Sakelar Otomatis untuk Instalasi Listrik Lampu

By : Akhdanazizan

Sakelar otomatis : Apakah anda pernah melihat rumah tetangga anda, jika di waktu tertentu lampu teras atau lampu taman tiba tiba nyala padahal tidak ada orangnya, misalnya pada jam tertentu atau dalam kondisi cuaca tertentu ?. Hal tersebut sebenarnya sederhana saja, kemungkinan2 yang digunakan pada sistem instalasi listriknya adalah menggunakan sakelar otomatis. Sakelar otomatis yang digunakan untuk melayani lampu (apakan lampu taman, lampu teras dan sebagainya) banyak sekali di jumpai di pasaran. Contoh Sakelar otomatis tersebut bisa saja Photocell, TIMER ( sakelar Pewaktu) atau malah menggunakan sistem rangkaian terintergrasi dengan kontrol jarak jauh melalui HP (Handphone/mobilephone) misalnya, dan lain lain.

Nah dari pernyataan diatas timbul satu ide untuk membahas hal tersebut. Tapi saya akan membatasi hanya 2 aja dari 3 sakelar otomatis tersebut yaitu Photocell dan TIMER. Kenapa harus Photocell dan TIMER ?, saya rasa Photocell dan TIMERย  mudah untuk di jelaskan dan mudah untuk di terapkan. Baiklah mari kita mulai :

1. Sakelar Otomatis Dengan Photocell

sakelar otomatis PhotocellPhotocell merupakan sakelar otomatis yang prinsip kerjanya berdasarkan sensor cahaya. Bagaimana prinsip kerjanya terhadap beban (Lampu) yang dilayaninya?. Jika cahaya mengenai / kontak body Photocell maka resistor (Light Dependent Resistor) sebagai komponen utamanya secara otomatis akan memperbesar nilai resistansi, sehingga arus listrik yang mengalir pada resistor akan terhambat hal ini mengakibatkan lampu sebagai beban akhirnya akan padam. Nah yang ini sobat aja deh yang kasi kesimpulan apakah ini di sebut keuntungan atau kelemahan sebab โ€œJika pada kondisi tertentu telah tercapai maka lampu akan menyala meskipun jam belum menuntukan waktu malam misalnya cuaca mendung atau hujan lebatโ€. Namanya aja sakelar dengan sensor cahaya pasti cahaya yang mempengaruhinya. Untuk Cara pemasangan Photocell ini tentu mudah sekali, bisa di lihat dari gambar berikut :

Cara pemasangan Photocell

Biasanya yang agak susah yaitu tempat peletakan Photocell tersebut, kalau bisa tempatnya harus pas yang pasti terlindung dari air hujan selanjutnya jangan diletakkan pada tempat yang gelap dan jangan pula ditempatkan pada tempat yang terang. Jika kita perkirakan lampu akan menyala sekitar jam 18.00 maka letakkan lah pada tempat yang sesuai, jika tidak bisa memasangnya silakan sobat minta tolong Instalatir mereka tau biasanya.

2. Sakelar Otomatis Dengan TIMER

sakelar otomatis TimerJika yang pertama diatas adalah Photocell yang bekerja dengan pengaruh cahaya maka yang kedua ini akan dibahas tentang Timer yang merupakan sakelar otomatis dengan prinsip kerja berdasarkan waktu tertentu. Yang pasti kita yang nentuin sendiri kapan beban lampu nyala atau padam. Jika kita menginginkan lampu akan menyala jam 18.00 dan padam jam 05.30 padam dan tidak tergantung pada kondisi cuaca (apakah cuaca sedang cerah atau mendung), tinggal atur aja sendiri, sebenarnya bukan hanya beban lampu aja yang bisa dilayani, banyak deh yang penting lihat aja kemampuan arus yang dilayaninya. Sedangkan Untuk cara pemasangan Timer lihat gambar berikut atau untuk lebih jelas baca Manualnya biasanya di siapkan.

cara pemasangan Timer

Untuk cara mengatur waktunya silakan cocokan dengan waktu di tempat sobat sebagai acuannya sehingga jam yang ada pada timer sesuai dengan jam yang sesuangguhnya, nah untuk mengatur jamnya silakan baca juga manualnya, biar jelas. Kalau tidak bisa silakan minta bantu deh sama instalatir biar tidak kawatir salah. Saya rasa cukup penjelasan singkat tentang sakelar otomatis mudah-mudahan bermanfaat dan dapat di terapkan. Saya tunggu komentarnya.

silakan cek Posting : cara setting timer listrik (theben)

42 Comments

Add a Comment
  1. Cara memasang fotosell menggunakan kontaktor bagaimana mas?

  2. Mohon kirimi saya skema dinamo 1 fasa 1,5 kw dengan 2 kapasitor. Apa fungsi masing-masing kapasitor yang kapasitasnya berbeda. Tksh

  3. Ass. Mengapa dinamo saya 1,5 hp 1 fasa dg 2 kapaditor kalau di on kan rotornya seperti melekat. Kalau di of kan bisa diputar lagi

  4. Assalamualaikum ..
    gan mau tanya ..kalo alat ini dipasang untuk timer AC bisa tidak ya ...mohon pencerahanya terimakasih

  5. komp. kami baru pasang lampu jalan pakai saklar otomatis, tp kenapa lampunya kedap kedip ya..hidup cuma 1 menit terus mati 3 menit hidup lagi..mohon bantuan penjelasan...

  6. Terima kasih pencerahannya, sangat2 berguna bagi saya yang tidak mempunyai basic listrik

  7. Assalamualaikum. Saya mau numpang bertanya bagaimana cara merangkai dan alat apa aja yang dibutuhkan untuk menghidupkan 2 motor listrik secara bergantian dengan saklar otomatis. Terima kasih

    1. Waalaikum salam, mudah mudahan saya bisa membantu,namun kayaknya saya mau bertanya juga agar saya mudah untuk membuatnya :
      1. agar bekerja otomatis sensornya apa, apakah waktu atau tekanan angin misalnya atau yang lainnya?
      2. motor yang di gunakan 1 fasa atau 3 fasa ?

  8. Mau tanya saya mau masang lampu jalan memakai timer dan contactor cara pasang gimana?

  9. Saya ingin merestart perangkat 1x perjam secara otomatis. Bagusnya pake saklar yg mana ya?
    Terimakasih

    1. Kalau boleh saya tau yang perangkat yang ingin di restart itu apa ya....

  10. muhamad zamzuri

    Klo timer otomatis nya jalan lampu nyala klo dihuat manual tpi klo pas di oper otomatis pas waktunya gk mw nyala itu penyakitnya apa ya pal

    1. Maaf,,,saya mesih belum paham dengan pertanyaannya ๐Ÿ™‚

  11. Om minta wiring untuk 1 buah kontakor dan 1 buah tdr SUL 181d kontaktor LC1-D1810

  12. ERWIN SIAHAAN

    Saya membeli produk POWELL P141ON Apa bisa di pakai untuk Mesin pompa Kolam Pak....? Kalau bisa bagai mana cara memasangkan alat ini ke Mesin Pompa Kolamnya. Makasih Pak?

    1. Mohon maaf saya belum mengetahui alat tersebut,,, ๐Ÿ™‚

  13. gam, ane mau nannya
    taffic light yg di simpang empat
    cara ngatur waktu masing masing traffic light gimana ya ?
    biar pas waktunya

    1. Biasanya traficlight pada persimpangan di rancang dengan 1 paket kontrol, tidak sendiri sendiri, kalau beda beda ntar tidak singkron donk antara satu sama lainnya malah amburadul... demikian

  14. Saya sudah lama pasang sensor photocell untuk lampu teras, karena kehalang pohon terus saya naikan kira kira 2 meter. Tapi malah jadi nyala terus walaupun disiang hari, sampai saya curiga jangan hangan sensornya rusak terus saya beli lagi. Hadil tetap sama : nyala terus ga mau mati. Apanya yang salah ya ?

    1. Yang pasti jangan salah penyambungan kabel kabelnya, biasanya pada body terdapat warna warna kabel yang menjelaskan cara pemasangannya, kalau bisa pemasangan jangan ditempatkan pada kondisi cahaya yang gelap takutnya belum malam udah nyala duluan lampunya, emang pemasangan photocell butuh kesabaran, saran saya kalau bisa pemasangan photocellnya di lakukan pada sore hari agar mudah menentukan tempat yang sesuai dengan kondisi cahaya photocell tersebut, pengalaman saya seperti itu, satu lagi pemasangan photocell jangan terlalu dekat dengan lampu. demikian mudah mudahan membantu ๐Ÿ™‚

    1. Untuk sementara belum ada postingan seperti yang diminta namun sebagai modal untuk saya untuk membuat posting selanjutnya, jika sudah saya buat akan saya kasih kabar melalui emailnya ๐Ÿ™‚

    2. gan,saya bisa membuat yg seperti anda mau.utk referensi kunjungi web saya di 'www.rangkaianskemaelektronik.blogspot.com

    3. salam kenal abu akhdan,maaf ya numpang sharing.bagi saudara chandra saya bisa membuat alat yg anda minta ,bisa diatur kapan hidup dan mati lampunya persis jam dan menit nya.utk referensi kunjungi "rangkaianskemaelektronika.blogspot.com" tanpa tanda petik

    4. salam kenal juga ๐Ÿ™‚

  15. makasih atas info nya gan

    1. sama-sama mas gan smoga bermanfaat..

  16. Trimash kasih posting yg bermanfaat

    1. terima kasih kembali atas kunjungannya....silakan kembali lagi dengan pembahasan yang berbeda

  17. untuk @yohanes :
    lampu lalu lintas itu di program yang di namakan PLC (Program Logic Control)

  18. Kalau boleh tau, berapa ya kira-kira harga timernya?

  19. Sy perlu timer utk acara seminar. Jadi setelah 40 mnt lampu hijau nyala. 5 mnt kemudian lampu merah nyala dan lampu hijau mati. Ini utk manandakan wkt habis. Timer apa yg bs digunakan. Tks

    1. sebenarnya timer seperti yang saya jelaskan itu cukup simpel digunakan, karena tidak perlu membuat rangkaian kontrol yang rumit, namun jika di gunakan seperti rencana sobat tipe timer ini tidak pas, baiknya timer yang digunakan adalah tipe untuk pengontrolan kelistrikan (bisa merk OMRON) jika sobat kurang paham masalah kelistrikan silakan minta bantu teman sobat aja

    2. yohanes,saya bisa membuat nya kunjungi 'www.rangkaianskemaelektronik.blogspot.com

  20. untuk timer harusnya ada 2

    1. untuk jumlah timer terserah sobat aja maunya berapa, terima kasih karena udah mampir,

    2. Untuk kebutuhan timer tergantung dari system yang aka kita buat. Jadi kita bisa membuat sebuah rangkaian system dengan beberapa timer.
      Tetapi perlu diperhatikan arus pada bebannya dan spesifikasi dari kontak No-Nc pada timer berapa kemampuannya. Jgn sampai salah perhitungan, apabila arus beban lebih besar dari kempuan arus kontak timer, maka timernya yang akan terbakar. Harganya lumayan dan hangus karena salah perhitungan.

  21. kalau bisa saklar perintah suara

    1. ๐Ÿ™‚ beloom ke situ, ilmunya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Akhdanazizan.com © 2013-2017 Supported By IDwebhost