Rangkaian Star Delta Motor Listrik 3 Fasa

Rangkaian Star Delta motor listrik adalah posting selanjutnya setelah beberapa waktu yang lalu saya telah membahas tentang “gambar hubungan star delta motor listrik 3 fasa“ rasanya tidak sah kalau tidak mengaplikasikannya dan membuat rangkaian kontrolnya.

Berbicara tentang rangkaian star delta motor listrik, apakah semua motor listrik 3 fasa harus di jalankan sesuai judul posting kita kali ini ?. Ternyata tidak, namun yang sangat menentukan apakah motor listrik yang kita miliki akan di pasang dengan rangkaian star delta atau star saja atau delta saja adalah berkaitan dengan sumber listrik yang tersedia dan keterangan (Name Plate) yang dimiliki oleh motor listrik tersebut.

Sebenarnya apa sih tujuan dari rangkaian star delta pada motor listrik 3 fasa ? tidak lain adalah untuk mengurangi nilai arus start yang besarnya sekitar 2 – 5 kali arus nominal motor listrik.  Berikut ini saya beri gambaran dari beberapa name plate motor listrik 3 fasa pada tabel dibawah ini.

Angka pada name plate motor listrik merupakan penjelasan tentang tegangan kerja kumparan motor jika motor tersebut dihubungkan star atau delta . oya lupa perlu diingat bahwa besar tegangan 3 fasa di indonesia adalah sebesar 380 Volt, sehingga harus kita sesuaikan dengan name plate motor.

Rangkaian star deltaUntuk Name Plate No 1. Motor listrik tidak bisa dijalankan dengan sistem rangkaian star delta kenapa ? karena tegangan PLN dengan tegangan motor adalah pada hubungan star (Bintang) saja. Semetara jika di hubungkan dengan sistem delta kemungkinan motor akan terbakar karena jika di hubungkan dengan tegangan PLN sebesar 380 V otomatis kumparan motor tidak akan bertahan lama.

Untuk Name Plate motor No 2 dan 3 motor listrik bisa dijalankan dengan sistem rangkaian star delta malah dianjurkan kenapa, karena tegangan kumparan sebesar 660 V, 690 V jika diberikan input tegangan sebesar 380 V maka motor listrik akan menarik arus menjadi kecil, karena menyesuaikan dengan daya pada motor tersebut.  saya cukup pendahuluannya sekarang lihat pada gambar berikut ini.

Rangkaian star delta

Prinsip Kerja Rangkaian Star Delta

Pada gambar rangkaian star delta berikut ini saya buat 2 kondisi yaitu pada kondisi star dan kondisi delta dengan tujuan biar jelas bagaimana prinsip kerja rangkaian star delta nya. Prinsip kerja Rangkaian star delta sederhana sekali yaitu Ketika tombol start di tekan sesaat maka kondisi star akan aktif, sesaat kemudian kondisi star akan mati bergantian dengan kondisi delta yang akan menyala. Perpindahan antara kondisi star ke delta di atur waktunya secara otomatis oleh timer, yaaa sekitar 3 detik gitu. Sedangkan tombol stop berfungsi untuk memutus aliran listrik keseluruh rangkaian.

Rangkaian star delta

Untuk gambar hubungan star delta pada kumparan motor listriknya silakan cek posting terdahulu pada gambar hubungan star delta motor listrik 3 fasa, semoga tulisan yang singkat ini tentang Rangkaian Star Delta Motor Listrik bermanfaat bagi sobat pengunjung, sampai jumpa pada posting selanjutnya.

18 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *