Rangkaian Star Delta Motor Listrik 3 Fasa

Rangkaian Star Delta motor listrik adalah posting selanjutnya setelah beberapa waktu yang lalu saya telah membahas tentang “gambar hubungan star delta motor listrik 3 fasa“ rasanya tidak sah kalau tidak mengaplikasikannya dan membuat rangkaian kontrolnya. Berbicara tentang rangkaian star delta motor listrik, apakah semua motor listrik 3 fasa harus di jalankan sesuai judul posting kita kali ini ?, ternyata tidak, namun yang sangat menentukan apakah motor listrik yang kita miliki akan di pasang dengan rangkaian star delta atau star saja atau delta saja adalah berkaitan dengan sumber listrik yang tersedia dan keterangan (Name Plate) yang dimiliki oleh motor listrik tersebut.

Sebenarnya apa sih tujuan dari rangkaian star delta pada motor listrik 3 fasa ? tidak lain adalah untuk mengurangi nilai arus start yang besarnya sekitar 2 – 5 kali arus nominal motor listrik.  Berikut ini saya beri gambaran dari beberapa name plate motor listrik 3 fasa pada tabel dibawah ini, angka pada name plate motor listrik merupakan penjelasan tentang tegangan kerja kumparan motor jika motor tersebut dihubungkan star atau delta . oya lupa perlu diingat bahwa besar tegangan 3 fasa di indonesia adalah sebesar 380 Volt, sehingga harus kita sesuaikan dengan name plate motor.

Rangkaian star deltaUntuk Name Plate No 1. Motor listrik tidak bisa dijalankan dengan sistem rangkaian star delta kenapa ? karena tegangan PLN dengan tegangan motor adalah pada hubungan star (Bintang) saja. Semetara jika di hubungkan dengan sistem delta kemungkinan motor akan terbakar karena jika di hubungkan dengan tegangan PLN sebesar 380 V otomatis kumparan motor tidak akan bertahan lama. Untuk Name Plate motor No 2 dan 3 motor listrik bisa dijalankan dengan sistem rangkaian star delta malah dianjurkan kenapa, karena tegangan kumparan sebesar 660 V, 690 V jika diberikan input tegangan sebesar 380 V maka motor listrik akan menarik arus menjadi kecil, karena menyesuaikan dengan daya pada motor tersebut.  saya cukup pendahuluannya sekarang lihat pada gambar berikut ini.

Rangkaian star delta

Prinsip Kerja Rangkaian Star Delta

Pada gambar rangkaian star delta berikut ini saya buat 2 kondisi yaitu pada kondisi star dan kondisi delta dengan tujuan biar jelas bagaimana prinsip kerja rangkaian star delta nya. Prinsip kerja Rangkaian star delta sederhana sekali yaitu Ketika tombol start di tekan sesaat maka kondisi star akan aktif, sesaat kemudian kondisi star akan mati bergantian dengan kondisi delta yang akan menyala. Perpindahan antara kondisi star ke delta di atur waktunya secara otomatis oleh timer, yaaa sekitar 3 detik gitu. Sedangkan tombol stop berfungsi untuk memutus aliran listrik keseluruh rangkaian.

Rangkaian star delta

Untuk gambar hubungan star delta pada kumparan motor listriknya silakan cek posting terdahulu pada gambar hubungan star delta motor listrik 3 fasa, semoga tulisan yang singkat ini tentang Rangkaian Star Delta Motor Listrik bermanfaat bagi sobat pengunjung, sampai jumpa pada posting selanjutnya.

Share this with your friends

11 Comments

Add a Comment
  1. Gan saya mau tanya .. pada tegangan Y 660 dan delta 380.. gimana caranya mengubah tegangan yang dari tegangan Y 660 ke delta 380 ya?..masih bingungg

    1. Tegangan tersebut merupakan tegangan pengenal pada motor listrik tidak usah di ubah, motor tersebut hanya bisa dijalankan dengan hubungan delta 380V karena tegangannya sama dengan tegangan line 380V (tegangan PLN). kalaupun mau dihubungkan bintang itu hanya untuk mengurangi arus start, bukan untuk di jalankan secara terus menerus. untuk rangkaian utamanya nanti akan saya posting insyaallah,, demikian

  2. Tanya Gan, kalau timer nya rusak, sehingga hanya KU yang ON sedangkan KS dan KD tidak ON apa yang akan terjadi dengan motor ?
    Motor muter apa kagak?
    terus motornya bisa rusak gak ya..?

    tx Gan.

    1. silakan ganti timernya, sementara belum diganti gak masalah jika hanya KU saja yang nyala, pengaruh terhadap motor listrik tidak ada dan tidak akan rusak cuma motor tidak jalan dan pada kumparan terdapat tegangan jadi hati hati aja terhadap tegangan sentuh ntar nyetrum, saran saya matikan aja sumbernya sambil menunggu timer yang baru….demikian

  3. dengan name plate motor 400 / 690 V dan sumber PLN 380 V motor bisa dihubung star ataupun delta. Kata “bisa” disini mungkin lebih tepat diartikan diijinkan / aman tanpa merusak lilitan motor ya? karena efeknya pada kondisi ini motor tidak akan berputar dengan putaran nominalnya disebabkan motor tersebut mendapatkan tegangan sumber dibawah tegangan kerjanya.
    salam kenal…

  4. Nak tnya klau auto trans 3 kontaktor 1 timer kn…jdi apabila berfungsi kontaktor mne yng ber jln?

  5. Mau tanya gan. saat rangkaian delta bekerja T1 (NO) awalnya, setelah waktu timernya terpenuhi akan berubah menjadi NC untuk sesaat. Saya bingung karena kontaknta gak berubah, masih dalam posisi NO saat rangkaian delta yg bekerja. Thx

  6. tengkyu udah share. jadi lebih tau lagi tentang rangkaian star-delta.

  7. 🙂 berarti di setiap kontaktor & timer sumber listrik masing2 terpisah ya gan, .. tolong jelaskan gan secara menditail sumber2 power yg didapat dri masing2 alat pengendali itu, ap lewat MCB atau Busbar atau ap gtu..????

    🙂 oiya Agan akdhanazizan pertanyaan sy lain’y adalah :”Bagaimana cara merangkai NC yg kita tambahkan pada kedua kontaktor (K2 bintang & K3 Delta) yg fungsi’y mengunci masing2 kontaktor agar tdk bekerja bersamaan) karena dy lihat di artikel wiring diagram Agan itu NC terletak di luar dua kontaktor itu???

    Sy mohon penjelasan’y Gan Zizan 🙂 & sy jg mohon maaf sdh banyl tanya.. krna sy sangat awam tpi sangat tertaring mengenai hubungan Star Delta Motr listrik 3 fase ini 🙂

    Terimakasih 🙂

  8. Gan mau tanya: .. berarti jika rangkaian kontaktor star & delta menggunakan tdr/timer berarti sumber tegangan yg didapat oleh kedua kontaktor tersebut dari timer ya? & sumber dari timer itu didapat lewat mana????

    Mohon jawaban’y?? 🙂

    1. timer tersebut hanya perantara saja yaitu untuk memutus dan menghubungkan aliran listrik pada kontaktor KS (star/bintang) dan Kontaktor KD (delta)dengan selang waktu tertentu. oya semua komponen seperti kontaktor maupun timer sama sama bekerja pada satu sumber listrik 1 fasa, demikian 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Akhdanazizan.com © 2013-2017 Supported By IDwebhost