Pemasangan Thermal Overload Relay (TOR)

Pemasangan Thermal Overload Relay adalah artikel selanjutnya yang akan saya share untuk sobat setelah sekian lama tidak posting. Sebelum kita ketitik pembahasan mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu thermal Overload relay. Thermal overload relay merupakan suatu alat yang digunakan sebagai protektor dari arus listrik yang mengalir melebihi batas kemampuan arus listrik yang dipikulnya, yang mana arus listrik yang mengalir terlalu besar akan menimbulkan panas. Oleh sebab itu Pada sistem rangkaian kontrol motor listrik Pemasangan thermal overload relay harus kita pikirkan. Alat ini biasanya di pasang sebelum motor listrik dan setelah kontaktor magnet, dalam rangka untuk mengamankan motor listrik tersebut..Pemasangan Thermal Overload Relay

Cara Pemasangan Thermal Overload Relay :

Motor listrik akan mengalami gangguan arus listrik yang berlebihan diakibatkan oleh beberapa hal antara lain : (1). Tegangan input motor listrik kurang dari tagangan Nominalnya, (2). Cos phi motor listrik yang buruk, (3). Beban yang diangkat oleh motor listrik terlalu berat, (4). Apalagi kalau ketiga Poin (1,2 dan 3) tersebut sudah komplit masalah yang dialami motor listriknya. Dengan demikian Thermal Overload Relay harus segera digunakan.

Pemasangan Thermal Overload RelayLalu bagaimanakah Cara Pemasangan Thermal Overload Terebut ?. Thermal overload relay juga memiliki kontak NO dan Kontak NC seperti kontaktor magnet, standarisasi notasinya 97-98 sebagai NO dan 95-96 sebagai NC, kontak tersebut digunakan sebagai sakelar pemutus rangkaian. Kontak NC akan Berubah Menjadi Terbuka dan Kontak NO akan berubah Menjadi menutup apabila Termal Overload mengalami Trips, untuk mengembalikan keposisi semula dapat menekan tombol Resetnya. Sebagai contoh penggunaannya dapat dilihat pada gambar rangkaian sederhana berikut ini :Pemasangan Thermal Overload Relay

Pada gambar tersebut terlihat bahwa kontak NC 95 – 96 dihubungkan seri terhadap tombol tekan (Stop dan Start) dan koil kontaktor magnet (A1 – A2) sehingga jika terjadi beban lebih pada motor listrik maka kontak NC 95 – 96 akan memutus aliran listrik ke kontaktor magnet. Sedangkan pada saat yang bersamaan kontak NO 97 – 98 akan berbalik arah untuk menutup sehingga dapat di fungsikan sebagai lampu indikator sebagai tanda bahwa telah terjadi overload beban. Jika sobat kebetulan membaca posting ini dan sesuai yang diharapkan silakan rangkai sesuai dengan Cara Pemasangan Thermal Overload Relay pada gambar tersebut.

Untuk cara pemasangan dilapangan sobat bisa melihat gambar paling atas pada artikel ini. Saya rasa demikian tentang Cara Pemasangan Thermal Overload Relay semoga yang singkat ini bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan.

8 Comments

Add a Comment
  1. Untuk pemula bagaimana cara paling sederhana untuk memahaminya gan?
    Sampe keplek aku gak bisa bisa ni…

    1. dimana yang tidak bisa dipahami gan? 🙂

  2. Tolong gan 🙁

  3. terimakasih gan izin … di hardcopy.

  4. hanifan yahya

    Ikut belajar biar pinter heheh

  5. ijin copas gan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Akhdanazizan.com © 2013-2017 Supported By IDwebhost
%d blogger menyukai ini: