakan kabel. Kabel-kabel listrik ini yang nantinya akan menghantarkan listrik ke berbagai alat untuk menunjang berbagai aktifitas keseharian. Namun seiring dengan berjalannya waktu, teknologi yang makin berkembang terus memunculkan inovasi-inovasi terbaru. Kesemuanya itu adalah untuk lebih memudahkan manusia dalam melakukan berbagai hal.

Pernahkah anda bayangkan transfer listrik tanpa kabel? Ternyata hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan. Penelitian mengenai hal tersebut sedang terus berjalan dan sudah mulai membuahkan hasil.

Dilansir oleh sumber terpercaya jika para peneliti sedang mengembangkan proyek transfer listrik tanpa kabel atau nirkabel sejak 2006 silam. Para peneliti atau profesor dari massachusetts institute of technology atau disingkat menjadi MIT sepertinya sudah mulai menampakkan hasil yang positif.

Proyek yang diberi nama Witricity ternyata banyak mendapat dukungan dari berbagai perusahaan terbesar intel. Proyek ini diyakini akan mendongkrak kesuksesan yang besar serta manfaatnya dapat dirasakan sepenuhnya oleh semua kalangan masyarakat. Dikabarkan jika proses penelitian ini hanya tinggal menunggu penyelesaian dan ketika semuanya siap 100% barulah bisa mulai untuk didistribusikan secara masal.

Prinsip Kerja Transfer Listrik Tanpa Kabel

Tahukah anda bagaimana proses kerja transfer listrik tanpa kabel atau nirkabel ini?. Pada dasarnya prinsip kerja dari jaringan listrik tanpa kabel ini adalah berhubungan erat dengan sebuah fenomena resonansi. Ketika receiver dapat menangkap sebuah energi dari medan magnet dengan bantuan koil. Kemudian dipancarkan dengan melalui frekuensi yang sama yang bersumber dari sebuah transmitter dengan tujuan untuk bisa mendapatkan impedansi yang optimal.

Secara garis besar teknologi listrik nirkabel terdiri dari empat komponen utama antara lain Rangkaian pemancar listrik, Antena pemancar atau transmitter, Antena penerima atau receiver, dan Rangkaian untuk penerima. Transfer listrik ini aman untuk digunakan karena sudah diuji dengan berbagai metode.

Salah satunya adalah pernah diujikan proses transfer listrik yang menembus air pada sebuah akuarium dengan hasil ikan yang ada dalam akuarium tersebut tak ada yang mati. Setelah diuji aman bahkan melewati air inilah yang menjadikan banyak yang mendukung proyek ini dan dipastikan akan berhasil untuk menunjang berbagai kebutuhan listrik manusia.

Teknologi akan terus berkembang karena manusia tak akan puas hanya dengan teknologi yang sudah ada. Manusia selalu mencoba berbagai hal baru untuk mendapatkan terobosan baru yang nantinya akan memberikan banyak manfaat positif bagi kehidupan manusia. Seperti halnya pengembangan penelitian transfer listrik tanpa kabel atau nirkabel ini, nantinya benar-benar akan mempermudah hidup manusia.

Tak akan ada lagi kabel berserakan atau yang menempel pada dinding yang mengganggu pemandangan. Dengan mengembangkan teknologi baru, hal baru akan tercipta, yang tadinya tak mungkin bisa menjadi mungkin dengan berbagai manfaat lain yang begitu memudahkan kehidupan manusia.

Pada saat ini, contoh kecil dari aplikasi transfer listrik tanpa kabel itu bisa anda rasakan dengan menggunakan charger handphone. Yang bisa langsung mengisi baterai handphone tanpa disambungkan dengan charger usb.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *