Rangkaian Lampu Jalan Dengan Timer Listrik Dan Kontaktor

Diposting pada

Rangkaian Lampu Jalan Dengan Timer Listrik Dan Kontaktor

Rangkaian Lampu Jalan Dengan Timer Listrik – Hallo Teman-teman pengunjung hari ini saya akan share lagi ni. Salah satu rangkaian kontrol yang mungkin berguna bagi teman-teman yang butuh rangkaian lampu jalan dengan timer listrik dan kontaktor.

Meskipun banyak lampu jalan yang sudah bertebaran dijalan-jalan indonesia tercinta ini tentu banyak juga dari mereka yang sudah pada tahu. Untuk itu posting ini untuk teman-teman yang belum tau aja.

Sebenarnya Rangkaian Lampu Jalan Dengan Timer Listrik Dan Kontaktor hanya salah satu contoh penerapan rangkaian kontrol dengan timer listrik seperti theben dan kontaktor.

Dan jika teman-teman telah paham mungkin lebih banyak lagi rangkaian kontrol yang dapat teman-teman terapkan sesuai kebutuhan teman-teman. Baik berikut ini saya tampilkan rangkaian kontrol tersebut mudah mudahan bisa di pahami.

rangkaian lampu jalan dengan timer dan  kontaktor

Rangkaian lampu jalan dengan timer tersebut simpel aja komponen utama yang di butuhkan pun hanya timer listrik (timer theben) dan 1 buah kontaktor serta komponen pendukung lainnya seperti kabel, MCB dan lampu sehingga jika ingin dirakit gampang.

Untuk jumlah lampu saya hanya ngasih 3 buah lampu saja yang terpasang pada 3 buah kontak utama kontaktor 1-2, 3-4, dan 5-6. Selebihnya tergantung sobat untuk menentukan seberapa banyak lampu yang dibutuhkan.

Jika rangkaian tersebut digunakan untuk mengontrol lampu penerangan jalan umun berarti labih banyak lampu yang diperlukan.

Prinsip kerja rangkaian

Lalu bagaimana prinsip kerja rangkaian lampu jalan dengan timer listrik tersebut ?. Mari saya jelaskan, ketika arus listrik dialirkan dengan mengOnkan MCB 1 maka arus listrik masuk pada coil timer 7-8.

Namun sebelumnya setting terlebih dahulu timer listrik tersebut, jika belum tahu silakan cek posting cara setting timer listrik. Ketika waktu yang di tentukan tadi sudah tercapai maka kontak timer 2 – 1 akan segera menutup sehingga arus listrik akan mengalir menuju coil kontaktor.

Baca juga :  Rangkaian Kontrol Motor Listrik Forward Reverse

Dengan mengalirnya arus listrik pada coil kontaktor maka kontaktor juga akan bekerja dan lampu-lampu yang terhubung dengan kontak-kontak utama (NO) kontaktor akan menyala ketika MCB 2 dalam keadaan ON. Begitu prinsip kerja nya sederhana bukan? 🙂

Jadi silakan dirakit untuk keperluan teman-teman. Perlu teman-teman ketahui untuk harga timer listrik (Theben) tersebut kira kira 300an. Dan untuk harga kontaktor magnet bervariasi harganya sesuai dayanya kira kira 100an lebih sampai mahal pokoknya 🙂 .

Demikian posting kali ini tentang Rangkaian Lampu Jalan Dengan Timer Listrik Dan Kontaktor semoga bermanfaat dan dapat diterapkan.

14 komentar.

  1. Kalau lampu ada 10, dan hanya menggunakan 1 kontaktor, apa untuk lampu lainnya di pararel? terima kasih…

    apa punya gambar penjelasan gambar single line tsb?
    trima kasih ditunggu jawabannya

    1. iya silakan di paralel saja, yang penting jumlah arus lampu tidak melebihi kemampuan arus kontak kontaktor magnet biar kontaktornya awet.
      untuk single line diagram silakan gunakan gambar diatas, jika ingin menambah lampu silakan diparalel saja pada lampu RD sebanyak 10 lampu misalnya, lalu pada lampu YE di paralel 10 lampu atau lampu GN di paralel 10 lampu, dengan di paralel seperti itu maka jumlah lampu sebanyak 30 lampu. Atau terserah berapa banyak lampu yang penting tidak melebihi kemampuan arus kontak kontaktor. demikian

  2. assallamuallaikum, kang, maf nih sya mo nanya, klo cara menyeting wktu setingan temer itu gmnah ya, klo jm 06 pagi mati, &klo jm 18 sore nyalah,.
    trimakasih kang

  3. Bung, tapi kayaknya tidak seperti penerangn jalan yang asli, soalnya pada rangkaian lampu jalan asli, setiap lampu akan menyala bergantian, tidak bersamaan…
    Makasih

    1. Dari rangkaian diatas memang menggunakan 2 MCB yaitu untuk Timer (MCB 1) dan untuk beban lampu (MCB 2), untuk ukurannya MCB 2 tergantung berapa besar bebanya.mau disamakan atau dibedakan tidak masalah, jika ingin disamakan maka MCB 2 sebagai patokannya.

      Atau

      bisa juga rangkaian diatas hanya menggunakan 1 buag MCB saja yaitu MCB 1 untuk Timer ditiadakan lalu timer di hubungkan langsung setelah MCB 2 atai disambung pada kontak utama kontaktor pada notasi (1 atau 3 atau 5) dengan demikian lebih irit…. Demikian

  4. Pak klo untuk pemasangan 3 lampu led 7watt hrs menggunakan kontaktor tidak?klo bisa tanpa kontaktor bagaimana wirring diagramnya,klo bpk berkenan tolong kirimkan gambarny ke email budithea900@gmail.com,atas bantuannya sy ucapkan trma ksh

    1. Siang juga,, notasi tersebut biasa di gunakan pada rangkaian kontrol yang mana notasi a1 dan a2 berfungsi sebagai penanda terminal coil pada kontaktor sedangkan notasi 7 dan 8 ini notasi yang terdapat pada timer listrik, intinya sama saja sebagai peletakan sumber listrik fasa netral atau netral fasa. demikian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *