Rangkaian Utama Forward – Reverse Star – Delta

By : Akhdanazizan

Hari ini saya mau nulis lagi ini,kalau posting yang lalu telah dibahas Pengasutan Bintang (star) – Segitiga (delta) dan Rangkaian Utama Pembalik Putaran Motor Listrik 3 Fasa, untuk kali ini saya akan menggabungkan 2 judul posting tadi menjadi seperti judul diatas yaitu rangkaian utama forward reverse star delta. Setelah posting ini selesai baru akan membahas rangkaian kontrolnya. Bagi yang butuh rangkaian utamanya silakan lanjutkan untuk membacanya dan kalau bisa ya di aplikasikan aja.

Cerita pengalaman dulu ya : Sebenarnya judul rangkaian utama forward reverse star delta ini telah saya praktekan dengan kawan2 kuliah, waktu itu ya sempat bingung juga si bagaimana model rangkaiannya, biasanya yang sering dirancang disekolah hanya menjalankan motor listrik dengan hubungan star-delta, tiba di suruh oleh dosen untuk merencanakan sesuai dengan judul tersebut diatas, malah jadi bingung. Tapi berkat kerjasama dari teman2 akhirnya bisa juga, eh akhirnya kami yang cepat selesai. Pada test pertama dilakukan, dengan hubungan Forward Star-Delta, untuk hubungan ini motor listrik dapat berputar dengan sistem otomatis dari star ke delta, lalu kawan pun senang, setelah tombol tekan / Push button STOP di tekan rencananya mau dilanjutkan untuk test yang kedua. Pada test yang kedua ini yaitu dengan cara kerja Reverse Star – Delta test kedua ini yang gagal pada saat mau beralih dari Star ke Delta malah motor listriknya mendengung gak mau berputer sehingga dibongkar lagi hubungan kabelnya, tapi akhirnya berhasil. Ya begitulah pengalaman yang saya dapat tentang rangkaian utama forward reverse star delta dan hari ini akan saya bagikan kepada kawan- kawan pengunjung blog ini.

Untuk rangkaian yang dimaksud dapat dilihat pada gambar berikut yang saya buat dengan AUTOcad Electrical 2013,  Rangkaian Utama Forward   Reverse Star   Delta Maaf kalau simbol komponennya kurang sesuai dengan statndard indonesia, soalnya ini standard luar, berikut gambarnya. Mari saya jelaskan prinsip kerja dari rangkaian utama forward reverse star delta tersebut, dari gambar tesebut terlihat ada 4 buah kontaktor yang melayani 1 motor listrik 3 fasa tapi tidak semua kontaktor magnet difungsikan hanya berdasarkan ketentuan tertentu. Jika pada rangkaian tersebut yang kita harapkan adalah kondisi Forward dengan Hubung Star – Delta maka yang akan bekerja adalah Kontaktor dengan Notasi KF, KB dan KD. Sedangkan jika kita harapkan adalah kondisi Reverse dengan hubung Star – Delta, maka yang akan bekerja adalah kontaktor dengan Notasi KR, KB dan KD. Untuk Keterangan Notasi kontaktor yaitu :

  1. KF (Kontaktor Forward)
  2. KR (Kontaktor Reverse)
  3. KB (Kontaktor Untuk Hubung Bintang / Star)
  4. KD (Kontaktor untuk Hubung Delta / segitiga)

Jika dalam mengoperasikan Motor Listrik untuk rangkaian utama forward reverse star delta yang dibenarkan apabila jika telah terjadi kondisi tertentu misalnya telah terjadi kondisi dengan keadaan Forward maka pengotrolan harus mengunci rangkain untuk meminimalisir gangguan antar fasa apabila sengaja atau tidak sengaja mengoperasikan pada hubungan Reverse. Begitu juga sebaliknya jika telah terjadi pada hubungan reverse pengotrolan harus mengunci rangkaian, walaupun dengan sengaja atau tidak sengaja mengoperasikan dengan kondisi Forward melainkan salah satu dari Kondisi forward atau Reverse dalam keadaan tidak Aktif (motor listrik harus dalam Keadaan berhanti). Untuk membuat atau merencanakan rangkaian pengontrolannya ini terserah sobat namanya pengontrolan kan masing2 cara berfikirnya berbeda. Tapi untuk posting yang selanjutnya akan saya coba untuk membuat rangkaian pengonrolannya biar ada gambaran sobat2. Begitu lah gambaran rangkaian utama forward reverse star delta
semoga bermanfaat. Tinggalkan pesan anda jika ada saran dan pertanyaan.

Jika tulisan ini bermanfaat buat sobat pembaca mohon untuk di Share

Berikut Adalah Keyword Untuk Judul Posting Diatas :

1 Komentar Tentang “ Rangkaian Utama Forward – Reverse Star – Delta

  1. Derry Tannama

    saya pernah waktu praktek di smk mau coba yang seperti ini
    rangkaian kontrolnya sudah oke,tapi rangkaian utamanya gak ketemu-ketemu
    terima kasih nih ilmu barunya

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>