Simulasi Rangkaian Forward Reverse

Simulasi rangkaian forward reverse adalah pembahasan selanjutnya setelah yang lalu saya membahas video simulasi rangkaian star delta, video yang saya buat ini masih sama sama menggunakan aplikasi festo fluidsim, jika belum punya sobat bisa mendownloadnya di link ini

“http://www.4shared.com/zip/yy8K5ioB/festo_fluidsim_full_version.html”

Sebelumnya saya jelaskan terlebih dahulu mengenai notasi yang terdapat pada rangkaian simulasinya biar jelas apa maksudnya. Perlu diketahui bahwa simulasi rangkaian forward reverse yang saya rancang dengan sisitem penguncian otomatis sehingga jika salah satu dari kondisi forward atau reverse telah menyala maka yang lain akan terbuka sehingga tidak akan terjadi konsleting antara kondisi forward atau reverse.

Jika sobat melihat video simulasi rangkaian forward reverse nya maka untuk merubah dari kondisi Forward ke kondisi Reverse rangkaian harus di stop terlebih dahulu dengan menekan tombol stop, sebab prinsip kerja forward reverse (pembalik putaran) tidak boleh langsung seperti rangkaian star delta. Jika rangkaian forward reverse hendak di buat otomatis maka rangkaian tersebut harus di tambah dengan rangkaian pengereman mekanik dengan sumbel listrik DC.

Notasi yang terdapat pada simulasi rangkaian forward reverse terdiri dari :

  1. Tombol STOP : Berfungsi untuk menghentikan Seluruh rangkaian
  2. Tombol ON_1 : Menyelakan rangkaian pada kondisi Forward
  3. Tombol ON_2 : Menyalakan rangkaian pada konsisi Reverse
  4. KU : Kontaktor Utama Yang selalu menyala ketika tombol ON_1 atau ON_2 ditekan
  5. KF : Kontaktor Forward (akan menyala ketika tombol ON_1 di tekan)
  6. KR : Kontaktor Reverse (akan menyala katika tombol ON_2 di tekan)

Untuk Keterangan lebih jelas tentang simulasi rangkaian forward reverse silakan simak video semulasinya berikut ini :

Mudah mudahan dengan mengamati simulasi rangkaian forward reverse tersebut dapat memperjelas pemahaman sobat tentang rangkaian pembalik putaran. Demikian posting kali ini mudah mudahan bermanfaat dan tunggu pembahasan selanjutnya tentang “Simulasi Rangkaian Star Delta Dan Forward Reverse” penggabungan antara star delta dan forward reverse.

Share this with your friends

Akhdanazizan.com © 2013-2017 Supported By IDwebhost