Putaran Kipas Angin Menjadi Pelan, Kenapa ?

Putaran kipas angin menjadi pelan biasanya pasti terjadi apabila pemakaian sudah sekian lama kira kira minimal 2 sampai 3 tahun apalagi pemakaian yang maksimal misal sampai semalaman. Contohnya kipas angin milik saya sendiri yang dulunya kencang banget anginnya sampai sekarang sudah 3 tahun berubah menjadi angin sepoi sepoi. Apakah kipas angin sobat sedang mengalami hal yang sama ?. jika iya maka sobat tepat berada disini. Baca dulu artikel ini 🙂 jangan tergesa gesa untuk menyimpan kipas angin tersebut ke dalam gudang atau ke loak, karena kemungkinan besar masih bisa diperbaiki.

Penyebab Putaran kipas angin menjadi pelan

Ada beberapa penyebab putaran kipas angin menjadi pelan atau malah tidak berputar sama sekali diantaranya :

putaran kipas angin menjadi pelan

  1. Penyebab Putaran Kipas Angin Menjadi Pelan yang pertama adalah AS Rotor yang lengket dengan bering yang disebabkan oleh hilangnya pelumas pada AS Rotor karena usia pemakaian yang cukup lama dan panas untuk solusinya tinggal kasih pelumas aja.
  2. Penyebab Putaran Kipas Angin Menjadi Pelan yang kedua adalah Kapasitor sudah mulai lemah, meskipun body kapasitor masih kelihatan bagus jangan dikira bahwa kapasitor tidak rusak contohnya kapasitor kipas angin saya sendiri masih bagus tau taunya nilai kapasitornya sudah tidak pas lagi alias nilainya berkurang, apalagi fungsi kapasitor sangat berpengaruh sekali terhadap putaran kipas angin. Berkurangnya nilai kapasitor juga di sebabkan oleh usia kipas angin dengan pemakaian yang maksimal dan terus menerus yang mengakibatkan berkurangnya cairan elektrolit dalam kapasitor tersebut, akibat panas yang mana eletrolit tersebut berfungsi sebagai penyimpan muatan listrik. Solusinya silakan sobat ganti baru kapasitor tersebut dengan nilai yang sama sesuaikan dengan kipas angin milik sobat, biasanya nilai kapasitor kipas angin 1,5 μF atau 2,5 μF , jangan di ganti yang kecil maupun yang besar melebihi nilai asalnya.
  3. Thermostat dan kumparan pada kipas angin, jika thermostat dan kipas angin yang bermasalah misalnya thermostat sudah tidak berfungsi lagi jangankan putaran kipas angin menjadi pelan bahkan malah tidak berputar sama sekali, begitu juga apabila yang bermasalah adalah kumparan kipas anginnya sendiri. Jika masalah yang terjadi adalah pada thermostat silakan ganti termostatnya dan ganti yang baru, jika sulit menggantinya sortkan aja 2 kabel yang masuk pada thermostat alias gabung secara langsung tanpa melalui thermostat tersebut. namun jika kumparan sudah kelihatan terbakar atau hangus lebih bagus beli kipas angin yang baru 🙂 .

Demikian pembahasan singkat tentang kenapa putaran kipas angin menjadi pelan, mudah mudahan bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan

34 Comments

Add a Comment
  1. Mas ceiling fan saya pelan jika speed max. Padahal ukurannya 2,2uf capasitornya.. kenapa ya? Saya ganti capasitor ukuran3,25uf sangat panas mtr nya.. dan saklar speednya. Gmana ya solusinya? Mksh

  2. Gan kipas ane perlu putar manual itupun pelan, padahal udah max speed dan dinamonya panas walaupun hidup bentar kira2 ada hubunganya sama resistor gak y?

    1. Ganti aja kapasitor baru dengan ukuran yang sama, namun jika belum berhasil berarti masalahnya adalah gulungan, kalau masalah gulungan silakan di ditanyakan ke tukang perbaiki dinamo, demikian

  3. Kapasitor kipas angin aslinya 1,5 kalau diganti 2,5 mikro farad apa boleh, apa dampaknya

  4. mas saya mau tanya kipas saya tiba tiba berhenti malam hari
    dan seperti ada bau yang tidak enak di spull nya tapi kalo saat nyala diputar pakai tangan bisa lagi
    sudah saya bersihkan malah tidak nyala
    kira kira gimana ya mas

    1. Bisa di cek kumparannya apa ada tanda tanda hangus jika iya maka motornya layak di lilit ulang, jika lilitan kelihatan masih bagus aja maka silakan di ganti kapasitornya, kadang juga masalah kapasitor karena pemakaian nonstop,,, demikian semoga membantu

  5. mas saya punya sudah beli kira 1 tahunan tetapi kipas saya bisa di bilang masih baru soalnya jarang tak pake klo di hitung pemakaian dalam 1 bulan cuman 2 hari lah itupun g pernah full day makenya. permasalahan lama2 pertama waktu dinyalakan cuman ada bunyi "ngung" tidak berputar,trus jarak waktu 5 menit ada putaran tp pelan 10 menit lg langsng berputar normal.dan skr tidak berputar sama sekali. kira2 apa ya mas? apa kapasitornya? blm ngecheck sih cos blm tau caranya.maksih seblmnya.

    1. silakan aja di putar kipasnya pakai tangan terlebih dahulu tanpa menggunakan listrik, bagaimana kondisinya apakan entang di putar atau berat jika berat silakan di kasih pelumas pada beringnya. jika enteng diputar coba aja diganti kapasitornya, jika masih belum juga mau muter yang terakhir bongkar statornya , pada kumparan terdapat thermofuse yang berfungsi untuk memutus aliran listrik jika kumparan terlalu panas, coba di konsletkan aja kedua kaki thermofuse tersebut dengan demikian agar membuat thermo tidak kita fungsikan

      Demikian semoga membantu 🙂

  6. saya ingin tanya kipas saya berputar Lambat namun saat diawal saja setelah itu saat sudah dapat berputar dengan normal terdegar suara nyaring.terjadi kerusakan pada apa,mohon bantuannya

    1. Berarti putaran sudah normal, kalau menimbulkan bunyi, bisa saja :
      1. Bering sudah longgar akibat pemakaian yang lama sehingga rotor (yang berputar) sudah tersentuh sama stator (yang diam tempat peletakkan kumparan), selanjutnya
      2. Bisa aja bodi kipas ada yang longgar
      jika masalah nya adalah no. 1 silakan bongkar dan kasih pelumas pada bering atau ganti, jika masalah nya no.2 silakan di kencangkan,,,,, demikian semoga membantu

  7. Donny Harimurti

    Terima kasih mas Abu Akhdan telah membuat rubrik ini, menurut saya ini sangat bermanfaat, apa lagi di saat encari solusi dengan memperbaiki sendiri bisa sangat menghemat pengeluaran rumah tangga.
    Kipas angin saya kalau sudah dihidupkan lebih dari 10 menit putarannya jadi lambat, kemudian hanya bergetar saja, seperti tidak ada kapasitornya. Kalau diraba di daerah kumparannya panas sekali. Sudah saya coba mengganti kapasitor dengan kapasitas yang sama tetapi keadaan tetap seperti itu. Kalau tidak dialiri listrik putarannya ringan sekali, jadi sepertinya bukan masalah bearing. Kira-kira kenapa ya mas?

    1. terima kasih sudah berkunjung...
      selain dari kapasitor ada 1 lagi komponen di dalam kumparan kipas angin yang berfungsi sebagai proteksi panas, silakan temukan komponen tersebut seperti gambar ini Fius Kipas angin biasanya fius ini sudah membesar tahanannya, caranya silakan buka komponen tersebut lalu putuskan kedua kakinya setelah itu kabel yang telah di putus tadi silakan di sambung secara langsung....semoga berhasil. jika tidak berhasil berarti masalah kumparan dan ini harus yang ahlinya yang terjun 🙂 demikian semoga membantu

  8. thanks tips berhasil gan

  9. mas kalau kipas anginku dinyalain bisa pas mau ditambah(dinaikan ) kecepatan putarannya tiba-tiba mati. begitu seterusnya.

    1. kemungkinan ada kabel yang terputus untuk kecepatan tingginya jadi silakan dicek terlebih dahulu, demikian

  10. kalau kumparannya yang rusak trs mau ganti kawatnya ada yng jual tdk ya mas?

    1. ada jual kawatnya, sekarang juga sudah ada yang jual statornya sekalian kumparannya...jadi gak bingung lagi mau gulung ulang tinggal sesuaikan aja

  11. Mas bro... Kipas angin saya tiba" tenaganya kurang alias tidak bisa muter kalo gak dibantu tangan. Awalnya saya pikir kapasitornya. Tapi waktu saya ganti kapasitor tetap tdk bertenaga padahal arus listriknya ada.. Kenapa yam?

    1. kalau seandainya entang jika di putar saat mati berarti masalahnya bukan pada as rotornya, bagitu juga jika sudah di ganti kapasitor masih juga tidak bergerak ketika dinyalakan maka memungkinan yang terjadi adalah kumparan motor ada yang shot sehingga akan mempengaruhi fluk magnet, hal ini terjadi karena pemakaian dalam waktu yang lama dan penyebabnya adalah panas. selain dari kumparan terdapat komponen tambahan alat pendeteksi panas lebih yang di pasang pada celah celah kumparan, kemungkinan terbesar masalahnya thermostat itu silakan lepaskan aja termostatnya dan hubungkan secara langsung...mudah mudahan berhasil....demikian

  12. Kipas angin saya pelan sekali berputar knapa ya.

  13. Gan mau tanya kalo di bagian rotor itu kan ada seperti baling''nya kalo itu patah semua apa berpengaruh pada kipas? Makasih tolong dijwb...:)

  14. Kalau kapasitor di ganti lebih besar dr semula, pengaruhnya apa ya?

    1. kalau Kapasitornya diganti dengan yang lebih besar misalnya 1,2 micro di ganti 4 micro, ini pengaruhnya sangat besar bisa mengakibatkan kumparan motor kipas angin akan terbakar karena......

  15. Khoirun Nasikh

    min kipas angin saya klo pkek kapasitor 1,2 kecepatan 3 gk bisa. tp klo pkek kapasitor 1,5 hanya kecepatan 1 yg bisa. itu mengapa????

  16. makasih sharenya

  17. Assalamualaikum. Sy mo tanya kipas angin asnya aus apakah ada dijual spare partnya. makasih mhn balasanya

    1. Kalau beringnya saya pernah lihat ada yang jual, namun untuk rotornya saya belum ketemu kecuali rotor pompa air itupun yang 125 watt aja , namun itu di tempat saya mungkin di tempat sobat barangkali lebih lengkap.... demikain

  18. Terima kasih Pak Akhdan untuk artikelnya, dengan melihat artikel bpk saya memperbaiki kipas angin sendiri, tapi ada yang mau saya tanyakan pak. setelah ganti kapasitor kipas angin saya berputar hanya saja berputarnya terbalik/berlawanan arah dengan yang seharusnya. padahal saya tidak mengutak-atik komponen lain selain kapasitor. mohon penjelasannya. Terima kasih Pak, Salam.

  19. Kalo kdua kabel kpasitorny saya ptusin trus bekas kabel kapasitor yg masi bersisah di kipas saya satukan ap kra" yg terjadi bro,, kipas akan bisa hdup apa mlah listrik konslet bro

    1. Maaf baru ditanggapi, saya sarankan jangan di gabungkan langsung meskipun tidak akan konslet tapi untuk waktu yang tidak lama nanti terbakar karena fungsi dari kapasitor yang di susun seri contohnya kipas angin adalah menggeser sudut fasa antara kumparan bantu dan kumparan utama sekaligus sebagai tahanan jadi kalau tidak ada kapasitor maka tahanan pada kumparan (kumparan Bantu/aux) akan kecil, dampaknya kipas angin lambat dan panas demikian...
      sebagai referensi silakan di baca "Menentukan Nilai kapasitor Pompa air

  20. Klo sdh d ganti kaoasitor dg ukuran sama tp msh melambat gmn gan??

  21. terima kasih atas postingnya pak... sangat membantu bagi yg awam terlebih seperti saya...maaf pak saya mau tanya lagi soal wiring diagram ATS yg bapak posting. maaf komentar disini karna koment posting ATS penuh dan ditutup. bolehkah dikirim Wiring diagramnya pak... trims

    1. Sama sama mas bro, sebenarnya udah saya share langsung pada posting "Rangkaian Kontrol Panel ATS Genset" silakan aja cek disitu sama aja. gak apa apa lah saya kirim juga ke emailnya jadi silakan cek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Akhdanazizan.com © 2013-2017 Supported By IDwebhost