Putaran Kipas Angin Menjadi Pelan, Kenapa ?

Putaran kipas angin menjadi pelan biasanya pasti terjadi apabila pemakaian sudah sekian lama kira kira minimal 2 sampai 3 tahun apalagi pemakaian yang maksimal misal sampai semalaman. Contohnya kipas angin milik saya sendiri yang dulunya kencang banget anginnya sampai sekarang sudah 3 tahun berubah menjadi angin sepoi sepoi.

Apakah kipas angin sobat sedang mengalami hal yang sama ?. jika iya maka sobat tepat berada disini. Baca dulu artikel ini 🙂 jangan tergesa gesa untuk menyimpan kipas angin tersebut ke dalam gudang atau ke loak, karena kemungkinan besar masih bisa diperbaiki.

Penyebab Putaran kipas angin menjadi pelan

Ada beberapa penyebab putaran kipas angin menjadi pelan atau malah tidak berputar sama sekali diantaranya :

putaran kipas angin menjadi pelan

  1. Penyebab Putaran Kipas Angin Menjadi Pelan yang pertama adalah AS Rotor yang lengket dengan bering yang disebabkan oleh hilangnya pelumas pada AS Rotor karena usia pemakaian yang cukup lama dan panas untuk solusinya tinggal kasih pelumas aja.
  2. Penyebab Putaran Kipas Angin Menjadi Pelan yang kedua adalah Kapasitor sudah mulai lemah, meskipun body kapasitor masih kelihatan bagus jangan dikira bahwa kapasitor tidak rusak contohnya kapasitor kipas angin saya sendiri masih bagus tau taunya nilai kapasitornya sudah tidak pas lagi alias nilainya berkurang, apalagi fungsi kapasitor sangat berpengaruh sekali terhadap putaran kipas angin. Berkurangnya nilai kapasitor juga di sebabkan oleh usia kipas angin dengan pemakaian yang maksimal dan terus menerus yang mengakibatkan berkurangnya cairan elektrolit dalam kapasitor tersebut, akibat panas yang mana eletrolit tersebut berfungsi sebagai penyimpan muatan listrik. Solusinya silakan sobat ganti baru kapasitor tersebut dengan nilai yang sama sesuaikan dengan kipas angin milik sobat, biasanya nilai kapasitor kipas angin 1,5 μF atau 2,5 μF , jangan di ganti yang kecil maupun yang besar melebihi nilai asalnya.
  3. Thermostat dan kumparan pada kipas angin, jika thermostat dan kipas angin yang bermasalah misalnya thermostat sudah tidak berfungsi lagi jangankan putaran kipas angin menjadi pelan bahkan malah tidak berputar sama sekali, begitu juga apabila yang bermasalah adalah kumparan kipas anginnya sendiri. Jika masalah yang terjadi adalah pada thermostat silakan ganti termostatnya dan ganti yang baru, jika sulit menggantinya sortkan aja 2 kabel yang masuk pada thermostat alias gabung secara langsung tanpa melalui thermostat tersebut. namun jika kumparan sudah kelihatan terbakar atau hangus lebih bagus beli kipas angin yang baru 🙂 .

Demikian pembahasan singkat tentang kenapa putaran kipas angin menjadi pelan, mudah mudahan bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan

36 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *