Rangkaian Lampu Jalan Dengan Timer Listrik Dan Kontaktor

Rangkaian Lampu Jalan Dengan Timer Listrik Dan Kontaktor

Rangkaian Lampu Jalan Dengan Timer Listrik - Hallo sobat pengunjung hari ini saya akan share lagi ni salah satu rangkaian kontrol yang mungkin berguna bagi sobat yang butuh rangkaian lampu jalan dengan timer listrik dan kontaktor. Meskipun telah banyak lampu jalan yang sudah bertebaran di jalan jalan indonesia tercinta ini tentu banyak juga dari mereka yang sudah pada tahu. Untuk itu posting ini untuk sobat yang belum tahu aja.

Sebenarnya Rangkaian Lampu Jalan Dengan Timer Listrik Dan Kontaktor hanya salah satu contoh penerapan rangkaian kontrol dengan timer listrik seperti theben dan kontaktor dan jika sobat telah paham mungkin lebih banyak lagi rangkaian kontrol yang dapat sobat terapkan sesuai kebutuhan sobat. Baik berikut ini saya tampilkan rangkaian kontrol tersebut mudah mudahan bisa di pahami.

rangkaian lampu jalan dengan timer dan kontaktor

Rangkaian lampu jalan dengan timer tersebut simpel aja komponen utama yang di butuhkan pun hanya timer listrik (timer theben) dan 1 buah kontaktor serta komponen pendukung lainnya seperti kabel, MCB dan lampu sehingga jika ingin dirakit gampang. Untuk jumlah lampu saya hanya ngasih 3 buah lampu saja yang terpasang pada 3 buah kontak utama kontaktor 1-2, 3-4, dan 5-6, selebihnya tergantung sobat untuk menentukan seberapa banyak lampu yang dibutuhkan, jika rangkaian tersebut di gunakan untuk mengontrol lampu penerangan jalan umun berarti labih banyak lampu yang diperlukan.

Prinsip kerja rangkaian

Lalu bagaimana prinsip kerja rangkaian lampu jalan dengan timer listrik tersebut ?, mari saya jelaskan, ketika arus listrik dialirkan dengan mengOnkan MCB 1 maka arus listrik masuk pada coil timer 7-8, namun sebelumnya setting terlebih dahulu timer listrik tersebut, jika belum tahu silakan cek posting cara setting timer listrik.

Ketika waktu yang di tentukan tadi sudah tercapai maka kontak timer 2 - 1 akan segera menutup sehingga arus listrik akan mengalir menuju coil kontaktor, dengan mengalirnya arus listrik pada coil kontaktor maka kontaktor juga akan bekerja dan lampu-lampu yang terhubung dengan kontak-kontak utama (NO) kontaktor akan menyala ketika MCB 2 dalam keadaan ON. Begitu prinsip kerja nya sederhana bukan? 🙂

Jadi silakan dirakit untuk keperluan sobat, perlu sobat ketahui untuk harga timer listrik (Theben) tersebut kira kira 300 an lebih dikit dan untuk harga kontaktor magnet bervariasi harganya sesuai dayanya kira kira 100 an lebih sampai mahal pokoknya 🙂 , demikian posting kali ini tentang Rangkaian Lampu Jalan Dengan Timer Listrik Dan Kontaktor semoga bermanfaat dan dapat diterapkan.

10 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *