Penggunaan Kompor Listrik dan Cara Kerjanya

Penggunaan Kompor Listrik Dan Cara Kerjanya

Penggunaan Kompor Listrik dan Cara Kerjanya : Kompor merupakan salah satu alat yang saat ini sudah menjadi kebutuhan khusus untuk dapat mematangkan makanan, sehingga dapat di sajikan dengan lezat. Jika dulu kompor sering menggunakan minyak tanah dan korek api sebagai bahan untuk menyalakan kompor, maka dengan berkembangnya teknologi canggih saat ini kompor bisa kita dapatkan dengan energi listrik.Penggunaan Kompor Listrik dan Cara Kerjanya

Banyak yang belum mengetahui tentang keberadaan kompor listrik ini, karena masyarakat saat ini lebih memilih kompor gas sebagai alat untuk memasak. Dengan hadirnya kompor listrik ini maka kompor tak akan mengeluarkan api, meskipun tidak menggunakan api makanan tetap bisa matang dengan cepat. Itu karena kompor ini memiliki sebuah chip mikro kontroller yang menggunakan energi listrik. Adapun teknologi ini hadir karena di adaptasi oleh teknologi bersifat elektro dari Jerman.

Untuk cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan menghubungkan kompor listrik dengan sumber listrik. Kompor listrik di bagi menjadi dua jenis yaitu kompor listrik biasa dan kompor listrik piring panas;

1. Kompor Listrik Biasa

Kompor jenis ini memiliki elemen pemanas yang di tempatkan dalam kepala kompor. Saat di hubungkan ke sumber listrik dan di hidupkan, maka aliran listrik akan dapat mengalir ke dalam elemen tersebut. Dengan arus elemen tersebut maka akan terjadi pemanasan pada elemen yang di akibatkan adanya tahanan elemen tersebut. sehingga panas yang di hasilkan tersebut di gunakan untuk memasak makanan.

Pada pipa logam yang terdapat pada kompor memiliki fungsi untuk mengendalikan suhu kompor sesuai dengan keperluan. Untuk pengaturannya menggunakan factor pemuaian pada pipa. Semakin tinggi suatu suhu, maka pipa dapat memuai dan membuat batangnya memanjang. Dan pada proses pemanjangan pipa tersebut dimanfaatkan untuk memutuskan kontak listrik.

2. Kompor Listrik Piring Panas

Untuk jenis kompor listrik ini memiliki kepala pada kompor yang berbentuk seperti piring panas, tempat meletakkan elemen pemanas kompor tersebut. Lain halnya dengan jenis kompor listrik biasa, yang mana pada elemen kompor ini tertutup rapat sehingga ketika di lihat dari luar hanya terlihat kepalanya saja. Dan elemen ini di pasang pada bagian bawah piring panas dengan lengket. Untuk jenis kompor ini ada yang biasa dan ada yang kilat.

Untuk cara kerja dari kompor listrik sendiri terjadi apabila suatu tahanan R (elemen pemanas) dialiri arus listrik I pada tegangan tertentu maka akan timbul beban yang dirubah menjadi panas. Dan sifat tahanan tersebut akan melepaskan energi yang berupa panas keluar yang di transfer melalui perantara piring pemanas.

Demikian pembahasan tentang mengenal kompor listrik dan cara kerjanya semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Akhdanazizan.com © 2013-2017 Supported By IDwebhost