Peralatan Pengaman Arus LIstrik

By : Akhdanazizan

Peralatan Pengaman Arus Listrik

Berikut ini adalah beberapa peralatan pengaman arus listrik yang juga di gunakan untuk penghubung dan pemutus. Meskipun masih ada lagi selain yang saya sebutkan, namun berikut ini cukup untuk digunakan sebagai pengaman arus listrik.

1. MCB (Miniatur Circuit Breaker)

mcbMerupakan suatu alat yang digunakan untuk pengaman dari arus hubung singkat dan dan juga sebagai pembatas arus. Untuk pengamanan dari hubung singkat MCB di desain dengan komponen relay elektromagnetik sedangkan untuk mengamankan dari beban lebih MCB dilengkapi dengan komponen Thermis (Bimetal), atau bisa juga berfungsi sebagai pembatas arus.

Contoh yang paling jelas kita lihat dalam penggunaannya dapat kita lihat pada KWH Meter, umumnya terpasang dirumah-rumah. Fungsinya adalah untuk membatasi pemakaian arus sesuai daya yang terpasang. Sedangkan apabila MCB yang di pasang Setelah KWH Meter, atau di dalam rumah biasanya di fungsikan sebagai pembagi instalasi jika MCB nya dirancang lebih dari 1 buah. Nah Jika terjadi gangguan pada instalasi baik disebabkan oleh hubung singkat atau beban lebih maka salah satu dari pengaman akan Trip (Jatuh), tergantung tingkat sensitifitas nya.

MCB dirancang dengan 1 kutub digunakan untuk 1 phasa dan 3 kutub untuk 3 phasa pemakaiannya tergantung kebutuhan. Pada terminalnya hanya di pasang untuk kabel dengan polaritas phasa (yang menyala jika di tes dengan tespen), bukan Netral (Polaritas Nol/tidak menyala).

2. MCCB (Mold Case Circuit Breaker)

2. NFB (No Fuse Circuit Breaker)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Akhdanazizan.com © 2013-2017 Supported By IDwebhost
%d blogger menyukai ini: