Rangkaian Star Delta Manual Motor Listrik 3 Fasa

Rangkaian star delta manual: posting kali ini agak mundur kebelakang soalnya kalau posting terdahulu yang saya bagikan yang otomatis dan yang sekarang secara manual. Secara umum tidak jauh berbeda hanya saya ada pengurangan komponen yang membuat otomatis tersebut menjadi manual.

Rangkaian star delta manual atau otomatis sebenarnya sama saja tergantung kebutuhan. Bedanya jika ingin proses yang instan cukup tekan sekali sudah mewakili kerja star dan delta. Jika manual maka proses menyalakan beban motor memerlukan 2 langkah yang pertama bintang dan yang kedua delta secara manual.

Untuk rangkaian star delta yang otomatis sobat bisa membaca kembali posting saya terdahulu dengan judul “Rangkaian Star Delta Motor Listrik 3 Fasa”. Dan rangkaian daya/utamanya bisa dilihat pada posting saya yang ini “Rangkaian Utama Star Delta Motor Listrik 3 Fasa”.

Gak usah berpanjang lebar lagi silakan lihat gambar berikut inistar delta manual

Komponen Utama Rangkaian Star Delta Manual

  1. Tombol tekan untuk STOP
  2. Tombol tekan ON_1 untuk menyalakan motor pada kondisi star (bintang).
  3. Tombol tekan ON_2 untuk menyalakan motor pada kondisi Delta (segitiga).
  4. 3 Buah Kontaktor magnet yang masing masing berfungsi sebagai kontaktor utama (KU), kontaktor untuk hubungan star (STAR) dan kontaktor untuk hubungan delta (DELTA)
  5. Dan lain lain seperti box, kabel, rel omega, duck jika ingin di buat menggunakan panel.

Spesifikasi komponen tombol

Untuk tombol tekan ON2 dibutuhkan spesifikasi yang harus memiliki 1 kontak NO dan 1 Kontak NC seperti gambar disamping .

 

Untuk kontaktor KU (Kontaktor Utama) membutuhkan kontak NO sebanyak 2, dengan notasi 13-14 dan 43-44. Sementara untuk kontaktor Delta memerlukan 1 NO (13-14) dan 1 NC (21-22) dan yang lainnya standar aja.

Prinsip kerja rangkaian star delta manual

  1. Berdasarkan gambar rangkaian di atas, jika tombol ON1 ditekan sesaat maka arus listrik akan mengalir menuju kontaktor utama (KU) sekaligus menyalakan Kontaktor STAR. Pada kondisi ini motor listrik 3 fasa bekerja dengan hubungan STAR (Bintang).
  2. Sesaat kemudian jika ingin berpindah dari hubungan star ke hubungan delta maka cukup menekan tombol ON_2 dengan gaya tekan yang agak kuat karena tombol tekan ON_2 ini mempunyai 2 kontak yang berfungsi memutus dan menghubung arus kebeban.
  3. Setelah waktu nyala motor listrik di rasakan sudah cukup maka seluruh rangkaian dapat dioff kan dengan menekan tombol stop seketika motor listrik akan berhenti.

Rangkaian star delta manual tersebut dilengkapi dengan proteksi interlock yang dirancang untuk mengatasi kemungkinan “Human Erorr” karena lupa.

Yaitu jika menjalakan motor dengan menekan tombol ON_2 secara tidak sengaja maka motor listrik tidak akan menyala selagi tombol ON_1 belum ditekan.  Untuk lebih jelasnya silakan sobat lihat gambar ilustrasi perubahan dari star ke delta berikut :

rangkaian star delta manual

Demikian pembahasan tentang rangkaian star delta manual mudah mudahan yang singkat ini bermanfaat bagi yang membutuhkan. Silakan jalin komunikasi dengan meninggalkan jejak pada kolom komentar

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *